Sejak melakukan debutnya tahun 1960-an, Nick Fury telah menjadi salah satu karakter paling populer di Marvel Universe. Di mana dia bertindak sebagai agen rahasia a la James Bond yang melakukan berbagai misi terkait para manusia super. Sampai hari ini setidaknya ada dua versi utama yang telah diperkenalkan Marvel, yaitu Nick Fury Sr dan Nick Fury Jr. Meskipun banyak yang menganggap mereka bukan superhero, pada kenyatannya Nick Fury memiliki berbagai kekuatan super yang menarik. Dalam artikel kali ini kita akan membahas berbagai kekuatan super dari para Nick Fury di semesta Marvel termasuk MCU!

Keabadian Terbatas

Seperti yang sudah disinggung di atas, versi utama yang pertama kali melakukan debutnya di Marvel Universe adalah Nick Fury Sr, tepatnya di komik Sgt. Fury pada tahun 1963. Pada saat itu dia hanyalah seorang mata-mata yang memimpin organisasi rahasia SHIELD. Seiring berjalannya waktu, kisahnya mulai bersinggungan dengan para superhero Marvel, khususnya super soldier seperti Captain America. Pada titik inilah Nick Fury Sr mendapatkan kekuatan super pertamanya yang berasal dari Infinity Fomula.

kekuatan super nick fury

Fomula yang mirip serum super soldier ini mau tidak mau harus diberikan kepada Nick Fury Sr karena dia sempat mengalami luka parah. Hasilnya dia menjadi sosok yang memiliki keabadian terbatas serta kondisi puncak seorang manusia, termasuk daya tahan, kekuatan, dan refleks yang lebih unggul dari manusia biasa. Untuk keabadian terbatas sendiri artinya dia mempunyai umur yang lebih lambat dan tidak akan mati karena usia. Dengan kata lain Nick Fury, Sr. adalah sosok yang akan terus awet muda selama tidak dibunuh.

Nah kekuatan super inilah yang kemudian menurun kepada anaknya Nick Fury Jr, yang melakukan debutnya di komik Battle Scars pada tahun 2011. Penggemar MCU sendiri mungkin lebih mengenal versi junior ini sebagai Nick Fury yang diperankan oleh aktor Samuel L. Jackson. Di Marvel Universe, dia sama sekali tidak membutuhkan Infinity Fomula, karena semua kekuatan supernya sudah mengalir secara alami dalam DNA-nya.

Kesadaran Kosmik

Khusus untuk versi senior, Nick Fury juga pernah diceritakan mendapatkan kekuatan super lain yang jauh lebih superior. Tepatnya pada tahun 2014 di komik Original Sin #8, di mana semuanya bermula ketika Nick Fury Sr diceritakan melakukan penyelidikan atas kematian entitas kosmik Uatu the Watcher. Fury sadar bahwa untuk mengetahui pembunuhnya dia harus mencuri mata Uatu dan menggunakannya sendiri. Hal ini lantas memberinya kekuatan kosmik dan nyaris mengalahkan Doctor Midas yang telah membunuh Uatu.

Mirisnya tindakan Nick Fury Sr tersebut pada ahirnya dianggap sebagai bagian dari kejahatan, sehingga para Watchers lain menghukum dan memaksanya untuk mengawasi seluruh timeline dan multiverse sebagai Fury the Unseen. Pada titik inilah Nick Fury Sr digambarkan memiliki kesadaran kosmik untuk melihat semua yang terjadi di Marvel Universe, tetapi dia dilarang untuk ikut campur. Kesadaran kosmik ini hilang setelah Uatu bangkit kembali dan mengambil semua kekuatan super Nick Fury Sr.

Bujuk Rayu Maut

Dari komik sekarang kita beralih ke live action Nick Fury di MCU, tepatnya versi junior dari Samuel L. Jackson. Belum lama ini dia baru saja menyelesaikan salah satu misi tersulitnya untuk menghentikan invasi bangsa alien Skrull di series Secret Invasion. Sampai seriesnya berakhir, Fury memang tidak digambarkan memiliki kekuatan luar biasa layaknya Super Skrull G’iah yang di dalam tubuhnya mengalir DNA para Avengers. Walaupun begitu, Jackson pernah mengungkapkan satu kekuatan super yang dimiliki oleh karakternya.

kekuatan super nick fury

Dalam sesi wawancaranya beberapa waktu lalu, Jackson mengatakan bahwa karakternya mempunyai “kekuatan persuasi.” Menurutnya, persuasi atau bujuk rayu yang dimiliki oleh Nick Fury bisa juga disebut sebagai kekuatan super ketika berurusan dengan manusia super. Karena bujuk rayu maut yang dimilikinya, Fury terbukti mampu menyatukan para superhero di MCU. Sampai pada akhirnya dia dikenal sebagai HRD bagi para manusia super, termasuk Avengers, Captain Marvel, Spider-Man, dan lain sebagainya.

Itulah berbagai kekuatan super yang dimiliki oleh Nick Fury di semesta Marvel, baik itu versi senior maupun junior. Dengan berbekal fakta ini sekarang setidaknya kita jadi tahu bahwa julukan pahlawan tanpa kekuatan super tidak cocok untuk Fury. Sebaliknya dia merupakan karakter Marvel dengan sejumlah kekuatan super menarik yang mungkin jarang orang tahu, mulai dari keabadian sampai bujuk rayu maut.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.