Beberapa hari lalu film fan made berjudul Spider-Man: Lotus, yang trailernya sempat viral di kalangan penggemar superhero, akhirnya dirilis juga. Meskipun punya durasi sekitar dua jam, dengan cerita berat tentang Peter Parker yang baru kehilangan kekasihnya, ternyata film kontroversial ini malah mendapatkan respons negatif dari para penontonnya. Nah sebagai gantinya, daripada kalian terjebak dengan film yang salah, dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa film superhero fan made yang bisa dibilang lebih baik. Punya durasi yang singkat serta cerita yang lebih menyenangkan, berikut ini lima film superhero fan made Terbaik yang layak kalian tonton!

The Punisher: Dirty Laundry

superhero fan made terbaik

Penampilan aktor Thomas Jane sebagai Frank Castle di film The Punisher (2004) memang tidak mendapatkan sambutan yang baik dari para penggemar Marvel. Walaupun begitu delapan tahun kemudian Jane mencoba membuktikan bahwa dengan naskah yang baik, dia sebenarnya bisa tampil memukau sebagai Punisher seperti di film superhero fan made terbaik berjudul Dirty Laundry. Ditulis Chad St. John dan digarap oleh Phil Joanou, film pendek berdurasi kurang dari sepuluh menit ini menceritakan Punisher yang sedang mencuci pakaiannya di tempat pencucian umum. Sambil menunggu cuciannya selesai dia mengisi waktunya dengan membasmi penjahat dengan cara-cara brutal khas karakternya.

The Death and Return of Superman

 

Meskipun dikenal sebagai film superhero fan made terbaik, tetapi The Death and Return of Superman punya lebih banyak hal menarik dari sekadar film pendek DC buatan penggemar. Ditulis dan digarap langsung oleh Max Landis, plotnya sendiri menceritakan pengorbanan Superman selama tujuh belas menit yang terus-menerus dimatikan hanya demi popularitas. Dengan nuansa komedi yang cukup kental, kita bisa melihat upaya bertahan hidup Superman hanya untuk mati karena alasan lainnya. Selain karena premisnya, alasan lain mengapa film fan made ini layak kalian tonton adalah karena jajaran pemerannya yang melibatkan aktor terkenal, termasuk Morgan Krantz, Elijah Wood, dan Mandy Moore.

Truth in Journalism

superhero fan made terbaik

Jika hanya membaca judulnya, mungkin kalian tidak akan tahu bahwa film superhero fan made terbaik yang satu ini berfokus pada salah satu karakter Marvel. Pada kenyataannya film pendek a la mockumenter ini berfokus pada musuh bebuyutan Spider-Man yaitu Eddie Brock alias Venom. Dalam film pendek Truth in Journalism karya Adi Shankar dan Joe Lynch ini Eddie diceritakan tengah melakukan rutinitasnya sebagai seorang jurnalis dari Daily Bugle. Situasi langsung berubah mencekam ketika dia memamerkan sisi kejamnya sebagai seorang symbiote Venom yang terkenal karena sering memakan manusia.

Batman: City of Scars

superhero fan made terbaik

Dalam sejarah DC, Batman dikenal sebagai karakter yang memiliki latar belakang dan kepribadian kompleks. Hal inilah yang membuat ceritanya tidak mudah untuk diangkat ke layar lebar, apalagi hanya sebuah film pendek berdurasi singkat. Namun kesulitan tersebut berhasil dipecahkan oleh film superhero fan made terbaik yang berjudul Batman: City of Scars. Di film berdurasi tiga puluh menit yang ditulis dan digarap langsung oleh Aaron Schoenke ini Batman diceritakan harus kembali menangkap Joker yang kabur dari Arkham Asylum. Pada saat yang bersamaan sang Dark Knight berpikir keras apakah dia memang harus melanggar kode etik superheronya dengan membunuh sang Clown Prince of Crime.

Wolverine

 

Sesuai dengan judulnya yang sederhana tanpa embel-embel yang berusaha menggambarkan premisnya, Wolverine adalah film superhero fan made terbaik yang berfokus pada adegan aksi Logan alias Wolverine. Tidak ada plot berat dalam film pendek Marvel ini, sebagai gantinya kita hanya disuguhkan pada pertarungan singkat Wolverine selama tujuh menit, di mana dia harus melawan sekelompok penjahat bertopeng yang menyerangnya. Terlepas dari CGI-nya yang biasa saja, karena memang bukan film beranggaran fantastis, film ini berhasil menggambarkan emosi dan pertarungan terbaik yang biasa dilakukan oleh seorang mutan yang terkenal sebagai Weapon X.

Itulah lima film superhero fan made terbaik yang lebih layak untuk kita tonton sebagai penggemar Marvel atau DC. Meskipun bukan bagian resmi dari alur cerita superhero yang sudah ada, tetapi film-film pendek ini mampu mengekspresikan cinta dan imajinasi penggemar terhadap karakter-karakter favoritnya. Dengan upaya kreatif dan dedikasinya, para pembuat film fan-made ini telah menciptakan karya yang patut kita apresiasi juga sebagai penggemar. Pada akhirnya jika kalian mencari pengalaman baru dalam dunia superhero, jangan ragu untuk mengeksplorasi film-film fan-made yang keren ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.