Dalam cerita Power Rangers ada berbagai bentuk Zord yang digunakan oleh para Rangers dan salah satunya adalah naga. Beberapa bentuk Zord lainnya adalah harimau, banteng, bahkan gajah. Berbagai Zord binatang tersebut bisa kemudian menyatu dengan Zord lainnya dan kemudian membentuk formasi baru. Dan berbagai Zord tersebut pun bisa kemudian berubah menjadi Megazord.

Yang menarik adalah franchise Power Rangers juga mengadaptasi binatang atau hewan mitologi seperti naga untuk kemudian digunakan sebagai bentuk Zord. Zord berbentuk naga ini sudah muncul beberapa kali dalam alur cerita Power Rangers dan sudah digunakan oleh beberapa Rangers. Berikut adalah Zord naga dalam cerita Power Rangers.

Dragon Zord

zord naga power rangers

Zord naga dalam cerita Power Rangers pertama adalah Dragon Zord. Zord naga ini muncul dalam cerita Power Rangers Ninja Steel dan jadi salah satu Zord utama dalam ceritanya. Dari segi kemampuan, Dragon Zord mampu untuk terbang di udara dan mengeluarkan serangan api untuk menghancurkan musuh-musuhnya. Ketika kemudian menyatu dengan para Zord lainnya, Dragon Zord memiliki peran sebagai tangan kanan, pedang, dan juga tameng dari Ninja Steel megazord. Banyak fans menduga jika ini terinspirasi dari naga yang ada di wilayah Eropa.

Dragon Mechazord

zord naga power rangers

Dragon Mechazord adalah zord milik saang Ranger Merah, Troy, dalam cerita Power Rangers Megaforce. Gosei Dragon Mechazord sendiri bisa dibilang merupakan sebuah Zord Power Rangers naga yang unik, karena jika diperhatikan bentuknya merupakan kombinasi antara seekor naga dan pesawat terbang. Untuk masalah kemampuan sendiri, Gosei Dragon Mechazord juga mampu untuk mengeluarkan nafas aapi serta senjata kendali untuk mengarahkan kepada musuh. Dalam formasi Gosei Great Megazord, Zord naga milik Troy ini mengisi bagian kepala serta bagian tubuh atas.

Dragon Folding Zord

Zord naga dalam cerita Power Rangers selanjutnya adalah Dragon FoldingZord dalam series Power Rangers Samurai. Zord naga ini dikendalikan oleh Kevin yang merupakan Ranger biru. Desain Zord naga dari Dragon FoldingZord ini menarik karena bentuknya sangat mirip dengan naga dalam versi origami. Untuk masalah kekuatan, Dragon FoldingZord mampu mengeluarkan serangan api berwarna biru yang sangat kuat. Ketika bergabung untuk membentuk Samurai Megazord, Dragon FoldingZord bisa memiliki fungsi sebagai kaki kiriĀ  atau pelindung bagian kepala.

Mystic Dragon

Dalam cerita sekuel dari Power Rangers Megaforce, yaitu Power Rangers Super Megaforce, diperlihatkan bagaimana para Rangers memiliki berbagai kemampuan baru. Mereka diperlihatkan mampu untuk mengakses kekuatan dahsyat dari para Rangers dari generasi milik mereka. Yang juga tidak kalah menarik dan epik adalah para Rangers tersebut mampu untuk mengakses para Zord mereka.

Inilah alasannya yang kemudian membuat Mystic Dragon milik Power Rangers Mystic Force muncul dalam seriesnya. Meskipun begitu, penampilan dari Mystic Dragon dalam cerita Super Megaforce sedikit mendapatkan modifikasi sehingga terlihat seperti sebuah Zord yang baru dan berbeda.

Mystic Dragon

Mystic Dragon dalam poin ini merupakan Zord naga yang muncul dalam cerita Power Rangers Mystic Force. Cerita Power Rangers Mystic Force menghadirkan sesuatu yang berbeda, terutama dari konsep Zord. Berbeda dengan cerita Power Rangers pada umumnya di mana Zord merupakan kendaraan dari para Rangers yang digunakan dalam situasi genting, dalam cerita Mystic Force para Zord merupakan wujud perubahan atau transformasi dari para Rangers.

zord naga power rangers

Para Rangers akan berubah ke bentuk raksasa dengan menggunakan kemampuan sihir yang mereka kuasai. Mystic Dragon pun merupakan sebuah Zord yang unik karena merupakan hasil kombinasi dari empat Zord utama; Mystic Garuda, Mystic Sprite, Mystic Minotaur, dan Mystic Mermaid. Mystic Dragon pun bisa bergabung yang kemudian membentuk Titan Megazord.

Red Dragon Thunderzord

Red Dragon Thunderzord bisa dibilang adalah salah satu zord naga paling populer dan legendaris mengingat zord ini muncul di musim kedua series Mighty Morphin Power Rangers. Red Dragon Thunderzord sendiri merupakan perubahan drastis dari Zord milik Tommy Oliver sebelumnya, yaitu Dragonzord. Perubahan wujud dari Dragonzord itu merupakan kekuatan baru yang didapatkaan para Rangers di musim terbaru.

zord naga power rangersDari segi bentuk atau desain, Red Dragon Thunderzord memiliki kemiripan dengan seekor naga jika dibandingkan zord naga lainnya dalam daftar ini. Red Dragon Thunderzord memiliki kemampuan untuk terbang dan memiliki kemampuan untuk yaitu Warrior Mode. Warrior Mode sendiri merupakan sebuah mode pertarungan atau mode bertarung di mana Red Dragon Thunderzord akan mampu bertarung dengan luar biasa dengan senjata tongkat andalannya.

Dragonzord

Selain menjadi Zord naga paling populer dan ikonik dalam cerita Power Rangers, Dragonzord juga bisa dibilang adalah salah satu Zord paling populer di franchise ini. Dragonzord merupakan Zord yang dikendalikan oleh Tommy Oliver dalam cerita Mighty Morphin Power Rangers. Namun, ada hal menarik dan unik dari Dragonzord milik Tommy ini.

Meskipun namanya adalah Dragonzord, tetapi secara bentuk justru Zord ini leebih mirip seperti dinosaurus. Namun, kemudian bentuknya mengalami perubahan di musim kedua. Dragonzord memiliki senjata dahsyat yang biasa Tommy gunakan yaitu Dragon Dagger. Dragonzord pun merupakan Zord yang paling kuat jika dibandingkan yang lainnya.

Keunikan dari para Zord dalam cerita Power Rangers terletak dari bentuknya. Dan salah satu bentuk Zord yang unik adalah naga. Beberapa poin di atas menunjukan bahwa ada berbagai Zord epik yang bentuknya terinspirasi dari naga.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.