Home MOVIE MOVIE FEATURES Transformers vs Pacific Rim, Mana yang Lebih Unggul?

Transformers vs Pacific Rim, Mana yang Lebih Unggul?

Transformers dan Pacific Rim adalah 2 mecha hollywood paling terkenal saat ini. Tapi diantara keduanya, mana yang lebih unggul? Mari kita breakdown berbagai aspek dari keduanya!

7 Ukuran

Berbicara mengenai ukuran tubuh dari kedua robot, bisa dipastikan jika robot di film Pacific Rim, yaitu Jaeger, memiliki keunggulan daripada Transformers. Diketahui jika tinggi dari Jaeger bisa mencapai 250 kaki atau sekitar 76 meter. Bahkan, Jaeger tertinggi, Cherno Alpha, tingginya bisa mencapai 280 kaki atau 85,4 meter. Sebagai perbandingan, ukuran Jaeger ini bahkan lebih tinggi dari patung Liberty.

Di sisi lain, ukuran dari para robot Transformers sebenarnya bervariasi. Diketahui tinggi dari Optimus Prime adalah 28 kaki atau 8,5 meter, 10 kali lebih kecil dari ukuran Cherno Alpha yang merupakan Jaeger tertinggi di Pacific Rim. Sebenarnya, jika berbicara mengenai Transformers di cerita komik ada juga Transformers yang tinggi dan besarnya bahkan lebih dari planet.

Namun, jika berbicara di film layar lebar, maka robot di Pacific Rim adalah pemenangnya. Sebenarnya, dalam film Transformers: Rise of the Beast kita sudah diperkenalkan dengan sosok villain Unicron, yang merupakan Transformers pemakan planet. Namun, filmnya sendiri belum memperkenalkan karakternya secara penuh sehingga untuk poin ini masih dipegang oleh Pacific Rim.

6 Kemampuan Manuver

Berbicara kemampuan manuver, jelas untuk poin ini Transformers adalah juaranya. Geeks tentunya pernah melihat bagaimana kelincahan dan kemampuan manuver dari para Transformers di franchise filmnya. Meskipun mereka adalah robot, namun manuver mereka dalam bertarung atau dalam mode normal bisa dibilang sangat baik dan cenderung cair. Buktinya adalah mereka bisa berubah wujud dalam berbagaai bentuk.

Para Autobotss memang dihadirkan sebagai pihak yang melumpuhkan Decepticon, melalui gerakan yang lincah dan pergerakan yang taktis dengan persenjataan yang lengkap seperti misil, senjata mesin, dan sebagainya. Intinya, mereka mampu bergerak dengan sangat leluasa meskipun ukuran mereka besar. Hal ini bisa kita bandingkan dengan Jaeger yang muncul dalam cerita Pacific Rim.

Dalam dua filmnya, diperlihatkan bagaimana pergerakan mereka di laut sangat lambat. Para Jaeger diciptakan bukan untuk kemampuan manuver yang prima, tetapi kekuatan pukulan. Inilah yang membuat gerakan mereka sangat lambat dan kaku. Belum lagi ukuran mereka yang besar membuat pergerakan dan manuver mereka tidak terlalu bebas.

5 Persenjataan

Jika berbicara mengenai dua robot raksasa ini, tentunya tidak lengkap tanpa membahas mengenai kemampuan untuk menggunakan pedang raksasa dan senjata lainnya. Dalam salah satu adegan, Gypsy Danger diperlihatkan mengaktifkan meknisme pedang yang tersembunyi. Dengan menggunakan pedang tersebut, Jaeger itu mampu untuk melukai sang kaiju dengan luka yang parah.

Para Transformers juga sering menggunakan pedang atau senjata jarak dekat lainnya dalam berbagai cerita, seperti yang diperlihatkan oleh Optimus Prime dan para Autobots lainnya saat menghadapi Decepticon. Meskipun begitu, para Transformers juga tidak jarang memiliki dan menggunakan persenjataan jarak jauh seperti misil, roket, atau senjata berat lainnya untuk mengalahkan musuh.

Para Jaeger juga memiliki senjata epik lainnya, seperti Plasma Chainsaw, Plasmacaster, misil anti kaiju, dan sebagainya. Pada intinya, baik Transformers atau pun para Jaeger dari film Pacific Rim sama-sama memiliki persenjataan yang sangat luar biasa. Mereka menggunakan persenjataan tersebut untuk menghancurkan Transformers lain dan juga Kaiju. Sehingga, poin ini bisa dibilang berimbang.

4 Kekuatan

Seperti halnya masalah ukuran tubuh, dalam hal kekuatan pun para Jaeger dari film Pacific Rim memiliki keunggulan dibandingkan para Transformers. Dari segi ukuran pun sudah bisa diperlihatkan jika Jaeger menang telak dari para Transformers. Jika kemudian kedua robot ini saling bertarung, bukan tidak mungkin jika para Transformers pada akhirnya akan kalah dari para Jaeger.

