Sosok Scopper Gaban banyak diprediksi akan kembali muncul menjelang akhir cerita One Piece nanti, di mana mungkin dia akan membantu Luffy menuju Laugh Tale. Scopper Gaban bisa jadi akan jadi sosok pembimbing lainnya bagi Luffy. Atau bisa jadi juga dia adalah sosok penting untuk mengungkapkan berbagai rahasia, baik tentang rahasia dunia atau tentang Laugh Tale.

Gol D. Roger merupakan satu-satunya bajak laut yang diketahui mampu mencapai pulau Laugh Tale. Bersama dengan krunya, Roger berhasil melampaui berbagai rintangan yang ada dan berhasil menemukan keempat Road Poneglyph sebelum kemudian dia berhasil menuju Laugh Tale. Setelah itu, dia memutuskan untuk membubarkan krunya. Setelah Rayleigh, Scopper Gaban diyakini para fans akan jadi kru Roger penting selanjutnya yang akan muncul.

Siapa Scopper Gaban

Scopper Gaban adalah salah satu orang kepercayaan dari Roger, selain Silvers Rayleigh. Dia ikut berlayar sampai ke pulau terakhir bersama kru Roger lainnya. Mempertimbangkan statusnya di kru tersebut, ada kemungkinan kalau Scopper Gaban termasuk salah satu kru awal yang bergabung dengan Roger. Sang kapten sendiri menggambarkan Scopper Gaban sebagai salah satu kru terbaiknya, yang bisa diartikan dia sangatlah kuat.

Sayangnya, sama halnya seperti sebagian besar kru Roger lainnya, sosok Scopper Gaban masih diluputi oleh banyak sekali misteri. Kita tidak pernah tahu seberapa besar kekuatan atau seberapa kuat kru dari Roger. Sampai saat ini, kita sendiri masih belum tahu secara pasti seberapa kuat Roger. Namun, dari apa yang diperlihatkan di ceritanya, bisa dipastikan Roger adalah sosok yang kuat.

Hal ini juga kemungkinan berlaku bagi orang-orang kepercayaannya, Rayleigh dan Scopper Gaban. Untuk Rayleigh sendiri kita sudah tahu sedikit tentang kemampuannya di mana dia adalah seorang pengguna Haki yang dahsyat dan juga salah satu ahli pedang. Bagaimana dengan Scopper Gaban? Seperti yang disebutkan di atas, Scopper Gaban bisa jadi adalah sosok yang kuat jika melihat statusnya.

Dan mengingat dia adalah salah satu dari “trio monster” kelompok Roger, artinya bisa jadi dia setara atau mungkin lebih kuat dari Rayleigh. Seperti halnya beberapa karakter seperti Vegapunk, Kozuki Oden, atau bahkan Roger, mungkin Oda Sensei akan memberikan gambaran tentang asal-usul Scopper Gaban di pulau atau arc selanjutnya melalui sebuah momen kilas balik.

Di Mana Scopper Gaban Saat Ini

Bagaimana nasib Scopper Gaban? Apakah dia masih hidup? Di mana posisinya saat ini? Mungkin itulah beberapa pertanyaan besar yang banyak ditanyakan para fans tentang Scopper Gaban. Sampai sekarang, kita tidak pernah tahu bagaimana nasib dari Scopper Gaban pasca Roger membubarkan krunya. Terakhir kali Scopper Gaban muncul dalam kilas balik Kozuki Oden.

Dalam momen tersebut diperlihatkan Roger bertarung melawan Whitebeard di sebuah pulau. Dan Scopper Gaban sendiri nampak bersama Rayleigh bertarung menghadapi kru Whitebeard lainnya. Meskipun nasib Scopper Gaban tidak diketahui, banyak fans meyakini bahwa jika dia masih hidup. Para fans meyakini jika Scopper Gaban sedang menunggu Luffy di pulau terakhir. Sempat juga ada spekulasi bahwa Scopper Gaban akan muncul di Wano.

Setelah bubarnya kelompok Roger, seluruh kru memang bebas untuk menentukan jalannya masing-masing. Kita bisa melihat bagaimana Crocus memilih untuk hidup tenang bersama Laboon. Kemudian kita melihat Rayleigh yang memilih untuk hidup tenang sebagai tukang cat kapal di Sabaody. Ada juga memang kru yang memutuskan untuk mencari ketenarannya sendiri, seperti yang diperlihatkan oleh Shanks dan Buggy.

Apakah Scopper Gaban memilih untuk bersembunyi dan hidup tenang seperti Crocus dan Rayleigh? Bisa jadi. Mungkin, dia saat ini sedang berada di pulau lodestar, pulau terakhir di Grand Line sebelum pulau Laugh Tale. Scopper Gaban bisa jadi sedang menunggu seseorang yang layak untuk bisa pergi ke Laugh Tale. Atau bisa jadi juga dia menunggu di pulau terdekat Laugh Tale untuk menjaga pulau tersebut.

Scopper Gaban Akan Kembali Muncul

Meskipun nasib dari Scopper Gaban saat ini masih misterius, para fans sendiri banyak berspekulasi bahwa dia akan memiliki peran seperti Rayleigh untuk menjadi mentor bagi Luffy kedepannya. Seperti yang kita ketahui, saat timeskip terjadi Rayleigh adalah sosok yang mengajari Luffy bagaimana menggunakan teknik Haki. Dia juga yang melatih Luffy selama dua tahun tersebut.

Mungkin, ini juga yang akan terjadi kepada Scopper Gaban saat bertemu Luffy. Beberapa skenario yang mungkin terjadi adalah Scopper Gaban akan melatih Luffy atau melatih Luffy kemampuan yang belum pernah atau diperlihatkan sebelumnya dalam cerita One Piece. Kemudian, bisa jadi juga Scopper Gaban akan memandu Luffy untuk kemudian bisa pergi ke Laugh Tale.

Setelah dia merasa Luffy pantas untuk melanjutkan perjalanannya menuju Laugh Tale, Scopper Gaban akan memberikan petunjuk untuk bisa sampai ke sana. Atau bisa jadi juga Scopper Gaban adalah sosok penting yang akan membeberkan sejarah yang mungkin baru diketahui. Intinya, sosok penting mantan kru Roger ini akan kembali menjelang serinya berakhir dan akan memiliki peran dalam ceritanya. Kita nantikan saja ya Geeks momen pertemuan antara Scopper Gaban dan Luffy di seri One Piece pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.