Home COMIC COMIC FEATURES 10 Karakter DC Dari Komik Lain!

10 Karakter DC Dari Komik Lain!

Sejak pertama kali berdiri sejak akhir 1930-an, hingga sekarang dunia superhero Detective Comics alias DC telah menjadi rumah bagi berbagai karakter yang telah menjadi ikon pop culture dunia. Misalnya Superman, Batman, dan Wonder Woman, yang popularitasnya sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Namun tahukah kalian bahwa ternyata tidak semua karakter yang ada sekarang benar-benar diciptakan sepenuhnya oleh DC. Beberapa di antaranya justru memulai kisahnya di komik lain, sebelum akhirnya menjadi bagian dari semesta DC. Berikut ini adalah sepuluh karakter DC yang berasal dari komik lain!

10 Flash

Dalam sejarah DC Universe, Flash adalah salah satu karakter veteran yang telah memulai kisahnya sejak tahun 1940, khususnya Flash pertama yang bernama Jay Garrick. Nah ternyata Jay sendiri sejatinya adalah karakter yang diciptakan oleh National Allied Publications, sebelum akhirnya dibeli oleh DC untuk dijadikan salah satu karakter pertama mereka. Hingga hari ini Jay dikenal sebagai pendiri dari tim superhero Justice Society sekaligus role model dari para Flash setelahnya seperti Barry Allen dan Wally West. Di mana semua itu tidak akan pernah terjadi jika DC tidak mendapatkan karakter Jay Garrick dari perusahaan komik lain, dalam hal ini National Allied Publications.

9 Shazam

Meskipun sekarang Shazam dikenal sebagai salah satu karakter ikonis dan anggota Justice League yang disukai banyak penggemar DC, faktanya dia berasal dari penerbit komik lain yaitu Fawcett Publications. Pada saat pertama kali melakukan debutnya di semesta Fawcett, Shazam bahkan masih menggunakan nama Captain Marvel yang cukup kontroversial bersama pemilik kekuatan Marvel lainnya. Kemudian setelah DC membelinya pada tahun 1970-an, dan karena mendapatkan tuntutan dari Marvel Comics sendiri, akhirnya namanya berganti menjadi Shazam. Nama inilah yang terkenal hingga sekarang karena dia dan keluarga supernya selalu berubah dengan meneriakan kata ajaib tersebut.

8 Black Adam

Apa yang terjadi kepada Shazam, dirasakan juga oleh musuh bebuyutannya, siapa lagi kalau bukan Black Adam. Ketika pertama kali melakukan debutnya pada tahun 1950-an di penerbit komik lain yaitu Fawcett Publications, Black Adam justru digambarkan sebagai karakter jahat, tidak seperti di DC yang memperkenalkannya sebagai anti-hero. Statusnya ini baru berubah setelah DC mengakuisisi karakternya bersama Captain Marvel pada tahun 1970-an. Sekarang walaupun identitas dan penampilannya kurang lebih sama, tetapi banyak dari latar belakangnya yang telah disesuaikan. Dalam beberapa kisah DC, Black Adam bahkan terbilang sering bekerja dengan para superhero dengan kekuatan dewanya.

7 Plastic Man

Sebelum para penggemar DC lebih mengenal Plastic Man sebagai karakter yang tergabung dalam tim superhero Justice League, ternyata dia merupakan seorang villain bernama Eel O’Brian yang berasal dari penerbit komik lain yaitu Quality Comics. Kisah originnya di Quality Comics menceritakan bahwa perubahan karakternya terjadi ketika dia terpapar zat kimia spesial yang memungkinkan tubuhnya untuk memanjang bahkan berubah bentuk seperti plastik. Sejak saat itulah dia mulai dibeli oleh DC dan membuat karakternya lebih disukai dengan sifat yang jenaka dan penuh lelucon. Beberapa anggota Justice League mungkin membencinya, tetapi para penggemar DC jelas sangat menyukainya.

6 Green Lantern

Sebelum Hal Jordan menjadi superhero Green Lantern yang paling terkenal di kalangan penggemar DC, ternyata identitas karakter berkekuatan cahaya kosmik hijau ini dimiliki oleh Alan Scott yang berasal dari penerbit komik lain All-American Publications. DC sendiri membeli Alan pada era Golden Age, dan menceritakannya sebagai pendiri Justice Society yang pernah menjadi pemimpinnya juga. Secara kronologis, Alan merupakan Green Lantern pertama yang mempunyai penampilan tidak biasa. Di mana dia lebih memilih mengenakan kostum yang berwarna dasar hijau dan merah lengkap dengan jubah, tidak seperti para Green Lantern modern yang mengekan kostum hijau sepenuhnya.

