Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Aksi yang Bisa Diadaptasi Anime!

10 Film Aksi yang Bisa Diadaptasi Anime!

Film aksi Hollywood klasik ini memiliki cerita atau elemen yang menarik sehingga bisa diadaptasi dalam versi anime. Geeks mungkin sudah sering mendengar bagaimana industri perfilman Hollywood melakukan adaptasi berbagai proyek anime untuk kemudian dihadirkan dalam versi live action. Contohnya adalah proyek film Ghost in the Shell yang diperankan oleh Scarlett Johannsson.

Sayangnya, harus diakui jika mayoritas dari proyek adaptasi tersebut pada akhirnya harus berakhir dengan kurang baik meskipun ada juga proyek film yang memang berhasil meraih kesuksesan cukup besar. Namun, ada beberapa film aksi Hollywood yang dianggap cocok untuk kemudian diadaptasi dalam versi animasi. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

10 Total Recall

Film aksi Hollywood yang bisa diadaptasi dalam versi anime adalah Total Recall. Film laga klasik fiksi ilmiah di era 1990an yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger ini memiliki alur cerita yang kompleks serta internal universe yang menarik. Faktanya, film ini bahkan menjadi inspirasi dari beberapa judul anime populer seperti Cowboy Bebop atau bahkan anime tentang manipulasi pikiran, Psycho-Pass.

Cerita tentang Douglas Quaid di film ini bisa dihadikan lebih jauh dalam sebuah series pendek seperti anime. Ceritanya bisa menghadirkan informasi lebih banyak tentang Quaid atau hal-hal menarik lainnya dari film ini atau mungkin menjawab berbagai pertanyaan yang belum sempat terjawab di filmnya. Bisa juga mengembangkan lagi cerita tersendiri yang tidak keluar dari cerita utama filmnya.

9 Speed

Keanu Reeves dan Sandra Bullock benar-benar berhasil menjadi sosok pasangan yang menghindari bencana besar dalam film Speed. Film tersebut menjadi salah satu film aksi thriller yang unik yang dihadirkan oleh para produser di Hollywood. Salah satu alasan mengapa Speed bisa diadaptasi dalam versi anime adalah pace cerita yang dihadirkan serta tensi yang muncul di sepanjang film.

Adaptasi anime Speed akan lebih baik jika dihadirkan dalam format film dan bukan series. Anime sering kali mampu menghadirkan tensi yang luar biasa, yang mana hal itu cocok dengan alur cerita Speed di mana filmnya menghadirkan ketegangan dari kedua aktor untuk membebaskan diri dari ancaman bom. Yang menarik adalah setting cerita filmnya bisa dirubah dari Los Angeles ke Tokyo.

8 Franchise Star Wars

Seluruh franchise Star Wars bisa dengan baik diadaptasi dalam versi anime. Hal ini bahkan sudah terbukti dengan kesuksesan Star Wars Rebels yang memperkenalkan karakter seperti Ahsoka Tano. Star Wars Rebels merupakan series yang berformat animasi yang sukses besar berkat alur cerita dan visual yang menarik. Artinya, tidak berlebihan jika franchise Star Wars bisa diadaptasi dalam versi anime.

Salah satu hal yang membuat franchise Star Wars bisa diadaptasi menjadi versi anime, selain dari besarnya cerita dan universe di dalamnya, adalah efek spesial yang muncul di filmnya. Ketika anime Star Wars muncul, tentunya visualnya tidak akan kalah menarik dibandingkan versi live action. Dan dalam sejarah anime sendiri, setting perang luar angkasa sudah sangat populer sejak lama.

7 Leon: The Professional

Series atau film anime sering kali berani hadirkan alur cerita yang unik, menggebrak, dan berani. Inilah alasan mengapa kemudian Leon: The Professional masuk salah satu daftar film aksi Hollywood yang bisa diadaptasi menjadi anime. Dari plot sendiri hal ini seolah sudah mendukung. Filmnya berkisah tentang seorang anak perempuan yang bertemu dan jadi teman baik dari seorang pembunuh bayaran.

Sosok pembunuh bayaran tersebut nytanya memiliki hati yang lembut, terutama terhadap sosok anak kecil seperti yang dia temui dalam ceritanya. Perkembangan karakter, adegan aksi dan laga yang penuh adrenalin, serta momen emosional adalah formula cerita yang apik dan menarik yang membuat film ini bisa diadaptasi dalam versi anime baik untuk format series atau film.

6 Franchise James Bond

Anime yang mendominasi saat ini mayoritas bertemakan tentang Isekai atau percintaan dan kehidupan sehari-hari. Meskipun begitu, ternyata tema lainnya pun tidak kalah menarik seperti mata-mata. Hal ini terbukti bagaimana series anime Spy X Family meledak di pasaran, yang mana seriesnya berkisah tentang seorang mata-mata yang menyamar dengan membangun sebuah keluarga palsu.