Para Jaeger tersebut bisa menggunakan kapal kargo sebagai senjata mereka, yang mana hal itu bisa saja menghancurkan para Transformers. Para Transformers sendiri tidak jarang diperlihatkan hancur atau tubuh mereka tidak bisa lagi digunakan. Para Jaeger diketahui hanya bisa mengalami kerusakan dan tidak hancur dalam pertarungan menghadapi para Kaiju.

Sebenarnya, para Transformers pun memiliki kekuatan yang luar biasa. Namun, jika kemudian dibandingkan dengan Jaeger maka harus diakui jika level kekuatan mereka berada di bawah robot di film Pacific Rim tersebut. Satu gerakan yang salah, maka para Transformers bisa hancur terkena serangan dari Jaeger. Jadi, untuk poin ini dimenangkan oleh Pacific Rim.

3 Fungsional

Berkaitan dengan masalah fungsional ada pembahasan yang menarik. Dalam poin ini kita akan membandingkan teknologi manusia dan manusia itu sendiri menghadapi ras alien yang ditakdirkan untuk menghadapi robot raksasa lainnya. Para Transformers memang adalah ras alien yang berbentuk robot dan sudah hidup selama ribuan bahjan jutaan tahun dan mereka sudah ada di bumi sejak lama.

Para Transformers tidak memerlukan tenaga manusia atau apa pun untuk bergerak, karena tubuh mereka memang sudah robot. Hal ini berbeda dengan Jaeger yang tentunya menjadi salah satu kelemahan dari poin ini. Untuk bisa menggerakan sebuah Jaeger, dibutuhkan dua pilot manusia yang bergerak secara dinamis. Hampir mustahil menggerakan Jaeger jika hanya sendirian.

Dan yang paling utama adalah Jaeger tidak akan berguna dan tidak akan bisa melakukan apa pun tanpa adanya piot manusia di dalamnya. Sehingga, jika kemudian berbicara masalah fungsional atau fungsi dari kedua robot tersebut maka Transformers adalah juara dari hal ini. Karena, pada dasarnya mereka adalah robot tersebut dan tidak lagi memerluka tenaga manusia untuk menggerakannya.

2 Sebagai Film

Karena perbandingan ini dilihat dari franchise film, maka poin perbandingan selanjutnya adalah franchise film Pacific Rim dan Transformers. Untuk film Transformers dikerjakan oleh Michael Bay. Sedangkan Pacific Rim dikerjakan oleh Guillermo Del Toro. Secara kemampuan menciptakan film, sebenarnya keduanya sama-sama mumpuni. Seperti yang diketahui, Michael Bay adalah sutradara film aksi yang mempopulerkan film Bad boys.

Belum lagi berbagai film lainnya seperti The Purge, A Quiet Place, dan sebagainya. Di sisi lain, Guillermo Del Toro merupakan sutradara yang biasanya memproduksi berbagai film-film bertema fiksi ilmiah dan fantasi. Contohnya adalah Mimic, Hell Boy, The Hobbit, dan sebagainya. Film-film yang laku di pasaran yang diproduksi oleh Guillermo del Toro jauh lebih banyak dari Michael Bay.

Jika kemudian membandingkan secara spesifik dua franchise ini, memang Michael Bay jauh lebih banyak memproduksi film Transformers dengan pendapatan yang besar. Del Toro hanya memproduksi tiga film saja. Meskipun begitu, kualitas dari film Pacific Rim dianggap lebih baik daripada film-film Transformers terbukti bagaimana dengan hanya dua film popularitas Jaeger bisa sangat luar biasa.

1 Pemenangnya

Berdasarkan perbandingan antara Transformers vs Pacific Rim, yang kemudian lebih unggul adalah Pacific Rim. Robot raksasa yang tingginya mirip gedung 25 lantai ini memiliki segudang keunggulan, mulai dari masalah ukuran tubuh, persenjataan yang sangat dahsyat, dan bahkan kemampuan untuk menghadapi hampir berbagai kekuatan apa pun. Para Jaeger benar-benar tidak terkalahkan.

Meskipun begitu, Jaeger juga memiliki beberapa kelemahan yang cukup menonjol seperti dari segi fungsional dan juga kemampuan bergerak atau kelincahan bergerak. Terlepas dari kelemahan itu, robot Transformers bisa dikatakan tidak memiliki peluang untuk menang yang mana membuat robot di Pacific Rim ini lebih unggul dibandingkan dengan para robot Transformers.

Namun, kembali, semua perbandingan di atas dilihat dari kacamata film yang sudah keduanya hasilkan. Jika kemudian seluruh mitologi Transformers dilibatkan dalam perbandingan ini, maka hasilnya pun akan berbeda. Para Jaeger bisa jadi andalan dan pilihan bagi umat manusia untuk melindungi berbagai ancaman yang datang ke bumi.

Perbandingan antara Transformers dan Pacific Rim mungkin akan menjadi diskusi yang panjang di kalangan fans. Terlepas dari hal tersebut, kedua robot ini sama-sama memberikan warna tersendiri bagi genre fiksi ilmiah di Hollywood. Dan kedua robot ini pun sama-sama menjadi sesuatu yang ikonik.

Exit mobile version