Crossover antara Marvel dan DC telah menjadi impian para penggemar sejak lama. Terakhir kali keduanya melakukan kolaborasi adalah ketika merilis komik Justice League/Avengers pada tahun 2003 silam. Nah sekarang tidak sedikit penggemar yang berharap hal serupa bisa diadaptasi juga ke versi live action-nya. Apalagi belum lama ini sutradara MCU untuk trilogi Guardians of the Galaxy, yaitu James Gunn, sudah mulai menjabat sebagai co-CEO DC Studios bersama Peter Safran untuk me-reboot DC Universe.

Sebenarnya baik DC maupun Marvel, mereka pernah beberapa kali menghadirkan easter egg yang mengisyaratkan hubungan antara keduanya di berbagai tayangan layar lebar. Misalnya film Eternals yang sempat menyinggung nama Superman, kemudian ada juga film animasi DC League of Super-Pets yang menyebutkan nama Iron Man. Meskipun berbagai easter egg tersebut sudah cukup menarik untuk fan service, tetapi masih belum bisa dikatakan sebagai crossover yang sesungguhnya. Kabar baiknya, ternyata menurut James Gunn harapan penggemar ini sudah sering dibicarakan dengan presiden Marvel Studios.

Baru-baru ini Gunn berbicara kepada Empire bahwa pada kenyataannya selama ini sudah ada banyak pembicaraan yang menyenangkan terkait crossover DC dan Marvel dengan Kevin Feige. “Saya pikir kita harus mengukuhkan apa yang kita lakukan [di DC] terlebih dahulu. [Namun] bohong jika saya mengatakan bahwa kita belum pernah membahasnya. Semua diskusinya terbilang sangat ringan dan menyenangkan,” ungkapnya.

Dalam sesi wawancara lainnya dengan Fandango saat tengah melakukan promosi film MCU Guardians of the Galaxy Vol. 3, Gunn juga mengatakan bahwa saat ini membuat film yang menyenangkan jauh lebih penting daripada rivalitas DC dan Marvel sendiri. “Saya dan [Kevin Feige] adalah sahabat. Jadi, tentu saja kami berbicara sepanjang waktu. Saya pikir gagasan tentang persaingan antara Marvel dan DC akan selalu ada. Namun yang paling penting bagi saya adalah kami harus memberanikan diri untuk menyajikan pengalaman menonton film [yang sesungguhnya],” kata Gunn.

Mungkin crossover DC dan Marvel ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini, tetapi berdasarkan pernyataan terbaru Gunn tampaknya hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Untuk sekarang kita hanya tinggal menunggu waktu sampai kedua semesta live actionnya sama-sama bisa berdiri lebih kuat, mengingat DC Universe sendiri baru akan mereboot jagat sinemanya mulai tahun depan. So kita doakan saja yang terbaik untuk keduanya ya, Geeks, baik untuk DC Universe maupun Marvel Cinematic Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.