Setelah berhasil melewati berbagai drama produksi tayangan live action DC, film Blue Beetle dari sutradara Angel Manuel Soto akhirnya tayang di bioskop seluruh dunia. Sejauh ini respons terhadap filmnya sendiri terbilang cukup positif. Di mana tampaknya banyak yang senang karena untuk pertama kalinya DC kembali mempunyai film yang ceria dan santai. Terlepas dari keberhasilannya sejauh ini, menurut sebuah rumor terbaru co-DC Studios James Gunn dikabarkan telah menghapus cameo Batman dari film Blue Beetle.

Semuanya dimulai dari twit sebuah akun X, @sylabdul, yang mengklaim dirinya sebagai seorang penggemar DC sekaligus insider entertainment. Menurutnya “Ben Affleck tadinya akan tampil hanya cameo suara di film Blue Beetle, tetapi pada akhirnya dipotong oleh James Gunn. Adegannya murni komedi, tetapi itu menempatkan Blue Beetle dalam kisah lanjutan Batfleck.” Saat berita ini ditulis twitnya sudah disukai oleh lebih dari 600 pengguna X dan dibagikan hingga 65 kali. Berdasarkan hal tersebut cukup masuk akal jika twit rumor ini pada akhirnya menarik perhatian James Gunn.

Dalam tanggapannya di media sosial X, Gunn langsung membantah rumor tersebut yang menurutnya sama sekali tidak ada dasarnya. Baginya, baik di internal DC Studios maupun di antara para tim kreatif film Blue Beetle sendiri, tidak ada yang pernah menyinggung soal cameo Batman versi Ben Affleck. “Saya belum pernah mendengar ada cameo suara Ben Affleck di Blue Beetle, Peter [Safran] juga tidak, apalagi sampai memotongnya… Saya tidak pernah mendengarnya karena memang tidak pernah ada (tanyakan saja langsung kepada para produsernya).”

Terlepas dari rumornya, kisah Batfleck memang sudah ditakdirkan untuk berakhir karena Warner Bros dan DC Studios akan segera me-reboot DC Extended Universe dengan dunia live action baru pada masa mendatang. Di mana sebagian besar karakter ikonisnya akan diperankan oleh para aktor dan aktris baru. Hal yang sama juga akan terjadi kepada Batman, dengan kata lain saat ini Ben Affleck tinggal menantikan masa pensiunnya sebagai sang Dark Knight.

Berdasarkan bantahan James Gunn sebagai co-CEO DC Studios ini cukup aman untuk kita simpulkan bahwa sejak awal memang tidak ada cameo Batman di film Blue Beetle. Walaupun begitu Batfleck setidaknya masih punya satu penampilan potensial lagi, karena beberapa waktu lalu Ben Affleck sempat dilaporkan berada di lokasi syuting bersama Jason Momoa untuk film Aquaman and the Lost Kingdom (tayang 20 Desember). Hanya waktu yang bisa menjawab kebenarannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.