Gear 5 merupakan transformasi paling epik di cerita One Piece namun, selain Gear 5 ada transformasi lainnya yang tidak kalah epik. Gear 5 merupakan puncak kekuatan dari Monkey D Luffy saat ini, yang membuat Luffy menjadi jauh lebih kuat dan jauh lebih bebas. Sejak pertama kali muncul di arc Wano, transformasi ini menjadi transformasi paling epik dan kuat. Namun, selain Gear 5 ada juga beberapa transformasi lainnya yang tidak kalah epik dari Gear 5.

4Kaen Daiko

Kaen Daiko, atau yang juga dikenal sebagai Flame Dragon Torch, adalah transformasi epik lainnya yang dimiliki oleh Kaido. Bahkan, bisa dibilang, ini adalah transformasi terkuat yang Kaido miliki. Ketika Kaido mengaktifkan transformasi ini, dia akan berubah menjadi seekor naga raksasa yang sangat mengerikan. Namun, yang jauh lebih mengerikan adalah tubuhnya dilapisi bukan api, melainkan magma.

Dengan panas yang sangat luas biasa, transformasi ini mampu menghancurkan dan melelehkan apa pun yang dia terjang. Dan yang jelas adalah kedahsyatan dari kekuatan transformasi naga ini jauh lebih berbahaya, karena satu serangan saja bisa berakibat fatal. Bukti kedahsyatan dari Kaen Daiko terbukti ketika Kaido bertarung menghadapi Gear 5 milik Luffy.

Meskipun menggunakan Gear 5, Luffy mengaku jika panas dari tubuh Kaen Daiko benar-benar sangat luar biasa yang membuat dia sampai tidak bisa melihat dengan jelas. Untungnya, Luffy memiliki cara untuk bisa mengalahkan transformasi milik Kaido ini yaitu dengan memanfaatkan Ryuo yang dia pelajari sebelumnya dari Hyogoro. Luffy kemudian menggunakan teknik Giant Bajrang Gun untuk menghajar dan mengalahkan Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.