Selama ini, film Marvel memang didomimasi oleh dua studio besar, yaitu Marvel Studios dengan MCU, dan Sony Pictures dengan SSU. Keduanya berlomba-lomba membuat jagat sinematiknya yang menghadirkan banyak karakter Marvel di dalamnya. Tetapi memang kita lebih sering melihat film MCU,  karena biasanya, Marvel Studios merilis 3 film dalam satu tahun. Tetapi Geeks, sebenarnya ada lebih banyak film-film MCU yang bertebaran, selain dari dua studio di atas. Bahkan film-film tersebut sudah ada jauh sebelum MCU dan SSU lahir. Berikut adalah beberapa film klasik Marvel yang pernah dibuat. Apa saja?

Howard the Duck

Howard the Duck adalah sebuah film yang dirilis pada tahun 1986 yang menceritakan tentang Howard yang mendatangi Bumi untuk mencegah invasi alien. George Lucas menjadi sosok besar dibalik terciptanya film ini, di mana ia memproduserinya. Sayangnya, Howard the Duck dianggap melenceng dari komik sehingga mendapat kritik buruk. Bahkan Rotten Tomatoes pun hanya memberikan skor 15 persen untuk film ini. Howard the Duck dibintangi oleh Lea Thompson, Tim Robbins, dan Chip Zien yang menjadi pengisi suara Howard. Menariknya nih Geeks, karakter Howard the Duck akhirnya muncul di MCU sebagai cameo dalam film The Guardians of the Galaxy.

The Punisher

Pada tahun 80-an, aktor spesialis film aksi, Dolph Lundgren mendapat kesempatan untuk memerankan Frank Castle dalam film live action pertama The Punisher. Meski nama Dolph Lundgren tengah naik daun kala itu, tetapi itu tidak bisa menyelamatkan film ini dari kegagalan. Sama seperti Howard the Duck, film ini dianggap sebagai film Marvel yang gagal, dan hanya rilis secara terbatas. Filmnya sendiri menceritakan tentang Frank Castle yang berusaha membalaskan dendam atas kematian istri dan anak-anaknya. Dia melawan mafia, dan Yakuza Jepang, dan mulai bersekutu dengan musuh terbesarnya untuk menghadapi ancaman baru yang lebih mematikan.

Captain America

Selain film Captain America di MCU, ternyata di tahun 90-an kita juga bisa melihat versi lain dari Captain America. Tentu saja bukan Chris Evans yang memerankan karakternya, karena ketika itu Captain America diperankan oleh aktor Matt Salinger. Disutradarai oleh Albert Pyun, film ini juga dianggap gagal. Meski diadaptasi dari komik, tetapi ada beberapa perubahan yang dihadirkan, mulai dari Red Skull yang dalam film ini berbahasa Italia, bukan Jerman. Selain itu, ada juga beberapa perubahan pada kisah hidup Steve Rogers alias Captain America. Dalam film ini, kita bisa melihat bagaimana Captain America beraksi untuk menyelamatkan Presiden Amerika Serikat dan keluarganya yang diburu oleh banyak pihak.

Fantastic Four

Tentunya kalian sudah sangat familiar dengan film Fantastic Four yang dirilis tahun 2005 dan film rebootnya di tahun 2015. Tetapi tahukah kalian bahwa ada film Fantastic Four yang pernah dibuat di tahun 1994? Pada tahun tersebut, Marvel pernah membuat film Fantastic Four. Tetapi film tersebut tidak pernah dirilis kepada publik meski telah rampung. Dan sekarang, kita bisa melihat film tersebut di Youtube. Filmnya membintangi beberapa aktor yang tidak terkenal seperti Alex Hyde-White, Jay Underwood, dan Rebecca Staub. Menariknya, produser 20th Century Studios kala itu, Avi Arad pernah menghancurkan hampir semua salinan film ini saking gagalnya.

The Incredible Hulk Returns

Film klasik Marvel terakhir adalah The Incredible Hulk Returns. The Incredible Hulk Returns adalah film pertama dari trilogi film Hulk yang dirilis antara tahun 1988 hingga 1990. Film tersebut dibintangi aktor Bill Bixby yang berperan sebagai David Banner, dan film berdurasi 1 jam 40 menit ini juga disutradarai oleh Nicholas Corea. Tetapi selain menyutradarainya, Corea juga menjadi penulis naskahnya. Film ini mengisahkan tentang perjuangan David Banner (bukan Bruce Banner) yang berupa untuk kembali ke bentuk Hulknya setelah beberapa tahun dia tidak bisa berubah. Meski memiliki triloginya, tetapi film ini tak lepas dari kritik negatif.

Itulah dia Geeks beberapa film klasik Marvel yang pernah dirilis. Meski hampir semua film tersebut berakhir dengan kegagalan, tetapi tentu saja film-film tersebut menjadi pionir dari film Marvel berikutnya. Di antara beberapa film tersebut, mana yang pernah kalian tonton Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/