Meskipun dalam Mobile Suit Gundam adalam anime mecha yang paling populer, namun ada beberapa judul anime mecha lainnya sebelum era Gundam. Anime dengan genre mecha memang tidak sebanyak dan spopuler anime dengan tema isekai atau slice of life. Bisa dibilang, anime dengan series ini memiliki segmen penonton tersendiri. Dan Mobile Suit Gundam adalah anime mecha yang sangat populer bahkan hingga sekarang. Namun, sebelum era Gundam ada beberapa anime mecha lainnya yang tidak kalah menarik. Apa saja?

6Tetsujin 28-Go

Pasca perang dunia kedua, Jepang saat itu sedang dalam masa terpuruk di mana mereka mencoba untuk bangkit dari kekalahan yang mereka alami. Salah satu anime yang menjadi bentuk optimisme Jepang untuk bangkit adaalah Tetsujin 28-Go. Series anime ini rilis pada tahun 1950an di mana ceritanya memperlihatkan dunia masa depan dengan kemunculan robot atau mecha.

Tetsujin 28-Go berfokus pada sebuah robot, yang sengaja diciptakan sebagai senjata untuk menghadapi para pasukan sekutu saat era perang dunia kedua. Kepala ilmuwan yang memimpin proyek pembuatan robot tersebut, Dr. Kaneda, kemudian mewariskan robot tersebut kepada putranya yang kemudian melanjutkan perjuangan sang ayah untuk menghadapi musuh-musuh lainnya.

Anime Tetsujin 28-Go sendiri merupakan hasil adaptasi dari manganya yang berlangsung dari 1956 sampai 1966. Namun, ketika diadaptasi menjadi anime namanya kemudian dirubah menjadi Gigantor pada tahun 1963. Beberapa volume manga dan berbagai TV series kemudian menyusul rilis dalam beberapa tahun, seperti The New Adventures of Gigantor dan Tetsujin 28-Go FX. Bahkan, di tahun 2005 kita sempat mendapatkan versi live action.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.