Home HOBBIES HOBBIES FEATURES 10 Figur McFarlane DC Universe Termahal Saat Ini!

10 Figur McFarlane DC Universe Termahal Saat Ini!

Selain menggarap komik Spawn, Todd McFarlane juga terkenal sebagai seorang pengusaha yang sejak tahun 2020 telah menghadirkan banyak karakter DC Universe dalam bentuk figur menarik. Di mana para penggemar sendiri mengenalnya sebagai figur McFarlane DC Multiverse yang bentuk dan harganya sangat bervariasi. Mulai dari figur standar ukuran 7 inch yang harga normalnya sekitar 300-500 ribu rupiah, sampai figur paket yang biasanya sedikit lebih mahal. Nah khusus dalam artikel sekarang kita akan membahas sepuluh figur McFarlane DC termahal yang untuk saat ini harganya terbilang sudah melambung jauh!

10 Superman vs Doomsday (Gold Label)

Figur DC untuk Superman vs Doomsday versi Gold Label dari McFarlane ini merupakan salah satu produk termahal yang sekarang beredar di pasaran. Alasannya cukup sederhana, karena figur ini merupakan produk khusus Gold Label yang dibuat dengan jumlah terbatas serta mempunyai desain yang lebih detail. Ditambah lagi kita bisa mendapatkan dua figur karakter sekaligus dalam satu paket, yaitu Doomday dan Superman versi peristiwa komik ikonis tahun 1990-an yang berjudul The Death of Superman. Figur paket yang baru keluar tahun 2023 ini sebenarnya punya harga normal 60 dolar, tetapi di pasaran dunia harga tertingginya bisa mencapai 120 dolar atau sekitar 1,8 juta rupiah.

9 Batman Year Two (Gold Label)

Satu lagi Gold Label dari McFarlane DC yang masuk dalam kategori termahal saat ini adalah figur Batman Year Two. Figur yang rilis perdana tahun 2021 ini menampilkan Batman dengan jubah super panjang berwarna biru seperti di komik DC Year Two, termasuk set lengan tambahan yang bisa dimasukkan batarang dan juga lantai diorama mini dengan kuburan orang tua Bruce Wayne. Di pasaran sendiri harga tertingginya bisa mencapai 100 dolar (1,5 juta rupiah) dan 125 dolar (1,9 juta rupiah) untuk versi terbatas 1000 buah yang ditandatangani Todd McFarlane. Padahal harga normalnya saat pertama kali dirilis hanya sekitar 800 ribu rupiah.

8 The Suicide Squad 5 Pack

Sesuai dengan nama produknya, The Suicide Squad 5 Pack adalah paket McFarlane DC termahal saat ini yang berisi lima figur ikonis lengkap dengan kartu dan aksesoris karakternya. Termasuk Harley Quinn (figur+tombak), Peacemaker (figur+pedang), Bloodsport (figur+2 baton), Polka Dot Man (figur+goggles+polkadot), dan King Shark (figur+rahang tambahan), yang semuanya merupakan bintang utama dari film The Suicide Squad karya sutradara James Gunn. Paket figur yang rilis tahun 2021 ini sekarang bisa terjual hingga 135 dolar atau lebih dari 2 juta rupiah. Harga tersebut cukup value untuk lima figur sekaligus, tetapi sayangnya saat ini sudah sangat langka di pasaran.

7 Superman (Justice League – Blue/Red suit)

Saat ini aktor Henry Cavill memang sudah pensiun sebagai Superman, dan DC Studios sendiri sudah siap menggantinya dengan David Corenswet melalui film reboot DC Universe mendatang yang berjudul Superman: Legacy. Walaupun begitu, bukan berarti warisan Cavill berhenti begitu saja, faktanya figur McFarlane DC terkait karakter Superman yang diperankannya sekarang justru masuk daftar figur eksklusif Target termahal. Figur Superman ukuran 7 inch dari film Justice League dengan kostum Blue/Red ini sekarang harga tertingginya bisa mencapai 140 dolar atau sekitar 2,1 juta rupiah, padahal saat pertama kali dirilis tahun 2021 harganya hanya 20 dolar saja.

6 Batman & Batmobile (Gold Label)

Baru saja rilis tahun ini figur Batman & Batmobile versi Gold Label sudah masuk jajaran figur McFarlane DC termahal. Di mana sekarang untuk harga tertingginya figur paket Batmobile dan Batman ini tembus 160 dolar atau hampir 2,5 juga rupiah. Seperti yang bisa kalian lihat pada gambar di atas, paket figur McFarlane ini terdiri dari sebuah Batmobile  yang muncul di film The Batman tahun 1989, lengkap dengan figur Batman versi Michael Keaton ukuran 7 inch yang sebanding dengan mobilnya sendiri. Saat pertama dirilis sebenarnya harga retail-nya hanya sekitar 75 dolar, setengahnya dari harga sekarang.

