Setelah sukses dengan film Marvel’ Guardians of the Galaxy dan DC’ The Suicide Squad, pada tahun lalu sutradara James Gunn berhasil mengejutkan penggemar dengan jabatan barunya sebagai co-CEO DC Studios bersama Peter Safran. Dengan posisinya tidak sedikit orang yang berharap dia bisa menjadi jembatan antara MCU dan DC Universe pada masa mendatang. Menariknya James Gunn sendiri sangat setuju dengan ide crossover Marvel dan DC, bahkan baru-baru ini dia sampai menyebutkan kapan hal tersebut bisa terwujud.

Sebelumnya Gunn memang sempat mengatakan bahwa untuk saat ini membuat film yang berkualitas sekaligus menyenangkan jauh lebih penting daripada rivalitas DC dan Marvel. Walaupun begitu dia tidak menampik ide tentang crossover antara kedua jagat sinemanya. Faktanya dia mengaku telah beberapa kali melakukan pembicaraan terkait ide tersebut dengan sahabatnya yang merupakan presiden Marvel Studios yaitu Kevin Feige. Namun untuk sekarang Gunn sendiri menyarankan kepada kita semua untuk bersabar karena membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk bisa mewujudkannya.

Dalam sesi wawancara terbarunya dengan Deadline Hollywoodsaat tengah melakukan promosi film teranyarnya Guardians of the Galaxy Vol. 3, James Gunn mengungkapkan bahwa paling cepat crossover Marvel dan DC mungkin akan terwujud dalam sepuluh tahun ke depan. “Saya pikir hal seperti itu mungkin baru bisa diwujudkan dalam kurun waktu sepuluh tahun [ke depan]. Bukan sekarang. Karena kita punya banyak film DC yang perlu kita ceritakan [lebih dahulu]. Tetapi ya, menurut saya itu akan sangat keren.” ungkapnya.

Sebagai co-CEO DC Studios, Gunn dan Peter Safran sendiri memang sudah dipastikan akan mengelola jagat sinema DC yang baru selama sepuluh tahun ke depan. Di mana mereka sudah pernah menyampaikan deretan film menarik untuk ‘Chapter One: Gods and Monsters’ yang akan memperkenalkan inkarnasi baru para superhero DC. Termasuk Superman, Batman, Supergirl, Green Lantern, Booster Gold, Swamp Thing, tim super nyeleneh Creature Commandos, The Authority, dan masih banyak lagi.

Mungkin yang ingin James Gunn tegaskan dalam pernyataannya kali ini dia ingin lebih fokus terlebih dahulu dengan Chapter One DC Universe, baru setelah itu dia akan kembali memikirkan ide crossover antara jagat sinemanya dan Marvel Cinematic Universe. Sepuluh tahun tentunya bukan waktu yang sebentar, kabar baiknya masih ada banyak film menarik lainnya yang bisa kita saksikan terlebih dahulu, khususnya di DC Universe. Beberapa di antaranya adalah serial Creature Commandos (2024) dan film Superman: Legacy (2025).

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.