Di tahun 2023, kita disuguhkan dengan banyak film-film hebat. Barbie dan Oppenheimer menjadi dua dari banyak film besar yang rilis di tahun ini. Kedua film tersebut sukses besar, dan berhasil memecahkan banyak rekor, terutama untuk film Barbie yang juga dianggap sebagai salah satu film terbaik. Tetapi tidak semua film bernasib sama, karena ada juga film-film yang mengalami kegagalan, baik dari segi penjualan maupun kualitas. Bahkan banyak orang yang menganggap film-film di tahun ini tidak sebaik film-film sebelumnya. Lantas apa yang menjadi penyebab dari banyaknya film-film di tahun 2023 yang gagal total?

2Marketing yang Lemah

Sayangnya, banyak film gagal di box office karena filmnya tidak dipasarkan dengan benar. Jika sebuah studio gagal menyebarkan berita tentang proyek film terbarunya, penonton mungkin akan terlambat mengetahui tentang film baru itu, sehingga mereka ketinggalan untuk menyaksikannya di bioskop. Terlebih lagi jika penonton hanya melihat satu atau dua trailer dari filmnya saja. Materi promosi yang terbatas mungkin tidak cukup untuk menarik minat mereka. Contoh film di tahun 2023 yang memiliki pemasaran yang buruk adalah Ruby Gillman, Teenage Kraken.

Universal sangat sedikit memberikan promosi film ini. Bahkan mereka hanya sedikit merilis trailer, menjelang perilisan filmnya. Mungkin mereka sudah yakin dengan Ruby Gillman, karena film ini mirip seperti The Little Mermaid. Tetapi pada akhirnya Ruby Gillman tenggelam di minggu pertama perilisannya dan hanya meraup kurang dari $50 juta di box office.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/