Tahun ini film animasi Spider-Man: Across the Spider-Verse dimaksudkan untuk tayang sebagai sekuel langsung dari film sukses Spider-Man: Into the Spider-VerseSama seperti sebelumnya, di sekuelnya nanti Miles Morales akan diceritakan bertemu dengan sejumlah varian Spider-Man di Spider-Verse atau multiverse Marvel. Bedanya karena kali ini Miles yang pergi ke luar dari semestanya, ada lebih banyak varian yang bisa muncul. Beberapa di antaranya mungkin akan mempunyai bentuk yang sangat aneh dan tidak terbayangkan sebelumnya, seperti para varian Spider-Man yang akan kita bahas kali ini.

Tsum Tsum Spidey

Banyak di antara kita yang mungkin tidak percaya bahwa di Marvel Universe ada varian Spider-Man aneh yang bentuknya seperti boneka guling menggemaskan. Faktanya, pada tahun 2016, Marvel pernah memperkenalkan Spider-Man versi Tsum Tsum alias boneka khas Disney, yang mungkin lebih kuat dari versi utama Spider-Man alias Peter Parker. Muncul sebagai guling yang mempunyai kekuatan layaknya Spider-Totem, seperti mengeluarkan jaring untuk berayung dari gedung ke gedung, Tsum Tsum mempunyai kemampuan hebat lainnya yang memungkinkan dia menggandakan diri dengan tidak terbatas.

Doppelganger

Dari varian menggemaskan, sekarang kita beralih ke varian mengerikan yang bentuknya terbilang sangat aneh jika dibandingkan Spider-Man utama. Doppelganger merupakan makhluk eksperimen yang diciptakan oleh supervillain Magus untuk tujuan mengejek Peter Parker. Meskipun bentuknya mirip seperti saat Peter mempunyai empat lengan tambahan di ketiaknya, tetapi Doppelganger adalah sosok brutal berwajah buruk rupa yang memilih menjadi sekutu bagi penjahat seperti Carnage dan Shriek. Walaupun Doppelganger bisa memahami ucapan orang lain, tetapi faktanya dia jarang berbicara. Hal ini mengindikasikan bahwa dia lebih layak disebut monster daripada ‘manusia’ laba-laba.

Spiders-Man

Jika biasanya kita melihat aksi dan penampilan dari para manusia dengan kekuatan laba-laba, ada satu kisah Marvel berjudul Spider-Geddon yang justru memperlihatkan varian aneh Spider-Man sebagai laba-laba berkekuatan manusia. Berlangsung di Earth-11580, kisah Spiders-Man bermula ketika Peter Parker diceritakan jatuh ke dalam kolam radioaktif yang lantas mengurai fisiknya menjadi ribu bahkan mungkin jutaan laba-laba. Untuk menyembunyikan identitasnya, koloni laba-laba ini kemudian memilih mengenakan kostum Spider-Man agar orang lain tetap melihatnya sebagai seorang superhero manusia.

Webslinger

Dalam sejarah Marvel, Peter Parker memang pernah beberapa kali mengalami mimpi buruk di mana fisiknya berubah menjadi laba-laba sungguhan. Pada kenyataannya di semesta utama sendiri sebenarnya ada satu varian aneh Spider-Man yang benar-benar menjadi laba-laba raksasa karena kutukan. Kisah anak muda malang tanpa ini dimulai ketika dia tergila-gila pada hewan laba-laba, di mana kegemarannya tersebut lantas membawanya ke Webwood dan bertemu dengan Widow of of the Web. Pada titik inilah dia dikutuk menjadi penjaga Webwood sebagai laba-laba raksasa. Mirisnya, meskipun sering bertindak sebagai superhero, tetapi karena bentuknya, orang lain selalu menganggapnya sebagai villain.

Spider-Ham

Tidak diragukan lagi bahwa Spider-Ham adalah salah satu varian Spider-Man yang paling populer di kalangan penggemar walaupun bentuknya aneh. Karakter bernama asli Peter Porker ini bahkan sempat mempunyai serial komiknya sendiri yang berjudul The Amazing Spider-Ham. Di film Spider-Man: Into the Spider-Verse sendiri, Spider-Ham sudah pernah menampakkan dirinya sebagai varian dari Larval Earth yang isinya para hewan kartun. Sesuai dengan namanya, Spider-Ham sendiri adalah seekor babi humanoid yang digigit laba-laba radioaktif, sehingga menjadi Spider-Totem yang kekuatan utamanya adalah Spider-Nonsense, yaitu mengubah menjadi kartun yang sulit mati, layaknya Tom & Jerry.

Spider-Animals

Selain Spider-Ham yang berbentuk babi kartun humanoid, ada tiga varian minor Spider-Man lain yang justru punya bentuk aneh seperti hewan sungguhan. Yang pertama adalah Spider-Wolf, Spider-Man versi warewolf dari Earth-13989 yang hanya diperlihatkan dalam keadaan mati di kisah Spider-Verse. Kemudian Spider-Monkey, monyet laba-laba yang eksis di semesta para hewan primata, yaitu Monkeyverse. Dan terakhir Spider-Cat dari Earth-999 yang tidak lain adalah kucing berkostum Spider-Man. Secara kekuatan mereka mempunyai kemampuan layaknya Spider Totem yang digabung dengan kemampuan hewan masing-masing.

Ituah para varian Spider-Man yang mempunyai bentuk aneh sekaligus lain daripada yang lain. Mulai dari yang menggemaskan sampai yang menakutkan, karena penampilan aneh inilah penggemar biasanya akan langsung sadar dengan keberadaan mereka ketika muncul dalam panel komik atau kisah Spider-Man lain. Untuk sekarang masih belum diketahui apakah Spider-Ham akan kembali di Across the Spider-Verse, yang jelas di trailernya kita sudah bisa penampilan cameo dari Spider-Wolf dan Spider-Monkey. Bukan tidak mungkin varian lainnya juga akan muncul ketika filmnya dirilis tanggal 2 Juni 2023 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.