Selama ini, ada dua sinematik universe terbesar yang selalu berfokus kepada cerita tentang superhero. Keduanya adalah MCU dan DCU, yang sudah menelurkan banyak film-film superhero. Nah mayoritas dari film-film yang ada di sana dibuat ramah untuk keluarga, yang berarti bisa ditonton oleh semua umur. Film-film superhero dengan rating R-Rated (dewasa) sebenarnya lebih banyak lahir dari sinematik universe lain. Berbicara tentang film R-Rated, sebuah film mendapatkan rating R-Rated karena film-film tersebut menampilkan adegan yang kurang pantas untuk anak-anak atau bahkan remaja, seperti adegan penuh darah, dan kata-kata kasar. Lantas apa saja film superhero R-Rated yang wajib kalian tonton? Simak berikut ini.

1. The Crow

The Crow diadaptasi dari komik berjudul sama karya James O’Barr. Filmnya menceritakan tentang Eric Draven, seorang musisi yang dihabisi bersama tunangannya, Shelly, oleh sekelompok penjahat. Eric kemudian dibangkitkan kembali dari kematian oleh seekor gagak yang memberikannya kekuatan supernatural untuk membalas dendam atas kematian mereka.

Setelah itulah, Eric menjadi The Crow, makhluk yang tak bisa mati, dan bersiap untuk mengejar para penjahat yang telah merampas nyawa mereka. Film ini dibintangi oleh Brandon Lee, anak aktor legendaris Bruce Lee. Namun ada tragedi kelam dibalik pembuatan film ini, karena Brandon Lee harus meninggal saat di akhir proses syuting berlangsung karena sebuah insiden mengerikan.

2. Kick-Ass

Kick-Ass rilis pada tahun 2010, di mana filmnya disutradarai oleh Matthew Vaughn dan diadaptasi dari buku komik dengan judul sama. Filmnya menceritakan seorang remaja biasa bernama Dave Lizewski. Dave adalah pecinta komik yang memutuskan untuk menjadi superhero nyata dengan nama samaran “Kick-Ass.” Tanpa kemampuan khusus, kostum super atau pelatihan, Dave mulai berpatroli di malam hari untuk melawan kejahatan di kotanya.

Namun, upayanya sering gagal dan berujung petaka. Selama perjalanannya, Dave bertemu dengan superhero lain yang lebih berpengalaman, seperti Big Daddy dan anak perempuannya, Hit-Girl. Mereka semua akhirnya beraksi bersama dalam “menegakkan keadilan”. Nah karena sukses besar, Kick-Ass pun mendapatkan sekuelnya 3 tahun berselang.

3. Deadpool

Deadpool dibintangi oleh Ryan Reynolds, di mana dia memerankan sang karakter utama bernama Wade Wilson alias Deadpool. Sama seperti Kick-Ass, film ini juga diselipkan berbagai humor kocak, yang akan mengundang gelak tawa penonton. Filmnya menceritakan perjalanan Wade Wilson, seorang mantan tentara bayaran yang kemudian menjadi antihero dengan kemampuan healing factornya, setelah menjalani eksperimen yang luar biasa menyakitkan.

Setelah mendapatkan kekuatan Super, Wade kemudian menggunakan nama Deadpool, dan memulai misi pribadinya untuk mencari keadilan dan membalas dendam atas orang-orang jahat yang telah melakukan eksperimen kepadanya. Sejauh ini sudah ada 2 film Deadpool yang dirilis, dan tahun depan, kita akan melihat film ketiganya.

4. Watchmen

Watchmen disutradarai oleh Zack Snyder dan menggabungkan unsur-unsur cerita superhero dengan tema-tema yang lebih kompleks dan filosofis. Filmnya berlatar di dunia alternatif pada tahun 1985, di mana para pahlawan super telah lama dianggap ilegal oleh pemerintah Amerika Serikat. Sebagai reaksi terhadap kebijakan tersebut, sekelompok mantan pahlawan super yang dikenal sebagai Watchmen berusaha untuk mengungkap konspirasi yang mengancam dunia mereka.

Cerita dimulai dengan kematian salah satu mantan Watchmen, The Comedian. Penyelidikan atas kematian ini mengungkapkan bahwa ada sebuah rencana besar yang sedang berlangsung dan mengancam keamanan dunia. Rorschach (diperankan oleh Jackie Earle Haley), seorang antihero yang keras dan tak kenal kompromi, memulai penyelidikan sendiri dan mencoba mengumpulkan mantan anggota Watchmen yang tersebar.

5. Logan

Film superhero R-Rated berikutnya adalah Logan. Rilis tahun 2017, Logan adalah film superhero yang mengambil setting di masa depan yang suram, di mana mutan hampir punah dan Wolverine telah menjadi tua dan lemah. Dia menghabiskan hari-harinya bekerja sebagai sopir taksi di perbatasan Meksiko, mencoba menyembunyikan identitasnya. Namun hidupnya berubah saat bertemu dengan seorang gadis muda bernama Laura, yang memiliki kemampuan mirip Wolverine.

