Tony Stark memulai debutnya di MCU pada tahun 2008 lewat film Iron Man. Setelah itu, popularitasnya semakin melejit, sehingga Marvel Studios melanjutkan kisahnya dalam beberapa sekuel, seperti Iron Man 2 (2010) dan Iron Man 3 (2013). Sayangnya, penampilan Tony Stark harus berakhir dalam film Avengers: Endgame, di mana karakternya diceritakan tewas setelah aksi heroiknya mengalahkan Thanos.

Beberapa waktu lalu, banyak kabar yang menyebut bahwa Robert Downey Jr. akan mengulangi perannya sebagai Tony Stark alias Iron Man di MCU. Berbagai proyek seperti series Ironheart, dan Armor Wars dikabarkan menjadi jalan kembali bagi Tony Stark, termasuk film Avengers: Secret Wars, yang bakal menghadirkan banyak karakter di dalamnya.

Tetapi baru-baru ini, petinggi Marvel Studios membantah kabar tersebut.
Saat melakukan sesi wawancara dengan io9, Stephen Broussard (VP Production & Development Marvel Studios), membahas tentang generasi baru yang bersiap melangkah di MCU. Dan karena generasi baru itulah, karakter lama seperti Tony Stark alias Iron Man yang diperankan Robert Downey sudah tidak adalagi dalam rencana Marvel Studios untuk kembali dimunculkan.

“Saya pikir, salah satu narasi di Phase 4 adalah tentang karakter baru. Itu tentang orang-orang baru yang mengambil alih gelar lama. Jika anda melihat, seperti Cassie Lang (dalam Ant-Man 3), mendapat kostum pahlawan, dan Kate Bishop (dalam series Hawkeye) diperkenalkan seperti Jack di Werewolf by Night.” Ungkap Stephen Broussard.

Broussard kemudian menambahkan. “Setelah 10 tahun pertama penceritaan Marvel, semuanya diwariskan, seperti halnya dengan Robert Downy J.r yang tidak ada dalam rencana kita. Jadi ini seperti menyiapkan generasi baru yang bakal melangkah ke depan, sama seperti yang terjadi di komik.”

Robert Downey Jr. dan beberapa aktor lama MCU, seperti Chris Evans dan Scarlett Johansson memang tidak memperpanjang kontrak mereka di MCU. Sehingga kecil kemungkinan mereka kembali di masa depan. Padahal menghadirkan bintang lama sangat potensial untuk dilakukan, seperti yang terjadi dalam film Spider-Man: No Way Home yang menghadirkan aktor lama Spider-Man yaitu Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/