Terdapat sebuah teori menarik yang menghadirkan informasi mengenai alur cerita yang diduga adalah bocoran ending dari series One Piece di forum Reddit. Series karya Eiichiro Oda ini tengah memasuki fase terakhir dari ceritanya setelah berjalan selama kurang lebih 25 tahun. Perjalanan panjang tersebut sudah membuat Oda menghadirkan banyak hal untuk para fansnya.

Namun, satu hal yang menarik dari One Piece adalah berbagai teori yang muncul di kalangan fans. Ini menjadi salah satu hal yang membuat One Piece terus hidup selama lebih dari dua dekade. Dan ini juga yang membuat para fans banyak berlomba untuk menerka apa yang kemudian akan dihadirkan di akhir ceritanya. Beberapa waktu lalu, seorang Redditor bernama ‘Gohdroger’ mengunggah teorinya yang dianggap memberikan “bocoran” dari ending cerita One Piece.

Luffy Kembali Ke Masa Lalu

Teori yang dihadirkan oleh Gohdroger mengenai alur cerita selanjutnya dari One Piece terbagi dalam beberapa bagian. Untuk yang pertama, dijelaskan jika Luffy akan kembali ke masa lalu tepatnya ke masa 900 tahun yang lalu. Momen ini diperkirakan akan terjadi kurang lebih di chapter 1100. Dia akan pergi ke masa lalu menggunakan bantuan tiga buah iblis, yaitu buah iblis Nika, buah iblis Nikyu Nikyu, dan milik Bonney.

Dalam teorinya, Luffy akan bertemu dengan dua saudaranya yaitu Pangeran Im dan juga adiknya yaitu Pangeran Dyras. Dyras merupakan sosok yang jauh lebih ceria dan aktif sedangkan sosok Im justru sebaliknya, di mana dia lebih bijak dan dewasa. Im diketahui diam-diam bekerja sama dengan pihak luar, yaitu 20 kerajaan yang ada, untuk kemudian merencanakan penyerangan.

Hal ini setelah dia mengetahui justru Dyras yang akan jadi pemimpin selanjutnya. Teorinya juga menjelaskan jika ternyata kerajaan tersebut (yang sekarang dikenal sebagai Laugh Tale) adalah sebuah kerajaan yang luas. Bahkan, disebutkan jika luas dari kerajaan ini hampir mencakup seluruh wilayah daratan di dunia mulai dari Elbaf, Wano, hingga Whiskey Peak.

Pulau Lode Star bukan bagian kerajaannya. Namun, ini adalah titik terakhir jika ada seseorang ingin pergi menuju ibu kota kerajaan besar tersebut. Im sendiri terkejut ketika mendengar ada sosok lainnya yang memiliki detak jantung yang sama selain Dyras. Luffy dan Dyras sendiri diperlihatkan sangat mirip, dengan Dyras memiliki bekas luka di bagian sisi pelipis mata yang lainnya.

Buah iblis Nika yang dimiliki oleh Luffy saat ini ternyata awalnya merupakan milik Dyras. Luffy sendiri kemudian kembali ke masa sekarang. Im sendiri kemudian ingat tentang sosok Shanks muda yang mengenakan topi jerami. Dia menduga jika Shanks muda adalah sosok yang diajak bicara oleh Dyras 900 tahun lalu.

Berbagai Peristiwa Penting

Selain teori bagaimana Luffy akan pergi ke masa lalu, Gohdroger juga membeberkan berbagai peristiwa penting yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Misalnya, bagaimana alur cerita selanjutnya adalah Elbaf. Dalam mini arc ini, beberapa momen akan terjadi. Contohnya Robin akan bertemu dengan Saul lagi. Kemudian, Luffy akan bertemu dengan sosok King Loki.

Kemudian, peristiwa lainnya yang akan terungkap adalah asal-usul peristiwa besar Ancient Kingdom di mana kerajaan tersebut dihancurkan oleh Uranus. Dalam teorinya, Uranus adalah sebuah kapal luar angkasa yang kemudian dipersenjatai dan mampu menciptakan kehancuran besar. Sumber daya dari Uranus sendiri diduga adalah listrik. Meskipun begitu, Uranus diteorikan gagal untuk menghancurkan Ancient Kingdom.

Terlepas dari hal tersebut, efek dari Uranus sangat terasa di mana Ancient kingdom kemudian terpecah menjadi berbagai pulau. Dan juga akibat dari hal tersebut es yang menutupi permukaan lautan justru hancur dan mencair. Dengan level air laut yang meningkat banyak dari wilayah yang menjadi bagian dari Ancient kingdom akhirnya harus tenggelam dan kemudian hancur serta menghilang.

Yang juga menarik adalah teorinya menyebutkan siapa nama Poseidon sebelumnya, yaitu Agashi. Dengan menggunakan Noah, Agashi memindahkan berbagai artefak dari Ancient Kingdom untuk disembunyikan di pulau manusia ikan. Salah satunya adalah permintaan maaf dari Dyras terhadap Agashi. Dyras mengatakan bahwa dalam 900 tahun kedepan akan ada sosok yang melanjutkan misinya dan membawa kehangatan matahari.