5 Blue Beetle

Dalam waktu dekat ini superhero Jaime Reyes alias Blue Beetle akan beraksi dalam film solo pertamanya yang digadang-gadang menjadi bagian reboot DC Universe. Namun tahukah kalian Geeks bahwa Blue Beetle yang akan kita lihat di film DC tersebut adalah inkarnasi ketiganya, sedangkan versi pertamanya adalah Dan Garett yang melakukan debutnya di komik lain yaitu Charlton Comics pada tahun 1939. Sejak DC membelinya pada zaman keemasan komik, mereka langsung memperkenalkan penerusnya yang bernama Ted Kord. Secara kekuatan memang ada beberapa pembaruan pada setiap Blue Beetle, tetapi secara garis besar mereka telah berbagi identitas untuk waktu yang cukup lama.

4 Peacemaker

Satu lagi karakter DC yang berasal dari komik lain, yaitu Charlton Comics, adalah Peacemaker. Karakter yang melakukan debutnya sebagai sosok yang nyeleneh ini digambarkan sebagai mantan tentara yang memutuskan untuk menjaga perdamaian dunia dengan segala cara bahkan membunuh anak kecil atau wanita jika diperlukan. Konsep yang menarik inilah yang kemudian berusaha dipertahankan oleh DC ketika mereka membelinya bersama karakter Charlton lain. Dalam perjalanannya di semesta DC sendiri Peacemaker pernah menjadi villain, kemudian menjadi antihero, bahkan mentor bagi para superhero muda seperti Blue Beetle Jaime Reyes.

3 Captain Atom

Captain Atom adalah salah satu superhero komik pertama yang digambarkan mempunyai kekuatan nuklir. Konon dialah yang menjadi inspirasi untuk menciptakan anggota terkuat Watchmen yang bernama Doctor Manhattan. Nah walaupun saat ini Captain Atom terkenal sebagai salah satu karakter terkuat DC, tetapi faktanya dia berasal dari komik lain sama seperti Blue Beetle dan Peacemaker, yaitu Charlton Comics. Ketika DC memperkenalkan ulang karakternya di semesta yang sama dengan Superman, Captain Atom lantas diceritakan menjadi pemimpin cabang Justice League Eropa yang wilayahnya terbentang sebesar benua.

2 The Authority

The Authority adalah tim superhero yang diceritakan punya cara kejam dalam mencapai misinya untuk melindungi Bumi. Meraka tidak akan segan-segan menghancurkan negara atau membunuh kepala pemerintahan agar semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana Authority. Keunikan ini lantas menjadi alasan DC membeli tim dan para karakter supernya dari komik lain yang disebut Wildstorm Comics. Ada pun anggota Authority yang paling terkenal di antaranya adalah sang pemimpin Apollo yang memiliki kekuatan cahaya setelah terlibat dalam eksperimen bioengineering. Selain itu ada juga Midnighter yang punya cara-cara brutal untuk mengalahkan para musuhnya.

1 Grifter

Cole Cash alias Grifter adalah salah satu sekutu lama Batman sekaligus karakter DC yang ternyata dibeli dari komik lain, yaitu Wildstorm Comics. Pada kisah New 52, Grifter diperkenalkan sebagai anggota dari tim WildC.A.T.S. Sejak saat itu dia pernah juga diceritakan menjadi pengawal pribadi Lucius Fox yang punya kedekatan khusus dengan Bruce Wayne, kemudian pernah juga harus menghadapi organisasi rahasia Gotham yang disebut Court of Owls. Secara kekuatan Grifter kurang lebih mirip seperti Red Hood yang sering menggunakan pisau atau pistol ketika beraksi. Bedanya Grifter dibekali juga dengan kekuatan super seperti mampu menyembuhkan diri sendiri, telekinesis, dan telepati.

Itulah sepuluh karakter dari komik lain yang sekarang eksis di semesta DC. Para karakter ini menandakan bahwa pencapaian DC sampai hari ini tidak lepas dari akuisi terhadap komik-komik lain yang sebenarnya sudah cukup besar sebelum dibeli. Hasilnya sekarang ada banyak sekali karakter yang membuat DC lebih meriah bahkan mungkin dari penerbit-penerbit komik lainnya. Karena pada dasarnya DC sendiri dibangun dari banyak penerbit komik yang telah cukup matang dengan kisah dan karakternya masing-masing.

Exit mobile version