Di sepanjang sejarah One Piece sejauh ini terdapat beberapa terbesar yang sudah dilakukan oleh Nika yang membuat dia jadi sosok legenda besar. Sosok Nika baru saja diperkenalkan dalam cerita One Piece oleh Eiichiro Oda di mana dia digambarkan sebagai salah seorang dewa pada masa lalu. Karakternya sendiri diperkenalkan dalam arc Wano ketika Who’s Who bertarung menghadapi Jinbe.

Namun, kemudian terungkap jika Luffy kemudian menggunakan atau memiliki buah iblis Nika yaitu Hito Hito no Mi, Model: Nika. Dalam arc tersebut juga dijelaskan jika para Gorosei dan World Government sangat takut dengan sosok Nika. Yang menarik adalah di sepanjang sejarah dunia One Piece terdapat beberapa hal terbesar yang sudah dilakukan oleh Nika. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Menghadapi 20 Kerajaan

Seperti yang disebutkan di atas, dia adalah sosok yang sudah eksis sejak masa lalu. Salah satu hal besar yang dilakukan oleh Nika pada masa tersebut adalah bertarung menghadapi aliansi 20 kerajaan yang menyerang Ancient Kingdom. Nika kemungkinan besar berada di pihak Ancient Kingdom dan bahkan terdapat spekulasi jika dia adalah pemimpin dari kerajaan tersebut.

Sayangnya, memang Nika gagal untuk mengalahkan 20 kerajaan tersebut. Tetapi, yang pasti dia menghadirkan warisan yang luar biasa. Buktinya adalah selama 800 tahun World Government selalu berusaha untuk mencuri buah iblis Nika, namun upaya tersebut selalu gagal. Dan ini juga jadi bukti nyata bagaimana dahsyatnya sosok Nika di mata para Gorosei dan juga orang lainnya.

Membebaskan Budak

Salah satu hal yang membuat Nika banyak dikagumi dan dipuja, bahkan dianggap sebagai dewa adalah karena dia sering memebaskan tahanan dan para budak. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Who’s Who di mana menurut kisah salah satu penjaga penjara jika sosok Nika biasanya akan muncul dan membebaskan para tahanan. Dan banyak orang-orang yang tertindas berharap dan berdoa agar bisa diselamatkan oleh Nika.

Ternyata cerita legenda tentang sosok Nika tersebut terjadi secara turun-temurun dan dari mulut ke mulut. Inilah alasan mengapa kemudian Who’s Who juga sempat berharap Nika akan membebaskannya, meskipun faktanya hal itu tidak terjadi. Terlepas dari apakah bebasnya Who’s Who merupakan bantuan dari Nika atau bukan, yang pasti karakternya sudah dianggap sebagai sosok penyelamat para budak.

Membawa Kebahagiaan

Selain membebaskan para budak, sosok Nika juga dikenal sebagai sosok yang sering membawa kebahagiaan bagi orang-orang di sekitarnya. Nika bahkan dikenal sebagai salah satu orang atau karakter yang paling bahagia di dunia One Piece. Pada masa lalu, ketika semua orang murung dan sedih dengan situasi yang ada sosok Nika selalu muncul dengan tawa dan kebahagiaan untuk menghibur mereka.

Dan hal ini sendiri terbukti di mana Nika adalah karakter yang banyak tertawa. Buktinya adalah siluet dari Nika yang nampak tertawa. Kemudian, ketika Luffy membangkitkan buah iblis Nika, dia pun kemudian berubah menjadi sosok yang banyak tertawa dan bahagia. Dia seolah bersenang-senang dengan kekuatan tersebut. Yang menarik adalah bukan hanya dia sendiri yang bahagia melainkan juga sekitarnya.

Mengalahkan Kaido

Dalam akhir cerita Wano, tepatnya di pertempuran Onigashima, sosok Nika akhirnya kembali setelah menghilang selama 800 tahun. Hal ini terjadi setelah Kaido mengalahkan Luffy dan tanpa disadari Luffy kemudian membangkitkan kekuatan buah iblis miliknya. Kekuatan dahsyat yang diberi nama Gear 5 ini benar-benar sangat dahsyat. Luffy benar-benar menjadi sosok yang baru dan berbeda.

Luffy seolah menyatu dengan sosok Nika atau bisa juga dianggap Nika yang mengambil alih tubuh Luffy. Dan berkat awakening ini juga pada akhirnya Luffy berhasil mengalahkan sosok Kaido, yang sudah 20 tahun tidak terkalahkan. Kaido sendiri seolah tidak percaya dengan apa yang terjadi kepada dirinya. Dia tidak percaya bahwa ada kekuatan yang sangat dahsyat seperti yang diperlihatkan Luffy.

Membebaskan Wano

Dengan Nika yang berhasil mengalahkan Kaido yang sudah berkuasa dan tidak terkalahkan selama 20 tahun di Wano, ini artinya Nika juga sudah berhasil melakukan hal besar lainnya yaitu membebaskan Wano. Kozuki Oden sendiri sempat memprediksi jika akan ada sebuah kekuatan besar yang muncul pada masa yang akan datang dan kemudian membebaskan negara tersebut yang ternyata tidak lain adalah Luffy.

Yang menarik juga adalah Luffy sendiri meminta Momonosuke untuk merahasiakan sosok yang sudah menyelamatkan para penduduk. Dia ingin orang-orang lebih mengenal sosok yang sudah menolong mereka sebagai Nika dan bukan Luffy. Sejauh ini, membebaskan Wano dan mengalahkan Kaido adalah pencapaian Luffy sebagai Nika dan jadi salah satu hal besar yang sudah dilakukan oleh Nika.

Sosok Nika akhirnya kembali setelah 800 tahun menghilang. Dan ternyata Nika kembali dalam sosok Monkey D. Luffy. Setelah apa yang terjadi di Wano, para fans sendiri penasaran dengan kelanjutan cerita Nika. Sebelumnya, diperlihatkan bagaimana Luffy menggunakan Gear 5 untuk menghadapi Rob Lucci. Apakah dia akan kembali menggunakan Gear 5 untuk menghadapi Gorosei dan World Government? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.