Spider-Man: Across the Spider-Verse merupakan sekuel langsung dari film animasi sukses Spider-Man: Into the Spider-VerseĀ (2018) yang sudah sangat diansipasi oleh penggemar. Film yang juga sering disebut Spider-Verse 2 ini masih akan kembali berfokus pada Spidey versi Miles Morales. Di mana petualangan Miles nanti tampaknya akan jauh lebih intens. Menariknya, meskipun hadir dalam bentuk animasi, tetapi baru-baru ini animator senior Spider-Verse 2 mengungkapkan bahwa film garapannya bukan untuk anak kecil.

Sebagai pengingat, tahun 2018 silam saat film Spider-Verse pertama dirilis, Sony sengaja menyajikan filmnya dengan rating PG atau bimbingan orang tua. Yang artinya ketika menonton film Miles Morales ini, para orang tua dianjurkan untuk mendampingi anaknya karena mungkin di dalamnya ada konten yang tidak diperuntukan untuk anak kecil. Hal yang sama sepertinya akan diterapkan juga pada Spider-Verse 2, yang akan bercerita tentang petualangan Miles di multiverse bersama gebetannya, Spider-Gwen. Dengan multiverse, ada banyak potensi ancaman yang menanti Miles di filmnya nanti.

Dalam sesi wawancaranya dengan The Direct, animator senior Spider-Verse 2 Era Santos mengungkapkan bahwa di filmnya nanti ada sejumlah karakter yang tidak diperuntukan untuk penonton muda. “Sejumlah pilihan karakter yang kami buat membuat kami berpikir ‘Apa? Oke, baiklah. Ini bukan film anak ‘kan? Saya rasa ini bukan film anak. Oke, bagus. Ya, ini bagus.’ Jadi ini sangat menyenangkan bagi saya,” ungkap Santos saat menceritakan pengalamannya dalam mengerjakan Spider-Verse 2.

Lebih lanjut lagi, Santos juga menjelaskan bahwa film sekuel ini akan lebih intens dari sebelumnya. Dia juga merasa bahwa jika dibandingkan Spider-Verse 2, film pertamanya terasa “sangat kecil dan belum ada apa-apanya.” Menurutnya, salah satu alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi adalah karena petualangan kedua Miles ini mempunyai “sesuatu yang tidak pernah dia lihat sebelumnya,” khususnya gaya animasi filmnya.

Di akhir pernyataannya, Santos mengatakan bahwa dia sudah tidak sabar ingin segera melihat reaksi dunia ketika film Spider-Verse 2 dirilis. Berdasarkan apa yang dia sampaikan ini, sepertinya Santos ingin menegaskan bahwa apa yang telah dia kerjakan bukanlah film anak seperti film animasi pada umumnya. Walaupun begitu anak-anak masih tetap bisa menontonnya sambil didampingi oleh orang tua. Film Spider-Man: Across the Spider-VerseĀ akan bisa kita saksikan pada tanggal 2 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.