Home MOVIE MOVIE FEATURES Siapa Allan di Film Barbie? Ini Asal-Usulnya!

Siapa Allan di Film Barbie? Ini Asal-Usulnya!

Film live-action Barbie tidak hanya menampilkan sosok Barbie dan Ken melainkan juga para boneka lain termasuk Allan namun, siapa dia sebenarnya? Film adaptasi live-action memang sedang menjadi tren dalam satu dekade terakhir, di mana banyak rumah produksi berusaha menghadirkan versi live-action dari berbagai hal. Contohnya adalah Barbie yang merupakan adaptasi dari mainan anak-anak Barbie.

Film tersebut disutradarai oleh Greta Gerwig dan resmi tayang sejak 19 Juli kemarin. Filmnya sendiri berfokus pada Barbie yang berusaha untuk mencari jati dirinya sendiri di dunia luar. Selain menghadirkan Barbie serta Ken, kita juga disuguhkan berbagai karakter dari mainan Barbie lainnya. Salah satu yang menarik adalah Allan. Lalu, siapa sebenarnya Allan dalam dunia Barbie?

Sahabat Ken dan Miliki Banyak Versi

Allan merupakan boneka Barbie yang pertama kali diperkenalkan pada 1964. Allan sendiri merupakan boneka pendamping sekaligus sahabat dari Ken. Dan ada fakta menarik mengenai sosok Allan. Jika Barbie merupakan nama yang terinspirasi dari anak perempuan Ruth Handler, yang merupakan pencipta Barbie, yaitu Barbara Handler, maka Allan terinspirasi dari menantu Ruth Handler.

Allan kemudian mulai dijual pada 1964 dan diperkenalkan sebagai sahabat dari Ken, yang mana pakaiannya bisa ditukar dengan milik Ken. Pada 1991, ejaan dari Allan kemudian dirubah menjadi Allan. Diketahui Allan memiliki beberapa varian seperti halnya Ken dan Barbie. Misalnya boneka Allan yang memperlihatkan dia ketika hari pernikahannya, The Wedding Day Allan (9067).

allan barbie

Allan sendiri merupakan suami dari sahabat Barbie yaitu Midge dan bonekanya menjadi bagian dari seri Wedding party Midge Gift Set (9852). Mattel sempat membuat versi lain dari seri ini yaitu Festa de Casamento Allan yang dirilis khusus di Brazil. Namun, dalam versi ini Allan diperlihatkan menjadi suami dari karakter bernama Viky. Dan boneka Allan versi ini diproduksi oleh Estrela Toys di bawah pengawasan dan lisensi dari Mattel.

Di tahun 1992, boneka Allan dan Midge sempat muncul dalam sebuah booklet yang memperlihatkan mereka memegang sepasang bayi kembar. Mereka mengenakan pakaian casual yang sama, dengan Midge memegang bayi perempuan mereka dan Allan memegang bayi laki-laki. Namun, menurut informasi yang ada boneka tersebut tidak pernah dirilis oleh pihak Mattel.

Allan di Era Modern

Pada Desember 2002, Mattel merilis seri Barbie Happy Family. Dalam seri ini, para penggemar melihat keluarga kecil Allan yaitu Allan, Midge, dan anak laki-lakinya Ryan. Boneka Allan dijual bersama dengan boneka sang anak, Ryan. Dan yang menarik, Ryan memiliki dua versi boneka; versi kulit putih dan juga versi Afrika-Amerika. Serta ada kereta bayi khusus untuk Ryan.

Menurut situs Barbie.com, boneka Midge yang hamil merupakan “benda yang sangat baik untuk digunakan para orang tua bersama anak-anak mereka dalam situasi peran keluarga.” Meskipun begitu, sayangnya seri Barbie Happy Family ini menimbulkan banyak sekali kontroversi di kalangan orang tua. Bahkan, supermarket Walmart menghentikan penjualan mainan tersebut, termasuk Ryan.

Selanjutnya, pada 2004, Barbie merilis boneka lainnya dari Allan dan Ryan di mana kembali ada dua versi yaitu versi kulit putih dan Afrika-Amerika. Tema dari boneka tersebut adalah ‘Ulang Tahun Pertama Bayi Midge dan Allan, Nikki. Juga, ada sebuah gift set yang bernama Happy Family Hometown Fair Gift yang dirilis bersamaan dengan tema tersebut. Dalam seri Happy Family Shopping Fun Midge, Nikki & Baby (C5970) memperlihatkan jika ada bayi lagi setelah Nikki. Untuk saat ini, diketahui jika Mattel tidak lagi menghadirkan seri atau tema lainnya dari boneka Allan.

Allan Dalam Film Barbie

Allan menjadi salah satu karakter Barbie populer lainnya yang juga muncul di film ini, selain Midge atau pun Ken #2. Karakter Allan sendiri diperankan oleh Michael Cera. Karakter Allan dalam film ini memang tidak terlalu sering muncul, karena pada dasarnya Allan merupakan karakter sampingan. Namun, banyak yang menganggap jika kemunculan Allan di film ini sama menariknya dengan kemunculan Barbie. Terlepas dari berbagai kontroversi Allan sejauh ini, namun dia tetap menjadi salah satu boneka yang cukup populer.

Exit mobile version