Home COMIC COMIC FEATURES 8 Crossover Komik Paling Mindblowing!

8 Crossover Komik Paling Mindblowing!

Tidak hanya di film, crossover juga terjadi di cerita komik, bahkan jauh lebih masih dan terkadang mindblowing. Dari seluruh cerita yang ada, ini dia berbagai crossover komik paling mindblowing!

8 Avengers vs Pet Avengers

Crossover komik paling mindblowing yang pertama adalah Avengers vs Pet Avengers. Alur cerita ini hampir jadi sebuah crossover yang normal. Namun, sesuai namanya, ini merupakan sebuah komik crossover pertarungan. Ceritanya benar-benar merubah keseluruhan crossover dari yang biasa menjadi unik. Yang kemudian jadi elemen unik dalam ceritanya yang pertama adalah pertarungannya.

Meskipun judulnya adalah “Avengers vs Pet Avengers” namun, ceritanya sendiri tidak menghadirkan para Avengers bertarung menghadapi para Pet Avengers. Justru mereka menghadaapi musuh lainnya yaitu naga. Kedua, yang menarik adalah bagaimana para karakter Avengers; seperti Captain America, Iron Man, dan Thor dihadirkan dalam bentuk katak.

Dalam cerita ini, Geeks akan melihat empat katak petarung – karena sudah ada Frog Thor dalam tim Pet Avengers, dua anjing mutan, dan sekelompok naga. Meskipun mindblowing dan unik crossover komik ini kurang begitu laku di kalangan fans. Salah satu alasannya adalah karena karakter yang dihadirkan nampak begitu membingungkan dan ceritanya sendiri kurang menarik.

7 Attack On Avengers

Dalam dunia manga atau anime, memang sudah tidak asing bagaimana berbagai judul manga dan anime terinspirasi dari komik barat. Contoh nyata dari hal ini adalah My Hero Academia yang diketahui banyak dipengaruhi oleh elemen-elemen dalam DC Comics. Namun, bagaimana jika komik barat dan manga melakukan crossover? Hal ini terjadi dalam cerita Attack on Avengers.

Popularitas manga dari Hajime Isayama ini benar-benar sangat luar biasa, yang membuat pihak Marvel Comics memutuskan untuk melakukan crossover yaitu Attack on Avengers. Cerita one-shot ini muncul dalam komik Secret Wars #0 dan memperlihatkan bagaimana kota Manhattan tiba-tiba diserang oleh para Titan. Berbagai jenis Titan muncul dalam cerita ini. Namun, yang menarik adalah para Titan tersebut muncul dari dalam air.

Mengetahui ada monster yang mengerikan muncul di kota membuat para Avengers langsung bergegas untuk menghentikan para Titan tersebut. Selain Avengers, Geesk akan melihat tim pahlawan lainnya seperti Guardians of the Galaxy. Sayangnya, Marvel Comics hanya menghadirkan para Titan saja dalam cerita tersebut tanpa menghadirkan para karakter ikonik dari series Attack on Titan seperti Eren Yeager atau Mikasa Ackerman.

6 Ash Selamatkan Obama

Menghadirkan karakter presiden Amerika, mungkin sudah pernah juga dilakukan oleh berbagai komik lainnya. Namun, yang kemudian menjadikan cerita crossover komik ini mindblowing adalah bagaimana sosok presiden tersebut bukan hanya muncul sebagai cameo melainkan jadi salah satu bintang utama dari ceritanya. Hal ini terjadi dalam komik Army of Darkness.

Dalam komik tersebut, para pembaca akan melihat bagaimana presiden ke-44 Amerika Serikat, Barrack Obama, bukan hanya sekeda muncul dalam cerita. Obama diceritakan menjadi salah satu bintang dari komiknya meskipun hanya untuk beberapa halaman saja. Diceritakan jika Ash Williams berusaha untuk menyelamatkan sang presiden dari serangan para zombie.