5 Batman (Justice League – Platinum)

Lagi-lagi Batman, kali ini yang masuk dalam kategori figur McFarlane DC termahal adalah edisi Platinum Batman dari aktor Ben Affleck yang muncul di film Justice League. Platinum di sini artinya figur Batman ini dibuat dengan jumlah yang sangat terbatas bahkan lebih sedikit dari Gold Label, yaitu sekitar 3.000 buah di seluruh dunia. Berbekal hal tersebut tidak aneh jika figur Batman ukuran 7 inch yang awalnya seharga 20 dolar saat pertama kali dirilis tahun 2021, sekarang harganya sudah jauh melambung hingga 170 dolar atau sekitar 2,6 juta rupiah. Selain mendapatkan karakternya, figur ini juga dilengkapi dengan sebuah batarang yang bisa dipasang pada lengan Batman.

4 Bane (Batman Comics)

Dala sejarah DC, Bane dikenal sebagai salah satu villain Gotham yang pernah mematahkan punggung Batman dalam peristiwa ikonis Knightfall. Perbuatan Bane tersebut bahkan sempat membuat Batman pensiun untuk waktu yang cukup lama sampai harus digantikan oleh beberapa kenalannya. Nah Bane komik inilah yang sekarang menjadi salah satu figur McFarlane DC termahal, di mana dia masuk dalam kategori megafig yang ukurannya sekitar 30 centimeter. Dengan ukuran yang lebih besar, serta latar belakang karakternya yang sangat bernilai sejarah, harga figur Bane yang rilis perdana tahun 2022 ini sudah mencapai 200 dolar atau lebih dari 3 juta rupiah.

3 Superman (Gold Label – 85th Anniversary Edition)

Figur Superman edisi 85th Anniversary dengan Gold Label ini adalah salah satu figur McFarlane DC termahal yang jumlahnya cukup terbatas. Ditambah lagi figur 7 inch yang harga awalnya 30 dolar ini hanya dijual secara eksklusif dalam acara San Diego Comic-Con 2023, sehingga pada saat itu produknya langsung terjual habis. Sekarang jika kita menginginkan figur ini maka kita harus berani merogoh kocek yang lebih mahal untuk membelinya dari penggemar lain. Dengan boks yang masih lengkap, Superman dengan warna mozaik unik ini sekarang bisa dijual dengan harga mencapai 200 dolar atau sekitar 3 juta rupiah.

2 Batman (Gold Label – Knightfall 30th Anniversary)

Sama seperti Superman edisi 85th Anniversary, Batman edisi Knightfall 30th Anniversary versi Gold Label ini adalah figur McFarlane DC termahal yang rilis secara eksklusif dalam acara SDCC 2023. Harga awalnya hanya sekitar 30 dolar, di mana pembeli akan mendapatkan figur Batman Knightfall, tangan tambahan, batarang, kartu dan display base menarik. Saat ini harga tertinggi untuk figur Batman edisi Knightfall 30th Anniversary ini bisa mencapai 220 dolar atau sekitar 3,4 juta rupiah. Alasan mengapa figur ini lebih mahal sedikit dari Superman edisi 85th Anniversary mungkin karena permintaan penggemar yang lebih besar di pasaran.

1 Batwing (Gold Label – The Flash Movie)

Terakhir, figur McFarlane DC termahal saat ini yang harganya bisa dibilang paling tinggi adalah Batwing versi Gold Label yang muncul di film The Flash beberapa waktu lalu. Pada dasarnya Batwing ini adalah pesawat yang pernah digunakan oleh Batman versi Michael Keaton di film The Batman tahun 1989. Dengan Gold Label yang lebih langka dan rentang sayap pesawat yang hampir satu meter, figur Batwing ini bisa terjual hingga 225 dolar atau sekitar 3,5 juta rupiah. Mengingat ukurannya yang sangat besar, harga figur kendaraan ini kemungkinan akan terus naik karena kelangkaan dan pengiriman yang lebih sulit untuk dilakukan.

Itulah sepuluh figur McFarlane DC Universe termahal saat ini. Dengan harga mulai dari 1,2 juta hingga 3,5 juta rupiah, bisa disimpulkan bahwa figur-figur ini sudah tidak sesuai dengan harga normal saat pertama kali dirilis. Alasannya tentu saja karena jumlah stock yang berbanding terbalik dengan permintaan pengemar, akibatnya harganya bisa terus naik jika makin banyak penggemar yang memburunya. Bagaimana Geeks, apakah kalian tertarik untuk menjadi kolektor figur McFarlane DC juga?

Exit mobile version