Selain dibintangi oleh Hugh Jackman sebagai Wolverine, filmnya juga dibintangi oleh beberapa nama yaitu Patrick Stewart dan Dafne Keen. Dan inilah film Wolverine dan X-Men terakhir, sebelum akhirnya direboot dan melebur ke MCU. Tahun depan, kita pun akan melihat kembalinya Wolverine alias Logan dalam film Deadpool 3.

6. The Suicide Squad

Sebenarnya film The Suicide Squad cukup rumit, karena James Gunn menyebut film ini bukan sekuel Suicide Squad (2016) ataupun reboot. Jadi amannya, kita menyebut The Suicide Squad sebagai film yang berdiri sendiri. Film ini berfokus pada tim villain yang dikenal sebagai Task Force X, sebuah tim yang terdiri dari penjahat super yang dipaksa untuk melakukan misi-misi berbahaya demi pemerintah Amerika Serikat.

Mereka dikirim ke sebuah pulau terpencil bernama Corto Maltese di Amerika Selatan untuk menjalankan sebuah misi yang sangat berbahaya. Di sana, mereka harus menghadapi musuh-musuh yang sangat kuat, termasuk seorang diktator yang kejam dan makhluk-makhluk supernatural yang mengerikan. Ada banyak karakter beken DC yang ditampilkan dalam film ini, seperti Peacemaker, Bloodsport, Harley Quinn, Ratcatcher 2, dan masih banyak lagi.

7. Dredd

Dredd disutradarai oleh Pete Travis dan dibintangi oleh Karl Urban dalam peran utama sebagai Judge Dredd. Film ini merupakan reboot dari film Judge Dredd tahun 1995 yang dibintangi oleh Sylvester Stallone. Versi terbaru dibuat semirip mungkin dengan komik aslinya, termasuk karakter Judge Dredd yang lebih disesuaikan.

Cerita filmnya berlatar di sebuah megakota masa depan yang bernama Mega-City One, yang meliputi sebagian besar Pantai Timur Amerika Serikat. Di dunia ini, para hakim adalah agen hukum yang memiliki kekuasaan untuk menangkap, mengadili, dan menjatuhkan hukuman sekaligus. Dredd adalah salah satu hakim terbaik yang dikenal karena kebijakan kerasnya.

8. Blade

Film superhero R-Rated berikutnya adalah Blade. Blade adalah sebuah film yang dirilis pada tahun 1998. Film Blade mengambil latar di dunia di mana vampir eksis di antara manusia. Di sanalah muncul sosok bernama Blade, seorang manusia setengah vampir (dikenal sebagai Daywalker), yang memanfaatkan kekuatannya untuk memburu vampir jahat, untuk membalas kematian ibunya yang tewas oleh vampir ketika ia masih kecil.

Blade bekerja sama dengan Abraham Whistler, seorang pemburu vampir yang menjadi mentor dan ayah angkatnya. Film ini disutradarai oleh Stephen Norrington dan menampilkan Wesley Snipes dalam peran utama sebagai Blade. Film ini dianggap menjadi pionir dari film-film superhero lainnya yang rilis setelahnya. Dan tidak lama lagi, kita akan segera melihat film reboot Blade di MCU.

9. Darkman

Darkman dirilis tahun 1990, dan menceritakan tentang karakter utama bernama Peyton Westlake, seorang ilmuwan yang sedang mengerjakan penelitian tentang kulit buatan. Namun, ketika ia menjadi sasaran oleh sekelompok penjahat yang dipimpin oleh Robert G. Durant, Westlake dibiarkan dalam kondisi yang tragis. Wajahnya terbakar dan ia dinyatakan mati.

Tetapi, Peyton Westlake tidak mati. Ia selamat dan mendapatkan kekuatan untuk mengubah bentuk wajahnya. Westlake kemudian mengadopsi identitas vigilante yang dikenal sebagai Darkman dan menggunakan kemampuan kulit buatannya untuk menyamar sebagai siapa pun yang ia inginkan. Darkman memang film yang menggabungkan elemen-elemen horor, drama, dan aksi dalam satu paket.

10. Birds of Prey

Film superhero R-Rated terakhir adalah Birds of Prey. Birds of Prey berjudul asli The Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn, Birds of Prey rilis di tahun 2020, di mana filmnya berfokus kepada karakter Harley Quinn yang diperankan oleh Margot Robbie. Filmnya berlatar di Gotham City setelah peristiwa di film Suicide Squad (2016). Setelah putus dari Joker, Harley Quinn merasa kesepian dan mencoba untuk menemukan jati dirinya.

Namun, setelah membantu seorang gadis bernama Cassandra Cain yang menjadi incaran penjahat berbahaya Roman Sionis a.k.a. Black Mask, Harley Quinn terjebak dalam konflik yang lebih besar. Selain menampilkan Harley Quinn yang jadi pahlawan, film ini juga menghadirkan karakter lain seperti Huntress, Renee, dan Black Canary.

Itulah dia Geeks beberapa film tentang superhero yang memiliki rating R-Rated. Itu berarti filmnya menampilkan banyak adegan penuh darah, dan kata-kata kasar, sehingga film tersebut tidak cocok disaksikan untuk anak-anak. Di antara beberapa film tersebut, mana yang menjadi favorit kalian?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/