Doctor Strange – Doctor Fate

Memang yang satu ini sulit dipercaya, tetapi sebenarnya Doctor Strange meniru Doctor Fate. Doctor Fate memang lahir lebih dulu, di mana dia pertama kali muncul pada tahun 1940. Bernama asli Kent Nelson, Doctor Fate awalnya adalah seorang arkeolog yang menemukan makam Nabu dan kemudian dia dilatih oleh Nabu setelah mengalami kecelakaan. Demikian juga dengan Doctor Strange alias Stephen Strange, di mana dia adalah seorang jenius yang mengalami kecelakaan di puncak kariernya. Kemudian dia medapat pelatihan, dan penyakitnya disembuhkan oleh sihir. Doctor Strange pertama kali muncul pada tahun 1963, yang berarti 23 tahun setelah Doctor Fate.

Thanos – Darkseid

Karakter Marvel lainnya yang menirukan DC adalah Thanos. Rasanya semua sudah mengetahui bahwa Thanos banyak meniru dari karakter Darkseid. Di MCU, Thanos tampaknya menjadi villain yang jauh lebih tangguh. Namun sebenarnya di komik, Darkseid bisa dengan mudah mengalahkan Thanos. Darkseid sendiri pertama kali diperkenalkan di tahun 1970, sedangkan Thanos diperkenalkan tahun 1973. Meskipun keduanya memiliki kekuatan dan kecerdasan super, dan pada dasarnya abadi, satu perbedaan utama adalah bahwa Darkseid memiliki kekuatan mengendalikan pikiran, termasuk telepati dan telekinesis. Sedangkan Thanos harus mengandalkan senjatanya, Infinity Gauntlet yang akan memberikannya kekuatan.

Sif – Wonder Woman

Wonder Woman menjadi salah satu superhero terlama yang pernah dibuat, karena dia sudah berusia 81 tahun. Itu berarti Wonder Woman sudah melakukan debut di DC Comics sejak tahun 1941. Dan hingga sekarang, Wonder Woman masih digemari dan menghasilkan pundi-pundi uang bagi DC Comics. Marvel kemudian berusaha untuk meniru kesuksesannya berkali-kali, dan salah satu caranya adalah dengan membuat karakter pesaing yaitu Lady Sif, yang terkenal sebagai kekasih Thor, sebelum karakternya berkembang lagi. Sif memang terinspirasi dari Dewa Nordik dengan nama yang sama, dan dia dikenal sebagai Warrior Goddess, mirip seperti yang digambarkan pada Wonder Woman. Jika Sif terinspirasi dari Nordik, Wonder Woman terinspirasi dari Yunani dan Romawi.

Bullseye – Deadshot

Deadshot diperkenalkan bertahun-tahun lebih dulu sebelum Bullseye. Jika kalian melihat kekuatan mereka berdua, maka semakin jelas bahwa Bullseye menirukan karakter Deadshot. Deadshot pertama kali muncul sebagai villain Batman, dan sejak itu keduanya sering bertarung. Sebenarnya Deadshot hanya menginginkan uang, dan dia sering digambarkan sebagai pria baik. Diapun kemudian sering bergabung dengan Suicide Squad untuk memamerkan bakat menembaknya yang luar biasa akurat. Disatu sisi, Bullseye juga memiliki kekuatan yang sama. Dia bisa menggunakan senjata apapun dengan sangat akurat. Mereka berdua adalah penembak jitu yang hampir tidak pernah meleset. Bedanya, Bullseye digambarkan lebih kejam.

 Quicksilver – The Flash

Karakter Marvel terakhir yang menirukan DC adalah The Flash. The Flash menjadi salah satu pahlawan super paling ikonik yang pernah diperkenalkan. Dia melakukan debut di komik tahun 1940, dan dijuluki sebagai manusia tercepat di dunia. Yap, kecepatan menjadi kekuatan utama bagi The Flash. Dan menariknya, kekuatan itu coba diadaptasi oleh banyak penerbit komik lainnya, dan salah satu yang coba menirunya adalah Marvel, dengan karakter Quicksilver-nya. Quicksilver muncul lebih dari dua dekade setelah The Flash. Baik Quicksilver dan The Flash, keduanya memang sangat mirip. Yang membedakan, asal-usul keduanya yang sangat berbeda. Tetapi dalam hal kekuatan, keduanya identik. Kedua karakter dapat berlari dengan kecepatan super, dan mereka mengeluarkan petir ketika berlari sebagai penghormatan kepada dewa Yunani Hermes.

Itulah beberapa karakter DC yang pernah ditiru Marvel. Memang Marvel tidak mengakui itu secara gamblang. Tetapi ada kesamaan yang cukup jelas antara karakter yang mereka buat.

1
2
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/