Marvel Universe adalah semesta komik superhero yang di dalamnya ada banyak sekali karakter dengan kekuatan yang luar biasa, termasuk kekuatan kosmik yang dapat membuat penggunanya tampak seperti sosok Mahakuasa. Kekuatan kosmik ini berasal dari sumber-sumber tertentu yang memberikan kekuatan dan kemampuan luar biasa kepada para karakter Marvel, baik itu superhero, supervillain bahkan orang biasa sekalipun. Berikut adalah lima sumber kekuatan kosmik terbesar di Marvel Universe, yang terbukti dapat secara drastis mengubah seseorang menjadi entitas kosmik yang sakti mandraguna!

Infinity Stones

Infinity Stones, atau yang sering disebut juga Infinity Gems, adalah salah satu sumber kekuatan kosmik paling kuat di Marvel Universe. Di setiap alam semesta, setidaknya ada enam Infinity Stones yang masing-masing mewakili aspek kehidupan yang berbeda, yaitu Space, Reality, Power, Mind, Time, dan Soul. Ketika semuanya digunakan secara bersamaan, Infinity Stones ini dapat memberikan kekuatan yang tidak terbayangkan kepada siapa pun yang memilikinya. Hal ini pernah dibuktikan oleh sang Mad Titan Thanos, ketika dia mengumpulkan kemudian menggunakan Infinity Stones dengan dengan Infinity Gauntlet-nya untuk memusnahkan setengah kehidupan di alam semesta.

Phoenix Force

Phoenix Force dikenal sebagai salah satu entitas kosmik tertua yang sering digambarkan sebagai simbol penciptaan sekaligus kehancuran di alam semesta. Tidak ada yang tahu secara pasti apa sebenarnya tujuan Phoenix Force di Marvel Universe, tetapi dalam pengembaraannya tidak jarang dia justru malah menjadi sumber kekuatan kosmik bagi makhluk hidup lain. Sejauh ini karakter Marvel yang terkenal sebagai pengguna Phoenix Force adalah anggota X-Men bernama Jean Grey. Dengan Phoenix Force, Jean mampu meningkatkan kekuatan telepati dan telekinesisnya secara drastis, memanipulasi api, melakukan teleportasi kosmik, bahkan melakukan perjalanan waktu ke masa depan.

Power Cosmic

Sumber kekuatan kosmik selanjutnya yang sangat penting di Marvel Universe adalah Power Cosmic. Kekuatan yang satu ini biasanya hanya dimiliki oleh para entitas kosmik raksasa seperti Celestial dan Galactus. Khusus untuk Galactus sendiri dia cukup sering memberikan sebagian kekuatannya kepada para Herald of Galactus, seperti Silver Surfer. Power Cosmic ini dapat memberikan kekuatan yang tak terbatas kepada pemiliknya, termasuk kekuatan dan kecepatan super, mengendalikan materi dan energi, serta memanipulasi waktu. Sayangnya kekuatan ini juga memiliki konsekuensi, karena pemiliknya harus rela melepas kehidupannya dengan menjadi antek Galactus yang hobi memakan planet di alam semesta.

Yggdrasill

Yggdrasill adalah pohon legendaris dalam mitologi Nordik yang melambangkan kesatuan kosmos. Di Marvel sendiri, Yggdrasill dianggap sebagai salah satu sumber kekuatan kosmik terbesar yang pernah ada. Sebagai All-Father Asgard, Odin selalu memanfaatkan kekuatan kosmik Yggdrasill untuk menjaga keseimbangan alam semesta. Karena pada dasarnya pohon kehidupan ini memungkinkan pengguna kekuatannya untuk memanipulasi realitas sampai pada tingkatan yang Mahakuasa. Dalam salah satu kisah Marvel, saat Doctor Strange diceritakan berhasil mengakses Yggdrasill dan menggunakan kekuatannya untuk melawan Loki, dia terbukti menjadi sosok yang jauh lebih superior dari Sorcerer Supreme.

Enigma Force

Sumber kekuatan kosmik terakhir di daftar ini adalah Enigma Force, kekuatan misterius yang sering dikaitkan dengan karakter Marvel Universe bernama Captain Universe. Captain Universe sendiri adalah karakter yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi elemen dan energi, terbang, serta kekuatan dan kecepatan super yang tak terbatas, tentunya semua itu dia dapatkan dari Enigma Force. Pada tingkat yang lebih ekstrem Enigma Force konon mampu mengendalikan kehidupan dan kematian di seluruh alam semesta. Selain Captain Universe, beberapa karakter Marvel lainnya yang pernah menggunakan kekuatan kosmik ini adalah Cosmic Spider-Man, Hulk, dan juga Silver Surfer.

Itulah lima sumber kekuatan kosmik yang sangat luar biasa di Marvel Universe. Berdasarkan kelima sumber kekuatan ini, cukup jelas bahwa kekuatan kosmik tidak boleh jatuh ke tangan yang salah. Karena siapa pun yang mendapatkannya dapat langsung menggunakannya untuk tujuan apa pun, entah itu untuk melindungi dunia bahkan mungkin menghancurkannya. Bisa dibilang kekuatan kosmik adalah kekuatan luar biasa yang dapat mengubah seseorang menjadi sosok yang paling ditakuti sekaligus dihormati di seluruh alam semesta.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.