Namun, meskipun kemunculan Barrack Obama di komik crossover Army of Darkness ini mindblowing para fans sendiri banyak yang menyangkan jika komiknya melewatkan kesempatan epik dan menarik di mana Obama menggunakan gergaji mesin untuk memotong atau menghabisi para zombie tersebut seperti yang dilakukan oleh Ash Williams dalam filmnya.

5 Justice League Bertemu Mighty Morphin Power Rangers

Bagi Geeks penggemar komik yang berasal dari era 90an, tentunya ada perasaan yang tidak tergambarkan ketika Superman, Batman, dan para anggota Justice League lainnya bertemu dengan para pahlawan lain yaitu Mighty Morphin Power Rangers. Hal ini terjadi dalam komik Justice League/Mighty Morphin Power Rangers yang dirilis pada 2017 yang merupakan hasil kolaborasi BOOM! Studios dan DC Comics.

Dalam cerita komiknya diperlihatkan bagaimana sebuah kecelakaan yang melibatkan teleporter milik Mighty Morphin Power Rangers membuat mereka kemudian terlempar di universe lain. Dalam hal ini, tim Power Rangers tersebut terjebak di DC Universe. Pertemuan tersebut berujung pada kerja sama yang terjalin antara kedua tim pahlawan.

Justice League dan Power Rangers diperlihatkan bersatu untuk menghadapi Rita Repulsa dan Lord Zedd. Pertempuran yang terjadi dalam miniseri berjumlah enam volume ini benar-benar sangat epik. Banyak momen-momen menarik yang dihadirkan dalam komiknya. Pertemuan bersejarah antara dua kelompok pahlawan ini banyak mendpatkan tanggapan positif dari para fans.

4 Godzilla vs Barkley

Di sepanjang sejarah kemunculannya sang raja para monster, Godzilla, sudah bertarung dengan banyak titan atau kaiju. Namun, dalam komik Godzilla vs Barkley diperlihatkan bagaimana Godzilla harus berhadapan dengan musuh yang paling sulit yang pernah dia hadapi, yaitu bintang NBA, charles Barkley. Dalam komik tersebut diperlihatkan bagaimana Godzilla melakukan berbagai tindakan kehancuran di sebuah kota.

Barkley kemudian dimintai tolong oleh seorang anak kecil untuk menghadapi sang raja monster tersebut. Secara ajaib, Barkley kemudian berubah menjadi raksasa dan menantang Godzilla dalam sebuah pertandingan bola basket. Dalam pertandingan tersebut, Barkley berhasil mengalahkan Godzilla dengan sangat mudah. Sang monster sendiri nampak sama sekali tidak berkutik.

Namun, fakta menarik dari komik Godzilla vs Barkley ini adalah crossover komik ini dihadirkan oleh Dark Horse Comics sebagai bagian dari promosi untuk produk sepatu bola basket dari merk Nike. Selain komik, bahkan promosi dari sepatu Nike ini pun muncul dalam versi iklan di televisi. Manusia melawan Godzilla dalam pertandingan basket, rasanya memang wajar jika ini jadi crossover komik paling mindblowing.

3 Batman/Elmer Fudd

DC Comics dan Looney Tunes sudah cukup sering menghadirkan cerita crossover, yang mana mayoritas komiknya memang ditujukan untuk anak-anak. Namun, ada juga komik crossover dari keduanya yang ditujukan untuk para pembaca dewasa. Hal ini diperlihatkan dalam komik Batman/Elmed Fudd Special yang rilis di tahun 2017. Ceritanya sendiri dimulai di sebuah bar.

Bar tersebut dimiliki oleh Porky dan berisi versi berbahaya dan manusia dari para karakter Looney Tunes. Sosok pembunuh bayaran, Elmer Fudd, kemudian mengincar nyawa dari Bugs “the Bunny” yang dianggap sudah menghabisi nyawa dari kekasihnya, Silver St. Cloud. Bugs pun memohon agar Elmer mengampuni nyawanya. Bugs juga kemudian memberikan informasi kepada Elmer bahwa dia diperintah oleh seseorang.

