Sukses dengan MCU’ Guardians of the Galaxy dan DC’ The Suicide Squad, saat ini James Gunn tengah sibuk bekerja sebagai co-CEO DC Studios bersama Peter Safran. Deretan proyek reboot DC Universe yang dicanangkan Gunn dan Safran diharapkan dapat mengejar ketertinggalan jagat sinemanya dari Marvel. Sekarang untuk menjamin keunikan reboot DC Universe mendatang, James Gunn baru saja menyampaikan kritik pada waralaba film superhero malas dan secara tersirat berjanji tidak akan melakukan hal yang sama.

Di kalangan sutradara film superhero sendiri James Gunn memang terkenal mempunyai cara pandang yang ‘out of the box‘. Yang paling terasa adalah idealismenya dalam memperkenalkan superhero yang anti mainstream dan tidak terlalu populer. Hal tersebut terbukti dari para anggota tim MCU’ Guardians of the Galaxy dan DC’ Suicide Squad yang pada dasarnya tidak terlalu heroik dan dikenal. Namun pada akhirnya mereka justru lebih disukai oleh sebagian besar penggemarnya yang merasa relate dengan para karakternya.

James Gunn kritik film superhero

Kritik terhadap waralaba film superhero yang menurutnya malas ini baru saja James Gunn sampaikan dalam podcast Inside of You with Michael Rosenbaum di YouTube. Menurutnya kualitas film superhero jauh lebih penting daripada kuantitas. Kritiknya ini dia layangkan kepada orang-orang yang malas dengan cerita tayangan superheronya. Misalnya seperti membuat sekuel demi sekuel lantaran film superhero pertamanya sukses di pasaran dan disukai banyak penggemar.

“Menurut saya yang terjadi sekarang adalah orang-orang menjadi sangat malas dengan cerita superheo. Di mana mereka sampai pada titik, ‘Inilah superhero, ayo kita buat film tentang itu’. Dan mereka kemudian, ‘Oh, ayo kita buat sekuelnya, karena yang pertama cukup bagus’. Mereka sama sekali tidak berpikir tentang mengapa ceritanya spesial? Apa inti dari semuanya? Mengapa karakternya penting? Apa yang membuat cerita ini berbeda sehingga memenuhi kebutuhan orang-orang yang menonton di bioskop atau televisi (layanan streaming)?” ungkap Gunn.

Selain menyampaikan kritik kepada para sineas film superhero malas, James Gunn sebelumnya juga sempat mengungkapkan bahwa DC Universe akan berbeda dari film superhero lain, khususnya MCU. Hal ini dia lakukan untuk menjaga jarak dengan MCU agar para penggemar DC bisa mendapatkan sesuatu yang berbeda dan tentunya lebih menarik. Kita lihat saja nanti apakah Gunn bisa membuktikan janjinya ini saat reboot DC Universe dimulai pada tahun-tahun selanjutnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.