Sejak Disney membeli perusahaan Lucasfilm, mereka menjadi lebih sering membuat banyak proyek Star Wars yang berkisar pada film, series, dan konten lain. Berbagai cerita pun coba mereka hadirkan, mulai dari cerita yang berpusat pada Skywalker, hingga deretan spinoff yang menceritakan karakter ikonik, contohnya Mandalorian. Meski sudah banyak menelurkan banyak film, tetapi ternyata ada beberapa film Star Wars yang dibatalkan oleh Lucasfilm. Apa saja film Star Wars yang dibatalkan? Simak berikut ini Geeks!

Star Wars David Benioff & D.B. Weiss

Beberapa tahun lalu, kreator Game of Thrones, David Benioff dan D.B. Weiss mendapat kesempatan untuk menyutradarai film Star Wars. Lucasfilm sepertinya benar-benar berniat  menyelesaikan proyek ini, dan telah menetapkan tanggal rilis filmnya yang jatuh pada Desember 2022. Tadinya, ini menjadi film Star Wars pertama setelah saga Skywalker berakhir. Namun, Benioff dan Wess memutuskan hengkang karena mereka telah memiliki kesempakatan dengan Netflix untuk membuat banyak konten baru. Dan setelah keduanya hengkang, film ini akhirnya dibatalkan. Kabarnya, film versi Benioff dan Wess ini bakal menceritakan asal-usul Jedi.

Film Jabba the Hutt

Jika Geeks menonton beberapa film awal Star Wars, Geeks tentu tahu dengan villain satu ini. Dia bernama Jabba the Hutt yang pernah muncul dalam 4 film Star Wars, seperti A New Hope, Return of the Jedi, The Phantom Menace, dan The Clone Wars. Karena dianggap menarik, Lucasfilm pernah berencana membuat film solo Jabba the Hutt pada tahun 2017. Sebenarnya, sudah ada beberapa rencana membuat film Jabba the Hutt, seperti yang terjadi pada tahun 2015, dengan Guillermo del Toro yang menyarankan Lucasfilm membuat film solonya. Namun hingga kini, film Jabba the Hutt tidak pernah terealisasi, dan Lucasfilm bergerak ke arah baru.

Spinoff Berlatar Mos Eisley

Pada tahun 2018, Lucasfilm merilis film Solo: A Star Wars. Namun film tersebut berujung dengan kegagalan, baik secara finansial maupun kualitas. Kegagalan itulah yang membuat berbagai proyek Star Wars lainnya dibatalkan, dan salah satu yang terkena imbasnya adalah film Star Wars yang mengambil latar di Mos Eisley Cantina, sebuah kedai minum yang sering dijadikan tempat bagi pendatang baru di Tatooine. Disinilah jugalah tempat para bounty hunter menjalin kontrak. Tadinya film ini akan mulai diproduksi sebelum film Solo: A Star Wars dirilis, tetapi pada akhirnya dibatalkan. Proyek film ini memang sangat rahasia, sehingga kita tidak pernah tahu cerita dan siapa saja yang dilibatkan.

Film Obi Wan Kenobi

Di antara berbagai proyek Star Wars, mungkin film inilah yang paling banyak diminta penggemar. Yap, ini adalah film Obi Wan Kenobi, yang sebenarnya sudah dikembangkan selama bertahun-tahun. Pada tahun 2017, Stephen Daldry pernah ditunjuk untuk memimpin proyeknya. Darisitulah film Obi Wan Kenobi mulai bergerak maju, hingga akhirnya filmnya dijadwalkan untuk rilis pada awal 2019. Namun setelah kegagalan film Solo: A Star Wars, film Obi Wan Kenobi juga dibatalkan. Bahkan sebelum dibatalkan, Stephen Daldry memutuskan hengkang dari film ini. Pada akhirnya Lucasfilm tak lagi membuat film Obi Wan Kenobi, melainkan series Obi Wan Kenobi yang rilis tahun 2022 lalu.

Film Boba Fett

Boba Fett adalah karakter populer di Star Wars. Sebagai bounty hunter, Boba Fett sangat ditakuti. Apalagi dia anak dari bounty hunter legendaris yaitu Jango Fett. Karena melihat potensi pada karakter Boba Fett, Lucasfilm pun pernah berencana membuat film Boba Fett. Inilah film spinoff Star Wars pertama yang diumumkan. Sutradara Josh Trank pun sudah ditunjuk untuk mengarahkan filmnya. Tidak berselang lama, Josh Trank mundur dan digantikan oleh James Mangold. Namun setelah terkatung-katung, Kathleen Kennedy (pemimpin Lucasfilm) sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa film Boba Fett secara resmi dimatikan, dan Lucasfilm memilih berfokus pada cerita Mandalorian. Dan baru-baru ini, Lucasfilm memberi kesempatan bagi Boba Fett muncul dalam film solonya.

Itulah dia Geeks beberapa film Star Wars yang batal dibuat. Menariknya, ada beberapa proyek yang justru Lucasfilm ubah ke dalam bentuk series, seperti yang terjadi pada Boba Fett dan Obi Wan Kenobi. Di antara beberapa proyek tersebut, mana yang sebenarnya kalian paling ingin disaksikan?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/