Bugs menjelaskan jika Bruce Wayne yang menyewa jasanya untuk menghabisi kekasih Elmer. Dia pun termakan oleh manipulasi Bugs dan mulai mengincar Batman. Namun, ternyata semuanya merupakan akal bulus dari sang kekasih sendiri yaitu Silver. Sama seperti yang dia ungkapkan kepada Bruce Wayne, Silver mengatakan kepada Elmer bahwa dia ingin Elmer untuk berhenti menjadi pembunuh bayaran. Yang menarik dari komik ini adalah meskipun ada unsur komedi dalam ceritanya, namun tone yang dihadirkan tetap gelap, kelam, dan mengerikan seperti yang diperlihatkan dari art style komiknya.

2 Batman/Teenage Mutant Ninja Turtles

Batman dan para ninja kura-kura, Teenage Mutant Ninja Turtles, memiliki banyak kesamaan. Namun, hal yang mengejutkan kemudian terjadi ketika kedua karakter tersebut melakukan crossover dan muncul di satu komik. Pertemuan keduanya terjadi di tahun 2015 dalam komik Batman/Teenage Mutant Ninja Turtle. Miniseries yang berjumlah enam volume ini adalah hasil kerja sama DC Comics dan IDW Publishing.

Ceritanya sendiri berawal ketika para kura-kura ninja tersebut bertarung menghadapi musuh kuat mereka yaitu Krang. Para kura-kura ninja, guru mereka, Splinter, dan bahkan musuh bebuyutan mereka, Shredder, dan para ninja dari Foot clan, kemudian terlempar ke sebuah universe lain. Para kura-kura ninja tersebut kemudian bertemu dengan Batman, di mana mereka sempat saling bertarung karena dianggap sebagai ancaman bagi satu sama lain.

Namun, setelah semuanya jelas, Batman dan para kura-kura ninja tersebut kemudian bekerja sama untuk mengalahkan Shredder yang juga bekerja sama dengan Ra’s Al Ghul. Banyak villain Batman yang juga terlibat dalam ceritanya, mulai dari Joker, Poison Ivy, bahkan Mister Freeze. Setelah semuanya selesai, Raphael memberikan topengnya kepada Batman dan mengatakan jika dia terlempar ke dunia para kura-kura ninja mereka siap membantu Batman.

1 Colonel Sanders dan Green Lantern

Mungkin, tidak pernah terbayangkan sebelumnya jika karakter superhero akan kemudian melakukan sebuah crossover dengan karakter dari restoran cepat saji. Namun, hal ini kemudian benar-benar terjadi dalam salah satu komik crossover, yaitu KFC: Across the Universe. Dalam ceritanya, maskot dari restoran cepat saji, KFC, diperlihatkan berkolaborasi dengan Green Lantern.

Green Lantern sudah banyak berkolaborasi dengan para pahlawan, namun ini pertama kalinya Green Lantern atau bahkan superhero melakukan kolaborasi dengan maskot makanan cepat saji. Colonel Sanders diceritakan sudah meminta bantuan kepada Green Lantern Corps untuk memperluas jangkauan pelangannya. Sehingga, bukan hanya di bumi melainkan pelanggan KFC ada di seluruh alam raya DC.

Namun, Colonel Sanders dan Hal Jordan kemudian menemukan fakta jika Orange Lantern, Larfleeze, sudah mencuri semua roti isi ayam yang ada di bumi untuk kemudian dikirim ke luar angkasa. Mereka berdua pun bekerja sama untuk menghentikan ulah Larfleeze tersebut. Satu hal yang menarik dalam crossover ini adalah bagaimana Colonel Sanders diperlhatkan menjadi anggota dari Green Lantern Corps untuk sementara. Dia bahkan menggunakan cincin Green Lantern.

Industri komik memang membuat banyak imajinasi bisa diwujudkan. Dan dengan cerita yang imajinatif tersebut membuat cerita komik membuka pintu untuk menghadirkan berbagai karakter yang tidak terduga dalam sebuah cerita crossover. Beberapa cerita crossover yang muncul di komik berhasil menghadirkan sesuatu yang mindblowing dan luar biasa, di mana beberapa contohnya adalah berbagai poin di atas.

Exit mobile version