Sanji merupakan salah satu sosok terkuat di kru Topi Jerami dalam seri One Piece, namun dari mana kemudian asal kekuatan dahsyat tersebut? Sejak pertama kali diperkenalkan di arc Baratie, Sanji mulai berkembang menjadi salah satu sosok penting di serinya. Apalagi, dia kemudian memutuskan untuk bergabung dengan kru Topi Jerami dan ikut mewujudkan mimpi Luffy.

Sanji merupakan sosok koki terbaik, di mana sejauh ini masih belum ada karakter lain yang sanggup menandingi kelezatan masakannya. Selain ahli dalam hal memasak, Sanji juga diketahui memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Contohnya adalah teknik tendangan Diable Jambe. Namun, pertanyaannya kemudian dari mana asal kekuatan Sanji tersebut?

Kemampuan Alami

Salah satu kemungkinan asal kekuatan Sanji adalah kemampuan alami. Maksudnya, seperti halnya kekuatan Haki yang muncul dalam diri beberapa karakter, semua kekuatan yang Sanji miliki kemungkinan muncul secara alami. Selain Sanji, contoh nyata dari hal ini adalah Roronoa Zoro. Sedari awal, kita diperlihatkan bagaimana Zoro tidak memiliki kekuatan buah iblis atau kekuatan apa pun.

Semuanya muncul secara alami. Inilah yang bahkan membuat Zoro mampu berlatih dengan beban yang sangat luar biasa berat. Melihat hal ini, artinya bukan tidak mungkin jika kemudian Sanji juga memiliki hal yang sama di mana asal kekuatannya muncul secara alami. Mungkin, ini juga yang kemudian membedakan Sanji dan saudaranya yang lain.

Latihan Mandiri

Seperti yang disebutkan di atas, Zoro bisa berubah menjadi kuat seperti sekarang berkat kemampuan alaminya. Dan kekuatan alami tersebut yang membuatnya mampu untuk berlatih secara keras, bahkan sejak dia masih kecil. Dalam ceritanya, Zoro sudah mulai berlatih sejak kecil bersama Kuina. Bahkan, hobinya pun adalah latihan.

Sanji pun bisa jadi demikian. Sejauh ini, memang kita tidak pernah melihat bagaimana Sanji melatih semua kemampuannya. Namun, di sela-sela kesibukannya sebagai koki bisa jadi Sanji selalu menyempatkan untuk berlatih. Satu-satunya momen latihan Sanji yang diperlihatkan di sepanjang seri One Piece adalah ketika dia berada di kerajaan Kamabakka saat timeskip selama dua tahun. Dan latihan tersebut berhasil meningkatkan level kekuatannya.

Ramuan Sora

Vinsmoke Sora merupakan ibu dari Sanji dan juga saudaranya yang lain. Sora adalah satu-satunya orang yang berani menentang Judge untuk menciptakan pasukan tanpa perasaan, yang dia aplikasikan terhadap anak-anak-anaknya, termasuk Sanji. Dalam kilas balik Sanji diperlihatkan salah satu upaya Sora menolak rencana Judge adalah meminum ramuan khusus.

Ramuan atau racikan tersebut diharapkan oleh Sora akan mampu menghentikan proses perubahan yang terjadi secara genetik. Dan seperti yang kita ketahui, Sanji memiliki perbedaan dengan saudaranya. Bisa jadi, ramuan ini juga memberikan efek lainnya. Sehingga, selain mampu menghentikan proses genetik yang dilakukan Judge, ramuan tersebut juga mampu memberikan kekuatan dahsyat.

Rekayasa Genetik

Rekayasa genetik jadi salah satu spekulasi yang paling santer diungkapkan oleh para fans terkait dengan asal kekuatan Sanji. Vinsmoke Judge diketahui berhasil menemukan teknologi Lineage Factor bersama Vegapunk dan kelompok MADS. Teknologi ini dia gunakan untuk menciptakan kloning pasukan Germa. Dan yang paling epik adalah dia melakukan rekayasa genetik terhadap anak-anaknya.

Tujuan dari hal itu adalah menciptakan pasukan tanpa perasaan, di mana anak-anaknya diharapkan bisa jadi mesin pembunuh yang luar biasa. Sepertinya upaya Judge tersebut berhasil, meskipun efek atau hasilnya berbeda dari yang diharapkan. Sanji justru memiliki perasaan layaknya manusia biasa. Namun, inilah yang justru membedakannya dengan saudaranya yang lain.

Dan bahkan ini pula yang membuat Sanji kemudian dianggap sebagai yang paling kuat dari seluruh keluarga Vinsmoke. Bagaimana dan apa rekayasa genetik yang Judge lakukan terhadap Sanji memang masih misteri. Tetapi, salah satu teori yang banyak berkembang jika Judge mungkin memadukan DNA bangsa Lunarian dalam rekayasa genetik yang dia lakukan. Inilah alasannya mengapa Sanji mampu mengeluarkan api dari serangannya.

Sebagai salah satu kru Topi Jerami terkuat jelas Sanji adalah sosok yang tidak bisa diremehkan. Berbagai kemampuan dahsyat dia perlihatkan di sepanjang seri One Piece. Beberapa poin di atas adalah spekulasi mengenai kemungkinan asal dari kekuatan yang Sanji miliki. Bagaimana menurut kalian Geeks, mana kemungkinan yang paling masuk akal?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.