Akhir-akhir ini tidak sedikit penggemar Hollywood yang menjuluki sutradara Zack Snyder sebagai ‘Spesialis Director’s Cut’. Pasalnya pada tahun 2021 lalu film Zack Snyder’s Justice League yang berdurasi lebih dari empat jam membuat hampir semua orang berpikir bahwa versi director’s cut tersebut lebih baik dari versi aslinya yang rilis tahun 2017. Sekarang, tampaknya Snyder punya rencana lain untuk mewujudkan director’s cut dari film lainnya yang sempat tidak tampil maksimal, yaitu Sucker Punch yang rilis dua belas tahun lalu.

Sucker Punch sendiri adalah film garapan sutradara Zack Snyder yang rilis perdana pada tahun 2011 silam. Mengusung genre fantasi psikologis, plot filmnya sendiri menceritakan upaya seorang wanita bernama Babydoll (Emily Browning) untuk kabur dari rumah sakit jiwa. Dalam prosesnya dia diceritakan memasuki serangkaian dunia fantasi agar semua tujuannya tercapai. Meskipun menghadirkan efek visual yang cukup unik dan menarik, tetapi karya Snyder ini gagal secara finansial dan dianggap sebagai salah satu film terburuk oleh sutradara Quentin Tarantino.

sucker punch director's cut

Terlepas dari berbagai respons negatif terhadap filmnya pada saat itu, baru-baru ini Zack Snyder mengungkapkan kepada Letterboxd bahwa dia masih ingin merilis Sucker Punch versi director’s cut. Menurutnya, salah satu alasan mengapa filmnya menuai banyak kritik dan mengalami kegagalan adalah karena studio merasa ending aslinya terlalu aneh sehingga pada akhirnya dia terpaksa melakukan sejumlah perubahan yang tidak sesuai dengan visinya.

“Di ending aslinya ketika Babydoll duduk di kursi ruang bawah tanah bersama Blue, ketika polisi menyinari dia, set tiba-tiba pecah dan dia berdiri untuk menyanyikan sebuah lagu di atas panggung. Blondie dan semua orang yang telah terbunuh, turut bergabung dalam euforia. Dia terjebak dalam lingkaran kemenangan yang tak terbatas. Anehnya [ending tersebut] tidak optimis dan optimis pada saat bersamaan. Seperti itulah nuansa aslinya. Kami mengujinya dan studio menganggapnya terlalu aneh, jadi kami mengubahnya,” ungkap Snyder.

Untuk saat ini baik studio Lionsgate Pictures maupun perusahaan distribusi Warner Bros memang masih belum menanggapi gagasan terkait Sucker Punch director’s cut. Walaupun begitu sutradara Zack Snyder tampaknya merasa cukup yakin bahwa director’s cut dapat memberikan keadilan terhadap filmnya tersebut. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Apakah film Sucker Punch layak mendapatkan kesempatan kedua? Saat ini filmnya sendiri bisa kalian saksikan di saluran streaming Apple TV+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.