Inilah yang kemudian jadi alasan mengapa franchise James Bond bisa diadaptasi dalam versi anime, karena tema mata-mata bisa jadi hal yang berbeda dari mayoritas lainnya. Franchise James Bond juga sangat populer di dunia, termasuk di Jepang, sehingga tidak sulit untuk memperkenalkan tentang proyek animasinya. Anime James Bond bisa dihadirkan untuk versi remaja atau versi dewasa (seinen).

5 Who Am I: No System Is Safe

Jepang selalu takjub dan erat kaitannya dengan teknologi, termasuk teknologi komputer dan internet. Beberapa anime bahkan menghadirkan teknologi internet sebagai tema utama mereka seperti SNS Police, Summer Wars, dan sebagainya. Tetapi, anime yang kemudian mengangkat tema cerita tentang hacker atau peretasan bisa dibilang jumlahnya tidak banyak.

Hal ini tentunya menjadi peluang bagi Who Am I: No System Is Safe untuk bisa diadaptasi menjadi versi anime. Alur cerita, perkembangan karakter, pengenalan sistem peretasan dan teknologinya, serta momen drama dan emosional di film tersebut bisa diterjemahkan dalam bentuk anime dengan baik. Bukan tidak mungkin anime ini bisa menghadirkan kejutan besar bagi industri anime di Jepang atau bahkan di dunia nyata di negara tersebut.

4 Franchise John Wick

Dunia yang dihadirkan dalam franchise John Wick benar-benar sangat terstruktur, detail, dan menarik. Inilah salah satu alasan mengapa para penonton senang dengan film-film John Wick. Tidak lupa juga aksi laga yang epik, kontak senjata, dan momen pertarungan John Wick menjadi daya tarik lainnya dari film tersebut, Dengan semua formula itu, rasanya tidak salah jika John Wick diadaptasi menjadi anime.

Beberapa anime yang menghadirkan aksi epik, seperti Attack on Titan, Dragon Ball, dan sebagainya berhasil mendapatkan perhatian dari para fans. Tentunya alur cerita laga John Wick yang luar biasa bisa juga memiliki kesempatan besar untuk kemudian mendapatkan perhatian para fans penggemar anime. Bahkan, yang menarik adalah John Wick sendiri memiliki komik prekuelnya yang artinya bukan mustahil series film ini diadaptasi dalam versi anime.

3 RoboCop

Alex Murphy merupakan seorang anggota kepolisian yang harus mengalami nasib buruk di mana tubuhnya hancur akibat luka tembak. Namun, Murphy berhasil kembali berkat bantuan teknologi. Meskipun begitu, Murphy sudah kehilangan sisi kemanusiaanya yang mana membuat dia berubah menjadi robot. Alur cerita tentang Alex Murphy yang berubah jadi robot bisa jadi salah satu cerita menarik untuk versi anime.

Geeks mungkin menganggap jika cerita dari RoboCop sudah pernah digunakan. Misalnya, dalam alur cerita Alitta Battle Angel protagonis utama, Alitta, alami hal yang sama seperti Alex Murphy. Namun, bagaimana kompleksitas karakter Alex Murphy menerima keadaanya yang bukan lagi manusia serta cerita tentang manusia yang jadi robot polisi menghadapi kejahatan yang ada rasanya sesuatu yang pantas untuk dicoba.

2 Ghostbusters

Para penduduk Jepang sangat senang dengan cerita misteri atau horor, apalagi ketika musim panas dimulai. Terdapat sebuah istilah “cerita horor musim panas” yang sering diceritakan oleh orang-orang. Ada banyak anime populer yang bertemakan horor seperti Corpse Party, Ghost at School, dan sebagainya. Namun, sejauh ini diketahui sangat jarang anime tentang pemburu hantu.

Ghostbusters bisa jadi film aksi yang kemudian diadaptasi dalam versi anime. Kemunculan para hantu yang kemudian dihadapi dan diselesaikan oleh para tim pemburu hantu tersebut bisa jadi sesuatu yang baru baik di industri anime atau pun di Jepang itu sendiri. Animenya bisa dihadirkan dalam format cerita lepas atau pun series. Visual dari para hantu yang muncul dalam versi anime tentunya akan menarik.

1 Wanted

Bagaimana kemudian film ini memberikan informasi jika peluru mampu dibelokan sesuai dengan keinginan bisa jadi salah satu hal yang menarik yang dihadirkan dalam cerita anime. Yang juga menarik adalah bagaimana karakter Wesley Gibson adalah gambaran dari para pekerja sehari-hari yang ada di Jepang. Sehingga, karakter Wesley bisa relate dengan banyak orang.

Bisa juga anime Wanted mengubah karakter Wesley menjadi nama yang lebih familiar. Drama Wesley dan kelompok yang sempat dia ajak kerja sama dan melatihnya, bagaimana Wesley melatih kemampuan menembak dan membelokan peluru, dan hal-hal menarik lainnya di film ini rasanya bisa diadaptasi dalam versi anime terutama dalam format series.

Berdasarkan poin-poin di atas bisa ditarik kesimpulan jika bukan hanya anime yang kemudian bisa diadaptasi dalam versi live action, namun ada juga berbagai film aksi Hollywood yang bisa diadaptasi dalam versi anime. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Exit mobile version