Sosok Shanks dispekulasikan memililiki kekuatan buah iblis yang tersembunyi, lalu apa yang jadi kekuatan buah iblis Shanks? Shanks merupakan seorang bajak laut yang sangat luar biasa dalam cerita One Piece. Meskipun dahulu dia adalah kru dari kelompok bajak laut Gol D. Roger, sekarang Shanks sudah memiliki nama dan popularitasnya sendiri sebagai salah satu dari empat penguasa samudra alias Yonko.

Yang lebih luar biasanya lagi adalah Shanks berhasil mendapatkan semua keberhasilan tersebut tanpa bantuan buah iblis. Sampai sejauh ini, Shanks menjadi satu-satunya Yonko yang tidak memiliki kemampuan tersebut. Namun, terdapat sebuah spekulasi atau teori yang menyebutkan jika Shanks ternyata memiliki kekuatan buah iblis. Seperti apa kekuatannya?

Buah Iblis Shanks

Terdapat sebuah teori yang menyebutkan jika Shanks merupakan pengguna buah iblis Mythical Zoan. Dalam hal ini, Shanks merupakan pengguna dari Uo Uo no Mi, Model: Red Dragon. Buah iblis tersebut mirip seperti yang dimiliki oleh Kaido, hanya saja jenisnya yang berbeda. Dan dari level kekuatan sendiri kekuatan buah iblis Red Dragon mirip seperti Seiryuu milik Kaido.

Terdapat beberapa hal yang dianggap menjadi petunjuk terkait dengan teori tersebut. Misalnya, bagaimana Shanks bisa bersaing dengan nama-nama besar seperti Whitebeard, Kaido, dan bahkan Big Mom. Shanks diduga memiliki kekuatan rahasia yang dahsyat yang mampu menandingi level kekuatan mereka. Hal ini cukup masuk akal mengingat para pengguna Zoan akan mengalami peningkatan kekuatan khususnya fisik.

Petunjuk lainnya adalah bagaimana Shanks bisa dengan cepat berada di Marineford. Dalam peristiwa peperangan tersebut, sebelumnya Shanks diketahui bertarung menghadapi Kaido di New World. Namun, tidak butuh waktu lama bagi Shanks untuk kemudian bisa kembali ke wilayah Grand Line dan pergi ke Marineford untuk menghentikan sosok Akainu. Masih jadi pertanyaan bagaimana Shanks bisa melakukan hal tersebut.

Dalam teorinya, Shanks berubah menjadi Red Dragon atau naga merah dan kemudian terbang melintasi langit untuk kemudian tiba di Marineford. Di sisi lain, naga juga menjadi tema dari kapal mili Shanks dan kelompoknya yaitu Red Force. Dan biasanya, kapal dari bajak laut dalam cerita One Piece mewakili kekuatan atau tema dari sang karakter. Artinya bukan hal mustahil jika kemudian memang Shanks memiliki kekuatan buah iblis naga.

Shanks sendiri kemungkinan memakan buah iblis tersebut setelah keluar dari desa Fusha. Karena, saat itu, Shanks diperlihatkan masih memiliki kemampuan untuk berenang demi menyelamatkan Luffy. Tentunya akan sangat menarik jika kemudian membuktikan apakah dia benar-benar merupakan pengguna buah iblis tersebut, misalnya ketika bertarung menghadapi Blackbeard.

Potensi Buah Iblis Lainnya

Selain Uo Uo no Mi, Model: Red Dragon yang muncul dalam teori di atas, ada kemungkinan juga jika Shanks memiliki kekuatan buah iblis lain. Hal ini bisa dilihat dari Shanks dan kelompok bajak lautnya yang mencuri buah iblis Gomu Gomu alias buah iblis Nika. Menurut Who’s Who, dia dahulu merupakan bagian dari kelompok CP-9 sebelum kemudian dia dipenjara karena gagal untuk menjaga buah iblis Gomu Gomu.

Hal tersebut diperlihatkan di chapter Romance Dawn yang menjadi cerita awal serinya. Namun, sayangnya, buah iblis tersebut kemudian tidak sengaja dimakan oleh Luffy. Dan akhirnya, kita melihat sosok Luffy yang tangguh dengan kemampuan Gomu Gomu seperti sekarang. Mengapa kemudian Shanks dan kelompoknya mencuri Gomu Gomu?

Salah satu spekulasi yang menarik adalah Shanks dan kelompoknya memang sengaja mengumpulkan buah iblis di seluruh dunia. Memang, tujuannya mungkin terdengar mirip seperti Blackbeard. Yang membedakan adalah Shanks melakukan hal itu untuk mencegah ada orang yang tidak bertanggung jawab memakan buah iblisnya.

Shanks mungkin sengaja mencuri Gomu Gomu dan kemudian menyimpannya di suatu tempat. Selain Gomu Gomu, mungkin dia juga pernah mencuri atau mengumpulkan buah iblis lain yang pada akhirnya menjadi salah satu sumber kekuatannya tanpa kita ketahui selama ini. Bahkan, kru Rambut Merah lainnya juga bisa jadi memiliki kekuatan buah iblis yang disembunyikan.

Terdapat beberapa potensi buah iblis lain yang juga bisa dimiliki oleh Shanks. Contohnya adalah Pika Pika no mi milik Kizaru atau bahkan Magu Magu no Mi milik Akainu. Dengan kemampuan dari kedua karakter itu membuat Shanks mungkin akan semakin bertambah kuat, mengingat Pika Pika no Mi memberikan kecepatan yang dahsyat. Sedangkan Magu Magu akan memberikan kekuatan penghancur yang dahsyat berkat serangan meteor yang ada.

Oda Sensei juga bisa menghadirkan buah terbaru selain Uo Uo no Mi, Model: Red Dragon yang kemudian jadi milik Shanks. Dengan begitu, tentunya akan semakin banyak buah iblis yang diperkenalkan dalam ceritanya. Apakah Shanks akan mengungkapkan kekuatan buah iblisnya tersebut? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.