Home MOVIE MOVIE FEATURES 5 Rekomendasi Film Mecha di Hollywood!

5 Rekomendasi Film Mecha di Hollywood!

Jika berbicara tentang mecha, tentunya kalian akan teringat dengan anime Mobile Suit Gundam. Mecha sendiri adalah genre yang berpusat pada robot atau mesin raksasa yang dikendalikan oleh orang. Gundam memang sangat ikonik, dan menjadi “wajah” dari genre mecha. Tetapi sebenarnya ada banyak anime mecha di luar sana, seperti Full Metal Panic, Code Geass, Patlabor, dan masih banyak lagi. Selain dari Jepang, ternyata ada juga film Hollywood yang turut menampilkan mecha di dalamnya. Apa saja film mecha di Hollywood? Simak berikut ini Geeks!

5 Pacific Rim

Disutradarai oleh Guillermo del Toro, film ini ternyata terinspirasi oleh tokusatsu, genre film Jepang yang melibatkan efek khusus. Del Toro ingin menciptakan pengalaman yang mirip dengan menonton film-film monster Jepang yang melibatkan kaiju dan mecha. Di Pacific Rim, mecha disebut dengan Jaeger, di mana robot raksasa tersebut digunakan manusia untuk melawan kaiju. Desain Jaeger juga sangat variatif, mencerminkan berbagai budaya di seluruh dunia. Setiap Jaeger memiliki gaya dan senjata yang berbeda-beda.

Cerita filmnya berpusat pada dua pilot Jaeger, Raleigh Becket yang diperankan oleh Charlie Hunnam dan Mako Mori yang diperankan oleh Rinko Kikuchi), di mana keduanya bersatu melawan kaiju untuk menyelamatkan dunia. Dalam film, pilot Jaeger harus masuk ke dalam keadaan pikiran bersama yang disebut “drift” untuk mengendalikan robot dengan efektivitas maksimal. Ini menciptakan ikatan emosional dan pikiran yang dalam antara pilot, memungkinkan mereka berbagi kenangan dan emosi satu sama lain.

4 Godzilla vs. Kong

Godzilla vs Kong adalah film yang mengisahkan pertempuran epik antara dua ikon monster, Godzilla dan Kong. Saat manusia mencoba memahami asal-usul dan tujuan sebenarnya para kaiju, Godzilla muncul kembali dan mulai menyerang kota-kota tanpa alasan yang jelas. Dan disitulah umat manusia merencana senjata ampuh untuk menghentikan amukan Godzilla yaitu dengan membuat mechagodzilla.

Pada akhirnya, Mechagodzilla yang menjadi villain utama di film ini. Mecha tersebut diciptakan oleh Apex Cybernetics untuk menghabisi Godzilla. Awalnya mecha tersebut mampu dikendalikan, tetapi pada akhirnya mechagodzilla menjadi tidak terkendali dan justru membuat ancaman yang serius bagi Bumi. Film ini memang bukan tentang mecha, tetapi kita diperlihatkan dengan mecha mengerikan tersebut.

3 Power Rangers

Power Rangers adalah film superhero yang dirilis pada tahun 2017. Film ini adalah reboot dari franchise Power Rangers dan menghadirkan ulang cerita dari awal. Film ini mengisahkan tentang sekelompok remaja yang secara kebetulan menemukan kristal alien yang memberi mereka kekuatan super. Setelah menemukan kristal tersebut, mereka memperoleh kemampuan luar biasa dan menjadi Power Rangers.

Bersama dengan mentor mereka, Zordon, dan asistennya, Alpha 5, mereka harus belajar mengendalikan kekuatan baru mereka dan melindungi dunia dari ancaman musuh lama mereka, Rita Repulsa, yang berencana menghancurkan dunia dengan kristal tersebut. Sama seperti Godzilla vs. Kong, film ini memang tidak berfokus pada mecha, tetapi jelang akhir film, kita akan disuguhkan dengan Megazord. Megazord pun bertarung dengan gagah berani melawan Rita dan monster besarnya.

2 Robot Jox

Robot Jox disutradarai oleh Stuart Gordon dan diproduksi oleh Charles Band. Ceritanya berlatar di masa depan di mana konflik militer internasional diselesaikan melalui pertarungan robot raksasa, yang dikenal sebagai “Robot Jox.” Dalam film ini, negara-negara besar menggunakan robot raksasa sebagai wakil mereka dalam pertarungan untuk menghindari perang nuklir yang merusak.

Meskipun efek khususnya mungkin terlihat kuno jika dibandingkan dengan film modern, pada masanya, efek-efek raksasa robot ini dianggap cukup mengesankan. Film ini menggunakan teknik stop-motion animation untuk menciptakan aksi pertarungan antara robot-robot raksasa. Salah satu kritik utama terhadap “Robot Jox” adalah dialog dan aktingnya yang dianggap kurang memuaskan oleh banyak penonton dan kritikus. Beberapa adegan dalam film ini sering dianggap cheesy dan menggelikan oleh beberapa penonton.

1 Real Steel

Real Steel adalah sebuah film aksi yang dirilis pada tahun 2011. Film ini disutradarai oleh Shawn Levy dan dibintangi oleh Hugh Jackman. Cerita filmnya berlatar di masa depan di mana tinju manusia telah digantikan oleh pertarungan robot raksasa. Robot atau mecha utama dalam Real Steel adalah Atom. Tetapi ada lebih banyak lagi robot yang diperlihatkan dalam filmnya. Dan menariknya, setiap robot memiliki desain, kepribadian, dan gaya pertarungan yang unik.

Mecha dalam film ini memang tidak berukuran raksasa, tetapi ukuran mereka lebih besar dari manusia biasa. Jika dibandingkan, mecha di sini setara dengan dua pria dewasa yang ditumpuk. Dalam film ini, kita bisa melihat para robot bertarung dengan tangan kosong layaknya pertarungan tinju. Tetapi di sini juga kita melihat bagaimana hubungan ayah dan anak, yaitu Charlie Kenton dan Max Kenton.

Itulah beberapa film Hollywood yang tampilkan mecha di dalamnya. Tentu saja film-film tersebut menampilkan pertarungan yang epik sehingga sangat cocok bagi kalian yang gemar menonton film aksi. Di antara film di atas, mana yang pernah kalian tonton?

Exit mobile version