Pengguna buah iblis Zoan termasuk salah satu pengguna buah iblis yang jarang muncul dalam cerita One Piece, namun beberapa dari mereka ada yang sudah berhasil awakening. Buah iblis Zoan menjadi salah satu jenis buah iblis yang sangat kuat, berkat kekuatan binatang atau hewan yang membuat penggunanya bisa mengalami peningkatan kekuatan yang dahsyat. Sejauh ini, One Piece sudah menghadirkan beberapa pengguna buah iblis Zoan yang sudah awakening atau berhasil membangkitkan seluruh kekuatan buah iblisnya. Siapa saja?

4Monkey D Luffy

Secara kronologis atau secara timeline, karakter pengguna Zoan yang sudah awakening tidak lain adalah Monkey D Luffy. Pada awal cerita One Piece, Luffy diperkenalkan sebagai karakter pengguna buah iblis Gomu Gomu yang berjenis Paramecia. Kekuatan buah iblisnya memberikan Luffy kemampuan elastisitas terhadap tubuhnya. Kejutan besar kemudian muncul di arc Wano, di mana ternyata nama dari buah iblis Luffy tersebut bukanlah nama aslinya.

Nama asli dari buah iblis Luffy yaitu Gomu Gomu no Mi ternyata adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika dan buah iblis tersebut bukan berjenis Paramecia melainkan berjenis Mythical Zoan. Saat Luffy berhasil membangkitkan kekuatan penuh buah iblisnya, kekuatan karet Luffy benar-benar sangat luar biasa seperti bisa kita lihat dalam chapter 1045 dan 1046 kemarin.

Hito Hito no Mi, Model: Nika ternyata bukan buah iblis biasa karena buah iblis tersebut ternyata sangat penting, khususnya bagi World Government. Buah iblis ini belum pernah dibangkitkan dalam 800 tahun terakhir. Meskipun hal ini menjadi bentuk awakening Luffy, namun dia sendiri menyebut awakening ini sebagai Gear 5. Sejauh ini, Luffy sudah menggunakan beberap teknik baru dari awakening buah iblis ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.