Selain superhero, genre horor juga masih primadona. Berbagai studio terus berlomba-lomba membuat film horor berkualitas. Meski dibuat untuk menakut-nakuti penonton, tetapi film horor memang menyimpan pesonanya tersendiri. Hal itu terbukti dari beberapa film horor yang ada dalam daftar ini, yang menjadi film horor terlaris sepanjang masa. Apa saja? Simak berikut ini Geeks!

The Omen

The Omen menjadi film horor fenomenal yang rilis tahun 1976. Filmnya menceritakan tentang pasangan Robert Thorn dan Katherine yang mengadopsi bayi lucu bernama Damien. Awalnya, kehidupan mereka biasa saja. Namun setelah lima tahu bersama, rentetan peristiwa aneh mulai terjadi. Seorang pastur bernama Brennan kemudian muncul dan mengaku bahwa dia tahu siapa Damien sesungguhnya. Bahkan Brennan menyarankan Robert dan Katherine untuk membunuh Damien. Film yang dibintangi oleh Gregory Peck, Lee Remick, dan Harvey Stephens ini sangat sukses. Di tahun perilisannya, The Omen mampu mendapat pendapatan $257 juta, sebuah angka fantastis di tahun tersebut.

What Lies Beneath

Film yang dibintangi Harrison Ford dan Michelle Pfeiffer ini menceritakan tentang kehidupan pasangan suami istri bernama Claire Spencer dan Dr. Norman Spencer yang berubah drastis setelah mereka kedatangan tetangga baru. Salah seorang tetangga baru tersebut menghilang, dan Claire mulai menemukan kejanggalan dari kejadian tersebut. Diawali dengan potongan artikel koran dari meja Norman yang mengarah kepada tetangganya yang menghilang. Apa yang sebenarnya terjadi? Film ini dirilis pada tahun 2000 dan berhasil mendapat pendapatan $259 juta. Padahal anggaran pembuatan What Lies Beneath dikabarkan hanya menghabiskan $100 juta saja.

Alien

Rasanya semua orang sudah mengetahui film satu ini. Yap, Alien digarap oleh sutradara kondang, Ridley Scott. Sesuai judul, filmnya menampilkan sosok alien ikonik bernama Xenomorph. Xenomorph muncul dan mulai meneror para awak pesawat bernama Nostromo. Makhluk tersebut dapat masuk ke dalam kapal itu setelah dia menanam telur di salah satu awak kapal. Dan ketika telurnya menetas, Xenomorph tersebut mulai meneror. Film ini sangat sukses kala itu karena berhasil mendapat pendapatan $286 juta di tahun 1979, sebuah angka yang sangat fantastis kala itu. Selain mendapat pendapatan yang masif, filmnya juga berhasil mendapat Oscar untuk kategori Best Effect.

The Amityville Horror

Film ini diadaptasi dari kisah nyata tentang keluarga Lutz yang mendapat teror di rumah bernama Amityville yang sangat terkenal. Dan tak lama setelah teror tersebut, keluarga Lutz mengundang pastor Delaney untuk memberkati rumah tersebut. Namun berbagai kejadian aneh terjadi, mulai dari penyakit yang tiba-tiba diderita sang pastor, hingga berbagai cairan yang keluar dari dinding. Ternyata, rumah tersebut “terkutuk” sejak lama. Film ini memang menyajikan salah satu peristiwa terseram di Amerika Serikat. Dengan Stuart Rosenberg, filmnya mampu masuk nominasi oscar untuk kategori Best Original Score. Menariknya, film ini berhasil mendapat pendapatan $310 juta.

Jaws 2

Jaws 2 adalah sekuel dari film pertama. Tetapi film ini tidak lagi disutradarai oleh Steven Spielberg melainkan oleh Jeannot Szwarc, sementara naskahnya ditulis oleh Carl Gottlieb dan Howard Sackler. Film ini menceritakan tentang pulau Amity yang kembali dilanda teror ketika hiu putih ganas muncul. Brody dan kedua putranya yang tengah berlayar juga harus berurusan kembali dengan hiu putih tersebut, dan mencoba menyelamatkan diri. Meski Jaws 2 terasa berbeda tanpa tangan dingin Steven Spielberg, tetapi Jaws 2 berhasil mendapat pendapatan sebesar $312 juta. Padahal anggaran pembuatan filmnya diperkirakan hanya $20 juta saja.

