Sosok Stussy yang ternyata adalah sebuah kloning dari kelompok bajak laut Rocks mungkin akan jadi orang yang menghadirkan sejarah tentang kelompok bajak laut mengerikan tersebut di cerita One Piece. Fakta tentang Stussy ini tentunya menjadi sebuah kejutan besar bagi para fans. Pasalnya, Oda Sensei lebih sering menghadirkan Stussy sebagai anggota dari CP0 dan karakter yang mengerikan.

Seperti yang Geeks ketahui, kelompok bajak laut Rocks adalah kelompok bajak laut yang sudah ada sejak lama. Bahkan, mereka sudah muncul sebelum Gol D. Roger melaut. Kelompok Rocks jadi ancaman besar bagi angkatan laut dan World Government. Namun, sayangnya, sangat sedikit informasi yang dihadirkan tentang kelompok ini. Kemunculan fakta baru tentang Stussy bisa jadi jawaban atas hal tersebut.

Stussy Ungkap Sejarah Rocks Pirates

Nama Rocks D. Xebec sudah muncul jauh sebelum era Roger dan Pirate Great Age dimulai. Namun, tidak banyak nformasi yang diketahui tentang sosok Rocks. Namanya dikenal karena sifatnya yang kejam, serakah, dan mengerikan. Kekejaman dan kengerian dari kelompok bajak laut ini bahkan memaksa World Government harus “menghapus” mereka dari sejarah, sehingga tidak pernah ada yang mengetahui tentang mereka.

Inilah alasan mayoritas angkatan laut, terutama yang masih muda, tidak pernah tahu dan mendengar tentang sosok Rocks. Kelompok bajak laut Rocks sudah mulai aktif sejak lama di dunia One Piece. Menurut informasi yang ada, kru bajak laut Rocks sudah ada sejak 40 tahun sebelum cerita utama One Piece dan 38 tahun sebelum cerita Luffy dimulai. Dan banyak nama-nama besar yang bergabung dengan kelompok ini.

Contohnya adalah Whitebeard, Big Mom, Shiki, Captain John, Kaido, dan beberapa lainnya. Namun, di chapter 1072 kemarin Oda kembali mengungkapkan satu kru Rocks lainnya yaitu Buckingham Stussy. Terdengar familiar? Hal tersebut wajar, karena ternyata sosok Stussy yang dikenal sebagai anggota CP0 merupakan kloning dari bajak laut tersebut. Hal ini terungkap di akhir chapternya ketika dia menyerang Kaku dan juga ketika hendak menyerang Lucci.

Terungkapnya fakta jika Stussy adalah kloning dari salah satu kru bajak laut Rocks sebenarnya merupakan sebuah kesempatan besar bagi Oda. Dia bisa saja menjadi karakter yang menghadirkan informasi atau sejarang tentang bajak laut tersebut. Ini sama halnya seperti Vegapunk yang bercerita banyak tentang petunjuk abad yang hilang dan juga tentunya tentang buah iblis.

Meskipun Stussy adalah kloning, bisa jadi sedikit banyaknya dia ingat atau memiliki kenangan tentang apa yang terjadi puluhan tahun lalu. Apalagi, Vegapunk diketahui menjalin kerja sama dengan Kuma terkait kekuatannya yang bisa mengubah ingatan, kenangan, rasa sakit, dan sebagainya menjadi wujud nyata. Stussy bisa menghadirkan cerita tentang Buckingham Stussy, alasan terbentuknya kru Rocks, atau hal lainnya yang belum diketahui.

Buckingham Stussy Adalah Ilmuwan?

Siapa sebenarnya Buckingham Stussy masih menjadi sebuah rahasia besar. Hal ini wajar mengingat namanya baru muncul di chapter 1072. Meskipun begitu, hal ini tidak menghentikan para fans untuk menghadirkan berbagai teori dan spekulasi. Salah satu yang menarik adalah ada kemungkinan jika dia adalah juga seorang ilmuwan seperti halnya Vegapunk.

Spekulasi ini bukan tanpa alasan memang. Ada beberapa hal yang muncul dan dianggap menjadi sebuah petunjuk. Misalnya, dalam cerita sampul di chapter kemarin kita melihat seluruh anggota dari MADS. Kita melihat versi muda dari Vegapunk, Caesar Clown, Vinsmoke Judge, Queen, dan terdapat satu sosok misterius wanita. Secara penampilan, dia nampak mirip seperti Stussy.

Namun, bisa jadi itu adalah Buckingham Stussy yang merupakan mantan kru bajak laut Rocks. Inilah yang kemudian menjadi salah satu petunjuk yang mendasari spekulasi di atas. Pasalnya, mustahil jika Vegapunk bisa membuat kloning dari Buckingham Stussy tanpa sepengetahuan dan persetujuan dia. Artinya, Buckingham Stussy sangat mengenal Vegapunk atau pun MADS.

Selain Buckingham Stussy adalah ilmuwan yang bergabung dengan MADS, mungkin Vegapunk memiliki koneksi khusus dengan Buckingham Stussy. Seperti halnya Kuma, yang akhirnya setuju untuk mengeluarkan kenangannya dan dibuat dalam wujud nyata, bisa jadi ini juga yang terjadi kepada Buckingham Stussy. Vegapunk memohon agar dia mau dijadikan subyek uji coba tersebut dan setuju.

Rocks Ingin Teliti Buah Iblis?

Dengan asumsi jika Buckingham Stussy adalah kelompok Rocks, mungkin banyak Geeks penasaran untuk apa Rocks membutuhkan sebuah ilmuwan? Seperti halnya Franky atau Usopp, Buckingham Stussy adalah “Franky”dan “Usopp” bagi kelompok bajak laut tersebut. Dia mungkin mendapatkan tugas untuk menciptakan dan meneliti berbagai hal epik, di mana salah satunya bisa jadi adalah buah iblis.

Berbicara mengenai buah iblis, bisa jadi semuanya terkait dengan apa yang terjadi saat insiden God Valley. Sebenarnya, masih menjadi misteri apa yang kemudian menjadi alasan awal mula pertempuran tersebut pecah. Tetapi, dari beberapa detail yang dihadirkan, pada saat kejadian diduga para angkatan laut sedang melindungi kaum naga langit. Mereka melindungi naga langit dari serangan Rocks.

Apa yang jadi tujuan Rocks di pulau tersebut masih jadi misteri. Tetapi, spekulasinya adalah bisa jadi mereka ingin mencari dan meneliti buah iblis sebelum kemudian upaya mereka dihentikan. Mengingat impian Rocks adalah menguasai dunia, rasanya hal tersebut cukup masuk akal. Dan kemudian tekadnya dilanjutkan oleh Blackbeard, yang terus mencari buah iblis untuk membuat krunya bertambah kuat.

Bisa jadi Buckingham Stussy memiliki impian yang sama tentang mengungkap rahasia besar dari buah iblis. Apakah kemudian dia masih hidup? Di mana keberadaanya? Untuk hal itu masih harus menunggu kelanjutan ceritanya dalam waktu yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.