Sebagai salah satu superhero ikonik DC, tidak aneh jika Superman diceritakan mempunyai sejumlah kemampuan hebat yang jarang dimiliki oleh superhero lain. Misalnya kemampuan untuk terbang, mengeluarkan heat vision, menyemburkan napas es, dan tentu saja kecepatan serta kekuatan fisik super yang tidak ada tandingannya. Namun di antara semua keunggulannya, ternyata ada beberapa kekuatan rahasia Superman yang jarang sekali digunakan olehnya. Berikut ini 5 kekuatan rahasia Superman di DC Universe yang terbilang sangat hebat sekaligus unik!

Membuat Tubuhnya Tembus Pandang

Siapa sangka ternyata karakter sekuat Superman mempunyai kekuatan rahasia yang dapat berguna ketika dia ingin menembus suatu objek. Alih-alih menggunakan kekuatan fisiknya untuk menghancurkan tembok, Superman malah menggetarkan tubuhnya sampai ke tingkat molekul, sehingga tubuhnya bisa menembus tembok dan tidak bisa tersentuh oleh apa pun. Kekuatan yang sangat jarang digunakan ini pernah Superman pakai ketika bertarung melawan musuh bebuyutan yang terbukti pernah membunuhnya di kisah Death of Superman, yaitu Doomsday, tepatnya di komik Superman #175 (2001).

Menghilangkan Kekuatan Orang Lain

Di DC Universe, Superman mempunyai banyak sekali musuh yang menyebalkan. Salah satunya adalah Manchester Black, anti hero berkekuatan telekinesis yang sempat menjadi pemimpin kelompok supervillain Elites di Action Comics #775 (2001). Di kisah ini, Manchester sengaja menggunakan kekuatan telekinesisnya untuk menyumbat pembuluh darah di otak Superman agar dia terkena penyakit stroke. Setelah mengetahui bahwa semuanya adalah ulah Manchester, Superman yang telah pulih lantas mendatangi sang anti hero untuk menuntut balas. Di mana dia mengeluarkan heat vision khusus untuk merusak bagian kecil dari otak Manchester sehingga dia kehilangan kekuatannya.

Mengubah Orang Lain Jadi Kryptonian

Selain bisa menghilang kekuatan super orang lain, ternyata Superman juga mempunyai kemampuan rahasia lainnya yang memungkinkan dia untuk mengubah seseorang menjadi kryptonian. Kemampuan unik yang satu ini pertama kali terungkap terungkap di Action Comics #857 (2007), di mana Superman dengan sengaja menembakan sinar berwarna biru, merah, dan kuning ke ayahnya yang tengah berhadapan dengan supervillain Bizarro. Alih-alih babak belur oleh Bizarro, ternyata kekuatan aneh tersebut telah mengubah ayahnya menjadi seorang kryptonian yang diberkahi kekuatan fisik super serta bisa mengeluarkan heat vision dari matanya.

Meledakan Diri

Kemampuan rahasia selanjutnya yang jarang sekali Superman gunakan di DC Universe adalah Super Flare, kekuatan besar yang memungkinkan Man of Steel untuk meledakan dirinya sendiri. Kemampuan untuk meledakan ini pertama kali diperlihatkan di komik Superman #38 (2015), di mana Superman sengaja mengeluarkan energi Matahari yang sangat dahsyat dari tubuhnya saat berhadapan dengan supervillain Ulysses. Salah satu alasan mengapa Superman tidak pernah meledakan dirinya lagi adalah karena efek dari kekuatan ini dapat membuatnya pingsan tanpa kekuatan super selama satu hari penuh.

Seni Bela Diri Krypton

Kekuatan rahasia selanjutnya yang mungkin jarang diceritakan oleh DC adalah kehebatan Superman dalam ilmu seni bela diri Kryptonian yang disebut Torquasm atau Theta State. Seni bela diri Torquasm sendiri terbagi menjadi dua, yang pertama adalah Torquasm-Vo di mana Superman akan melakukan meditasi yang sangat dalam sehingga pikiran dan mentalnya tidak bisa lagi terpengaruh oleh kekuatan psionik dari luar. Dan yang kedua adalah Torquasm-Rao, perwujudan fisik dari Torquasm-Vo yang memungkinkan Superman untuk tahan terhadap serangan yang sangat kuat sekalipun. Cara ini terbukti sangat efektif ketika Superman menghadapi sesama Kryptonian.

Itulah 5 kekuatan rahasia Superman yang jarang diceritakan di DC Universe. Meskipun jarang diperlihatkan, tetapi bukan berarti semua kekuatan ini telah hilang dari Superman. Mungkin Superman sendiri mempunyai alasan kuat untuk tidak menunjukkan kekuatannya. Misalnya sengaja tidak lagi meledakan dirinya lagi karena resikonya terlalu besar, atau sengaja menyembunyikan kekuatan bela diri Torquasm karena belum menemukan musuh yang tepat, dan sebagainya. Yang jelas dengan semua kekuatan unik dan hebat ini, tidak aneh jika pada akhirnya Superman disebut superhero terkuat di DC Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.