It

Apa jadinya ketika Badut yang sering menjadi objek hiburan justru menebar teror di sebuah kota? Well, itulah premis yang coba diangkat dalam film ini. Film besutan Andy Muschietti ini sangat sukses di bioskop. Dilansir Collider, It berhasil mendapat pendapatan sebesar $328 juta. Padahal anggaran pembuatannya tidak sampai $35 juta. Berdurasi 135 menit, It menceritakan tentang teror yang dialami anak-anak di kota Derry. Sebuah hantu bandut menyeramkan sering muncul dan memakan korban. Darisitulah sebuah kelompok bernama The Losers Club dibentuk untuk menginvestigasi peristiwa yang terjadi. Setelah sukses dengan film pertama, Warner Bros pun tak ragu untuk membuat sekuelnya, It Chapter Two.

Gremlins

Tidak ada yang menyangka jika film satu ini bakal menjadi film horor terlaris sepanjang masa. Gremlins adalah sebuah film horor komedi yang menceritakan tentang makhluk lucu bernama Gizmo yang menjadi monster. Gizmo menjadi monster menyeramkan setelah sang pemilik gagal mematuhi 3 aturan penting untuk memelihara Gizmo. Bersama dengan Kate, Billy berpetualang untuk mencegah sekaligus membasmi para monster seram ini yang telah menewaskan sejumlah orang. Meski plotnya terdengar sederhana, tetapi Gremlins mampu memikat para penonton dan berhasil mendapat pendapatan $409 juta di tahun 1984.

The Sixth Sense

Pada tahun 1999, M. Night Shyamalan berkesempatan membuat film horor berjudul The Sixth Sense. Film ini dibintangi oleh Bruce Willis, Haley Joel Osment, dan Toni Collete. The Sixth Sense bercerita tentang seorang psikolog anak bernama Malcolm Crowe yang harus menyembuhkan pasiennya, seorang anak laki-laki yang mengidap halusinasi. Ia mampu melihat orang mati di sekitarnya. Darisitulah berbagai hal aneh mulai terjadi dan Malcolm Crowe harus mencari cara untuk menghentikannya. The Sixth Sense menjadi salah satu film horor terbaik yang pernah dibuat, dan film ini mampu mendapat pendapatan $518 juta saat perilisannya.

The Exorcist

The Exorcist adalah film horor terkenal yang dirilis tahun 1973. Filmnya menceritakan tentang kehidupan Regan Mcneil, seorang gadis berusia 12 tahun yang kehidupannya terusik oleh iblis jahat. Iblis jahat itu sering membuat Mcneil mengalami kejadian mengerikan, terutama setelah dia pindah ke rumah baru di New York. Sadar bahwa sang anak mengalami hal mengerikan, ibu Mcneil memanggil pendeta untuk mengeluarkan iblis jahat dari tubuh anaknya. Film ini sangat sukses kala itu, dan berhasil mendapat pendapatan $996 juta. Sutradara William Friedkin sukses membawakan film ini sebagai salah satu film horor terlaris kedua sepanjang sejarah.

Jaws

Sebagian dari Geeks tentunya pernah menyaksikan film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini. Film ikonik ini menceritakan tentang seekor hiu putih yang muncul dan menggangu kehidupan penduduk pulau Amity. Seorang penjaga pantai bernama Brody kemudian mengajak ilmuwan laut dan pemburu hiu untuk menghentikan teror yang terjadi. Film ini penuh dengan teriakan, rongrongan putus asa, dan air laut yang berubah menjadi merah. Spielberg mampu membawa nuansa mencekam tanpa banyak menghadirkan momen hiu yang muncul. Pada akhirnya film ini mampu mendapatkan pendapatan $1.1 miliar, angka yang sangat fantastis kala itu hingga sekarang.

Itulah dia Geeks beberapa film horor terlaris sepanjang sejarah. Film-film itu berhasil merajai genre horor, dan membuktikan bahwa film horor memiliki jumlah pononton yang masif.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/