Di dunia One Piece yang sangat kaya, sistem bounty adalah elemen penting yang tidak terpisahkan dari kehidupan bajak laut seperti Luffy D. Luffy dan kawan-kawan. Ditetapkan oleh World Goverment berdasarkan tingkat ancamannya, ada sejumlah karakter yang nilai buruannya bahkan mencapai miliaran Belly. Namun hal tersebut tidak berlaku pada tujuh karakter One Piece yang akan kita bahas kali ini, di mana mereka punya bounty underrated atau di bawah nilai yang seharusnya. Dengan mengesampingkan mantan Shicibukai yang nilai buruannya sempat dibekukan, berikut ini tujuh karakter One Piece paling underrated!

Sabo (602.000.000 Belly)

Karakter tangguh pertama yang punya bounty underrated dalam cerita One Piece sejauh ini adalah Sabo, saudara angkat Luffy yang kini menjadi pemilik kekuatan Buah Iblis Mera Mera no Mi setelah Ace. Secara nilai, bounty Sabo memang termasuk besar, tetapi terlalu kecil jika dibandingkan dengan bajak laut Worst Generation. Meskipun kekuatan apinya belum sehebat Ace, tetapi sejatinya Sabo adalah orang nomor dua di Revolutionary Army yang dipimpin oleh Monkey D. Dragon. Mengingat Revolutonary Army adalah salah satu musuh utama World Goverment, seharusnya nilai Bounty Sabo jauh lebih besar. Salah satu alasannya mungkin karena pergerakan Sabo jarang diketahui oleh World Goverment.

Emporio Ivankov (Sekitar 100.000.000 Belly)

Emporio Ivankov adalah pemilik kekuatan Buah Iblis Horu Horu no Mi dan salah satu anggota berpengaruh di Revolutionary Army yang keberadaannya cukup mengancam World Goverment. Meskipun nilai buruan Ivankov di One Piece saat ini menyentuh angka ratusan juga, tetapi bounty ini terbilang underatted. Seperti yang kita tahu dia adalah seorang bajak laut tangguh sekaligus pemimpin Kerajaan Kamabakka yang pernah memicu kerusuhan di Impel Down. Ivankov bahkan terbukti telah terlibat langsung dalam pertempuran besar Marineford. Lagi-lagi alasannya sama seperti Sabo, yaitu karena sepak terjang Ivankov tidak seheboh para bajak laut Worst Generation.

Mr. 3 (24.000.000 Belly)

Faldino alias Mr. 3 adalah tahanan lainnya yang sempat membuat rusuh di Impel Down bersama Ivankov dan Buggy the Clown, tetapi anehnya dia masih punya nilai bounty yang underrated di dunia One Piece. Jika dibandingkan dengan Buggy yang sekarang menjadi Yonkou, nilai buruan mantan antek Crocodile ini sangatlah rendah bahkan belum melebihi bounty pertama Luffy pasca mengalahkan Buggy, Don Krieg, dan Arlong. Faktanya kekuatan Buah Iblis Doru Doru no Mi miliknya pernah berhasil menaklukkan dua raksasa dengan bounty seratus juta. Nilai buruan kecil yang Mr. 3 dapatkan ini disebabkan karena dia terlalu takut untuk menarik perhatian orang lain apalagi World Goverment.

Jesus Burgess (Sekitar 20.000.000 Belly)

Jika Jesus Burgess adalah seorang bajak laut biasa, sebenarnya tidak ada yang salah dengan nilai buruannya. Karena memang sampai saat ini kekuatannya belum diungkap sepenuhnya, selain fakta bahwa dia dikenal sebagai Champion yang memiliki kekuatan luar biasa di arena pertarungan Dressrosa. Namun mengingat sekarang dalam cerita One Piece Jesus Burgess adalah salah satu anggota bajak laut Blackbeard, bounty yang dimilikinya terlalu underrated bahkan di bawah Mr. 3 yang memang tidak ingin terlihat menonjol. Mungkin karena keberadaannya masih terhalangi oleh popularitas anak buah Blackbeard lainnya, untuk sekarang World Goverment masih belum sadar dengan ancamannya.

Don Krieg (17.000.000 Belly)

Saat ini Don Krieg memang belum pernah terlihat lagi di One Piece, tetapi pada awal petualangan Luffy dialah salah satu sosok bajak laut yang diceritakan menguasai East Sea. Terkenal sebagai ahli strategi yang arogan, Krieg terbilang mempunyai pengikut yang sangat banyak sampai membuatnya menjadi salah satu bajak laut yang memiliki armada besar. Pada saat itu bahkan jika Mihawk tidak menggulingkan tiraninya di lautan, mungkin Krieg akan terus memperbesar armadanya sampai ke tingkat Shicibukai. Hal ini jugalah yang akhirnya membuat bounty Krieg terasa underrated, karena dia layu sebelum mekar dalam cerita One Piece yang sesungguhnya.

Mr. 4 (3.200.000 Belly)

Sama seperti Mr. 3, Mr. 4 adalah salah satu antek Crocodile yang punya bounty underrated jika melihat kemampuannya di cerita awal One Piece. Karakter yang punya nama asli Babe ini sebenarnya mempunyai kekuatan fisik yang sangat luar biasa, di mana dia pernah membuat Usopp hampir mati karena gegar otak hanya dengan sekali pukul. Meskipun bukan pemakan Buah Iblis, tetapi dia punya seekor perliharaan yang mewakilkan hal tersebut untuknya. Anjingnya yang bernama Lasso awalnya adalah sebuah pistol yang memakan Buah Iblis Inu Inu no Mi model Dachshund. Banyak yang percaya penyebab bounty Mr. 4 terlalu rendah adalah karena dia IQ-nya yang rendah.

Tony Tony Chopper (1.000 Belly)

Terakhir dan yang paling underrated di antara semuanya adalah kru bajak laut Topi Jerami’ Tony Tony Chopper yang sampai sekarang punya nilai bounty sangat rendah di One Piece. Meskipun belum lama ini nilai buruannya naik dari 100 menjadi 1.000 Belly pasca Wano Arc, tetapi bounty ini sangat tidak layak untuk Chopper yang punya peran penting sebagai dokter di kru Topi Jerami. Faktanya alasan mengapa World Goverment menghargainya dengan sangat rendah adalah karena mereka mengira Chopper hanya seekor hewan peliharaan. Selain itu Marine juga belum pernah melihat wujud monster Chopper, karena siapa pun yang melihatnya biasanya tidak akan punya tenaga untuk melapor.

Itulah tujuh karakter dengan bounty paling underrated di One Piece. Karakter seperti Chopper, Jesus, Ivankov, dan Sabo memang masih mempunyai ruang untuk terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu, dan bukan tidak mungkin ke depannya bounty mereka juga akan terus meningkat. Yang jadi pertanyaan adalah apakah nilai buruan mereka nanti akan menjadi ‘layak’. Karena yang jadi masalah di sini bukan hanya sekadar nilainya, tetapi juga cara World Goverment melihat mereka sebagai ancaman. Kita nantikan saja kejutan selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.