Eiichiro Oda ungkap rahasia besar tentang kekuatan buah iblis dari Seraphim di chapter terbaru manga One Piece. Namun, mungkin detail ini banyak terlewatkan oleh para fans karena semuanya nampak sangat luar biasa. Kemunculan Seraphim menjadi ancaman baru bagi mereka para penjahat dan juga bajak laut yang jadi incaran para angkatan laut atau pun pihak World Government.

Bukan hanya karena mereka merupakan model terbaru dan pengembangan dari Pacifista, serta bukan hanya mereka memiliki DNA Lunarian dalam tubuhnya, mereka juga bisa berkembang seperti halnya manusia. Dan semakin dewasa, mereka akan semakin kuat. Yang dahsyatnya lagi, Seraphim ternyata memiliki kekuatan buah iblis. Namun disadari atau tidak, ada beberapa detail rahasia besar yang Oda hadirkan terkait kekuatan buah iblis di Seraphim ini.

Kekuatan Buah Iblis Seraphim

Seraphim pertama kali muncul di chapter 1059 kemarin, ketika Koby dan pasukannya berusaha untuk menangkap Boa Hancock di Amazon Lilly. Meskipun sempat melakukan perlawanan, angkatan laut akhirnya menerjunkan senjata baru mereka yaitu Seraphim yang merupakan peningkatan kekuatan dari Pacifista. Kemunculan Seraphim ini langsung menghebohkan semuanya.

Selain kekuatan fisik mereka yang luar biasa, kemampuan yang sangat mirip dengan para karakter aslinya yaitu para mantan Shichibukai, yang paling mencolok dari hal ini adalah bagaimana Seraphim ternyata memiliki kekuatan buah iblis. Fakta ini tentunya mengejutkan semua orang. Karena, bagaimana mungkin robot atau cyborg, yang notabene bukan manusia, mampu untuk memiliki kekuatan buah iblis.

Seiring berjalannya cerita terungkap bahwa semua itu dikarenakan sosok jenius Vegapunk. Dalam beberapa chapter kemarin, Oda Sensei akhirnya menepati janji untuk memberikan penjelasan tentang buah iblis setelah 25 tahun One Piece berjalan. Yang menarik adalah dalam penjelasan tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa Vegapunk sudah berhasil untuk memecahkan teka-teki besar buah iblis.

Selain itu, Vegapunk juga terbukti mampu menirukan kekuatan buah iblis, seperti yang dia lakukan terhadap buah iblis Momonosuke, dan bahkan mengaplikasikannya kepada Seraphim. Pengetahuan Vegapunk tentang buah iblis jelas tidak bisa diremehkan. Dan mungkin akan ada penjelasan lainnya dari Oda terkait buah iblis pada masa yang akan datang.

Oda ungkap Rahasia Kekuatan Seraphim

Seperti yang disebutkan di atas, terdapat detail penting dari kekuatan buah iblis Seraphim yang mungkin banyak terlewatkan oleh para fans. Hal ini terjadi di chapter 1068 kemarin, ketika CP0 ditolak untuk masuk ke pulau Egghead. Dalam momen tersebut, Rob Lucci kemudian mengatakan bahwa mereka akan menggunakan kekuatan dari S-Bear yang merupakan tiruan Kuma, untuk terbang ke dalam pulau itu.

Di chapter 1069, Pythagoras kemudian melihat mereka ada di dalam pulau yang kemudian dia simpulkan semua itu berkat kekuatan S-Bear. Hal ini mengonfirmasi jika S-Bear memang memiliki kekuatan buah iblis Nikyu Nikyu no Mi milik Bartholomew Kuma. Namun, kekuatan buah iblis S-Bear tersebut jelas bukan berasal dari Kuma. Mengapa? Karena, faktanya Kuma masih hidup sampai sekarang.

Juga, di chapter 1069 kemarin kita melihat bagaimana Kuma menggunakan kekuatan yang sama untuk pergi ke sebuah tempat. Fakta ini memberikan petunjuk dan informasi penting tentang kekuatan buah iblis. Pertama, Seraphim berhasil menirukan kekuatan buah iblis aslinya secara hampir sempurna atau bahkan mungkin sangat sempurna. Mungkin, Vegapunk sudah selesai dengan semua risetnya tentang buah iblis.

Fakta kedua, bagaimana Seraphim bisa menggunakan “replika” dari kekuatan buah iblis yang asli artinya pengguna sebelumnya tidak perlu tewas untuk bisa memiliki kekuatan tersebut. Seperti yang kita ketahui, dalam cerita One Piece untuk memiliki satu buah iblis pengguna sebelumnya harus tewas terlebih dahulu. Sehingga kekuatannya bisa kembali ke sirkulasi, sebelum digunakan lagi oleh orang lain.

Bisa Gunakan Semua Jenis Buah Iblis?

Kemunculan Seraphim di cerita One Piece memang baru beberapa chapter saja. Karena itulah, masih belum terlalu lengkap informasi yang diberikan oleh Oda Sensei terkait dengan Seraphim dan kekuatannya. Namun, berbicara tentang kekuatan buah iblis yang ada di Seraphim, jika Geeks perhatikan semuanya merupakan kekuatan buah iblis yang berjenis Paramecia.

Eiichiro Oda sendiri masih belum memberikan informasi apakah kekuatan buah iblis lainnya juga mampu untuk ditirukan atau diaplikasikan terhadap Seraphim. Jika kemudian hal ini memang benar-benar bisa dilakukan, artinya Seraphim benar-benar sangat mengerikan dan jadi senjata yang sangat luar biasa. Di sisi lain, ini artinya juga Vegapunk benar-benar sangat jenius sehingga mampu menirukan semua jenis kekuatan buah iblis ke bukan manusia.

Momen S-Bear menggunakan kekuatan Nikyu Nikyu no Mi memang merupakan detail kecil yang muncul dalam cerita. Namun, hal ini jadi petunjuk kuat tentang ke mana arah ceritanya menuju. Di sisi lain, hal ini juga memberikan penjelasan lebih tentang seberapa besar ancaman dari Seraphim. Dan jelas ini juga memberikan informasi tambahan tentang mitologi buah iblis yang ada di seri One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.