Im sendiri dispekulasikan melakukan operasi keabadian setelah dia mempermuda usianya. Dyras alias Joy Boy pertama akhirnya berhasil dikalahkan, namun kabar kemunculan joy Boy lainnya dalam 800 tahun kedepan diketahui Im. Ini yang kemudian diduga jadi pemicu dia melakukan Grean Cleansing. Poneglyph kemudian disebar ke seluruh dunia dan Wano memutuskan menutup perbatasannya. World Government akhirnya dibentuk. Pluton tenggelam dan menghilang, Uranus disembunyikan di suatu tempat, dan Poseidon tidak ada lagi.

Teorinya kemudian menjelaskan tentang asal-usul buah iblis, di mana awalnya hanya ada empat buah iblis di dunia. Yaitu buah iblis dewa matahari, buah iblis dewa hujan, buah iblis dewa tanah, dan buah iblis dewa langit/udara. Monkey D. Dragon adalah pemilik dari buah iblis dewa hujan. Karena buah iblis berasal dari hasrat manusia, ini juga yang jadi alasan terbentuknya Yami Yami no Mi karena keinginan untuk melihat kehancuran.

Gohdroger menjelaskan jika alasan mengapa Blackbeard bisa memiliki kekuatan lebih dari satu buah iblis adalah karena dia memiliki beberapa jantung. Im sendiri juga diketahui merupakan pengguna buah iblis tanah. Pemilik keempat buah iblis dewa diteorikan akan bergabung untuk bersatu menghadapi Blackbeard. Berbicara mengenai perang, Gohdroger menyebutkan jika ada perang besar antara Shanks dan Blackbeard. Serta akan ada kematian yang muncul.

Penjelasan One Piece

Dalam rentetan teori yang dihadirkan oleh Gohdroger, dia juga memberikan teorinya mengenai One Piece. Menurut teorinya, ada alasan mengapa kemudian Ancient Kingdom atau Kingdom of the Sun menghilang yaitu mencegah pertempuran besar yang akan terjadi pada masa itu. Ancient Kingdom terbagi ke dalam dua bagian, yaitu Kingdom of the Sun yang menguasa wilayah Barat dan kerajaan yang berkuasa di timur.

Berkaitan dengan One Piece, Gohdroger menjelaskan mengapa Roger gagal untuk kemudian melanjutkan petualangannya setelah mencapai Laugh Tale. Dalam teorinya, Roger gagal untuk menembus perbatasan atau pagar yang terbuat dari material yang sama dengan Poneglyph. Dyras sudah menyiapkan teka-teki atau pertanyaan yang akan menjadi kunci untuk bisa masuk ke wilayah utama Ancient Kingdom.

Sesampainya Luffy dan kru Topi Jerami di Laugh Tale, mereka akan mampu masuk kesana di mana seluruh warnanya dan materialnya adalah emas. Dan yang paling penting adalah di sana juga terdapat sebuah benda yang disebut sebagai ‘One Piece.’ Benda luar biasa yang disebut sebagai ‘One Piece’ tersebut ternyata adalah sebuah Fusion Reactor, benda yang mengeluarkan energi dahsyat yang mampu menandingi kekuatan dari matahari.

Dijelaskan juga ternyata topi jerami yang digunakan oleh Roger dan diwariskan kepada Shanks serta diberikan kepada Luffy sebenarnya adalah petunjuk besar. Ini adalah petunjuk untuk menuju kunci gerbang yang akan membuka jalan menuju Laugh Tale dan Ancient Kingdom. Inilah alasan mengapa kemudian Shanks meminta Luffy untuk menjadi lebih kuat dan berusaha untuk mengungkap semua rahasia besar dunia.

Catatan Penting

Perlu menjadi catatan penting untuk Geeks semua bahwa yang dihadirkan oleh Gohdroger di situs Reddit merupakan alur cerita yang dia buat sendiri dan belum pasti adalah alur cerita dari ending One Piece. Dalam postingan perdana dari teori ini di Reddit, Gohdroger sendiri sudah menjelaskan bahwa “bocoran” ending dari One Piece ini adalah teori dan merupakan headcannon atau sebuah karya imajiner yang dia hadirkan berdasarkan dari informasi yang ada atau dia karang sendiri.

Dari apa yang dihadirkan sejauh ini, teori yang dihadirkan oleh Gohdroger merupakan perpaduan antara teori yang populer di kalangan fans, informasi yang sudah dihadirkan oleh Oda sejauh ini di berbagai media, serta imajinasi yang luar biasa dari sang kreator. Yang menarik adalah banyak yang kemudian meyakini jika ini adalah benar-benar akhir cerita yang akan dihadirkan oleh Oda Sensei.

Selain menghadirkan cerita bocoran untuk ending One Piece, Gohdroger juga menghadirkan teori tentang berbagai peristiwa lainnya. Contoh yang paling baru adalah dia mencoba untuk menghadirkan teori mengenai apa yang terjadi saat insiden God Valley. Yang menarik adalah Situs Reddit sendiri saat ini sudah menghapus thread milik Gohdroger dan sang kreator saat ini pindah ke platform Twitter.

Tidak diketahui apa yang jadi alasan Reddit menghapus thread dari Gohdroger. Namun, kabarnya Gohdroger dianggap memberikan “potensi spoiler” bagi cerita One Piece. Di sisi lain, Gohdroger juga dicari keberadaanya oleh pengacara dari Eiichiro Oda dan timnya. Dan sampai saat ini, dia masih terus menghadirkan berbagai teori lainnya. Bagaimana menurut kalian mengenai teori bocoran ending One Piece ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.