Penghujung tahun 2023 sudah semakin dekat. Dan jelang berakhirnya akhir tahun, kita masih akan disuguhkan berbagai film-film besar. Salah satu film besar yang akan rilis adalah Rebel Moon, yang digadang-gadang akan sangat seru untuk disimak. Dalam film ini, kita akan disuguhkan dengan petualangan di luar angkasa yang epik. Lewat trailer yang rilis beberapa waktu lalu, kita pun akan disuguhkan dengan visual yang memukau. Nah sebelum menonton filmnya nanti, ada baiknya kita mengetahui beberapa fakta menarik untuk Rebel Moon. Apa saja?

Sosok Dibalik Rebel Moon

Ada banyak sosok bertalenta yang menggarap Rebel Moon. Filmnya disutradarai oleh Zack Snyder, yang beberapa tahun lalu memutuskan untuk hengkang dari Warner Bros. Tapi Snyder bukan hanya mengarahkan, tetapi dia juga akan menjadi sinematografernya, seperti yang dilakukan dengan Army of the Dead. Selain membawa nama besar Zack Snyder, film ini juga diproduseri oleh Deborah Snyder dan Eric Newman yang memiliki rumah produksi Grand Electric.

Sementara itu naskah Rebel Moon ditulis oleh Kurt Johnstad yang pernah mengerjakan naskah film 300 bersama Zack Snyder. Selain Johnstad, naskahnya juga digarap oleh Shay Hatten yang sebelumnya ikut menulis naskah Army of the Dead bersama dengan Zack Snyder. Sementara urusan scoring, tugasnya diserahkan kepada Tom Holkenberg yang dulu pernah menggarap scoring Batman v Superman: Dawn of Justice dan Justice League.

Kisah Menarik

Film Rebel Moon mengambil latar di sebuah semesta fiktif yang dikendalikan oleh pemerintah korup bernama Mother World. Dan sebuah planet bernama Veldt harus menghadapi ancaman Imperium, pasukan utama Mother World yang dipimpin langsung oleh Regent Balisarius. Hal inilah yang pada akhirnya mendorong seorang mantan prajurit Imperium bernama Kora untuk merekrut para pejuang terhebat di seluruh galaksi untuk melawan tirani Mother World.

Ada beberapa pejuang yang juga turut terlibat seperti Titus, Kai, Gunnar, Tarak, Nemesis, Darrian, dan masih banyak lagi. Pertarungan memperebutkan nasib sebuah galaksi akan terjadi, dan dalam prosesnya, pasukan pahlawan baru akan terbentuk.

Terinspirasi Oleh Star Wars

Fakta Rebel Moon berikutnya menyangkut tentang ide filmnya. Dahulu kala, Zack Snyder mempunyai ide untuk film Star Wars, yaitu menghadirkan tujuh samurai yang beraksi di luar angkasa. Filmnya sendiri berfokus kepada sosok pahlawan baru yang berarti terlepas dari kisah Skywalker. Namun pada akhirnya, dia tidak mampu mewujudkan idenya itu di bawah kendali Lucasfilm, yang baru saja dibeli Disney pada tahun 2012.

Pada akhirnya idenya mulai ditinggalkan. Bertahun-tahun selanjutnya, setelah membuat film Zombie Army of the Dead, dan Army of the Thieves, Zack Snyder dan Netflix mencoba untuk mengimplementasikan ide lamanya tadi ke dalam film Rebel Moon. Karena itulah Zack Snyder menyebut film ini terinspirasi seperti Star Wars, karena tadinya ide awal film ini diperuntukan untuk franchise Star Wars.

Para Pemeran

Sofia Boutella akan berperan sebagai Kora, seorang wanita muda yang ditugaskan untuk melawan Regent Balisarius. Boutella terkenal berkat perannya sebagai Gazelle dalam film Kingsman: The Secret Service. Dia juga dikenal berkat perannya sebagai Jaylah dalam film Star Trek Beyond. Sementara itu pemenang Oscar, Anthony Hopkins akan memerankan Jimmy, robot yang pernah melindungi raja.

Snyder menggambarkan karakter tersebut sebagai karakter yang sedang mencari jati diri. Snyder juga membandingkan Jimmy dengan Lancelot. Untuk Djimon Hounsou, dia akan berperan sebagai Jenderal Titus. Sementara Ed Skrein, Charlie Hunnam, Ray Fisher, dan Cleopatra Coleman masing-masing akan memerankan Regent Balisarius, Kai, Darrian & Devra Bloodaxe.

Miliki Director’s Cut

Fakta Rebel Moon berikutnya adalah tentang dihadirkannya versi Director’s Cut. Geeks mungkin bingung dengan apa yang dimaksud Director’s Cut. Nah buat kalian yang belum tahu, Director’s Cut adalah versi film yang memang diinginkan oleh sang sutradara. Yap, karena sutradara dibayar oleh studio film atau rumah produksi, jadi pihak studiolah yang menentukan adegan-adegan mana yang layak tayang atau tidak. Dan mayoritas film yang kita lihat di bioskop adalah film yang “diatur” oleh studio, sehingga bukan sepenuhnya kehendak sang sutradara.

Zack Snyder memang terkenal karena dia sering merilis versi Director’s Cut dari sebuah film, dan itulah yang akan dia lakukan juga untuk film Rebel Moon. Zack Snyder mengkonfirmasi bahwa dia juga akan merilis Rebel Moon Director’s Cut yang memiliki durasi sekitar satu jam lebih lama.

Dibagi Menjadi Dua Bagian

Tadinya, Zack Snyder berencana untuk membuat Rebel Moon menjadi satu film saja. Tetapi kemudian naskahnya berubah dari satu film menjadi dua film. Pasalnya durasi Rebel Moon akan terlalu panjang bagi Netflix. Netflix menganggap bahwa durasi film di bawah dua jam akan sangat cocok, sehingga petinggi Netflix meminta Snyder untuk membaginya menjadi dua bagian. Bahkan sebelum dibagi menjadi dua bagian, ada permintaan kepada Snyder untuk memangkas durasi filmnya. Tetapi Snyder menolak itu karena Rebel Moon adalah kisah tentang bagaimana seseorang dapat berubah, dan setiap karakter akan memiliki kompleksitasnya tersendiri.

Jadwal Rilis

Rebel Moon memulai produksi pada April 2022, dan baru selesai diproduksi pada tanggal 2 Desember 2022 di California. Nah karena film ini akan dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama akan rilis pada 22 Desember 2023 di Netflix. Sementara bagian keduanya akan rilis pada 19 April 2024. Nah menariknya, film ini juga akan dirilis secara terbatas di bioskop, beberapa minggu sebelum tayang di Netflix. Hingga saat ini, belum diketahui jadwal rilis Rebel Moon di bioskop, dan belum diketahui juga bioskop apa saja yang akan menayangkannya. Snyder juga sebelumnya merilis film Army of the Dead di beberapa bioskop di Amerika, sebelum seminggu kemudian rilis di Netflix.

Itulah dia Geeks beberapa fakta menarik tentang film Rebel Moon yang akan tayang di Netflix pada akhir tahun ini. Kita tunggu aja ya Geeks perilisannya nanti. Tertarik menontonnya?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/