Autobots adalah jenis Transformers yang paling popular. Mereka dipimpin oleh Optimus Prime, dan pada umumnya Autobots berbentuk seperti mobil, motor, atau truk. Ada beberapa nama Autobots yang beken seperti Bumblebee, Ironhide, dan Hotrod. Autobots sebenarnya memiliki musuh utama yaitu Decepticons yang dipimpin oleh Megatron. Tetapi tahukah Geeks bahwa ada beberapa Autobots yang memilih berkhianat dan bergabung dengan Decepticon? Berikut adalah 5 Autobots yang berkhianat dan menjadi Deceptioncs.

Grimlock

Grimlock adalah seorang pejuang yang memiliki hasrat tempur tinggi. Ketika sedang beraksi, dia sering mengabaikan perintah apapun, dan hanya mementingkan diri sendiri. Tak jarang, Grimlock sering berselisih dengan Optimus Prime karena tidak menuruti perintahnya. Yang paling parah, Grimlock pernah berselisih hingga akhirnya memilih membelot. Ada banyak kasus di mana Grimlock balik menyerang Autobots, terutama Optimus Prime. Salah satunya adalah ketika Grimlock bersama Dinobots lainnya dimanipulasi oleh Megatron untuk menyerang Prime.  Dan di komik IDW, Grimlock juga pernah beberapa kali berkhianat kepada Autobots dengan menyerang mereka.

Wheeljack

Dalam Transformers: Armada, Wheeljack sebenarnya pernah menjadi Autobot dan dahulu dia berteman baik dengan Hot Shot. Tetapi semuanya berubah ketika Wheeljack terjebak di bawah puing-puing dan ditinggalkan rekannya. Ketika itu, dia sama sekali tidak bisa bergerak, sementara pertempuran masih berlanjut. Parahnya, Hot Shot meninggalkannya, padahal Hot Shot berjanji untuk mencari bantuan, tetapi dia tidak pernah kembali. Pada situasi kritis, Megatron muncul dan menyelamatkan Wheeljack dari puing-puing. Dan akhirnya, Wheeljack memutuskan menjadi Decepticon dan tidak pernah kembali menjadi Autobots

Blackarachnia

Dalam Beast Wars, Blackarachnia adalah seorang Maximal yang diprogram ulang menjadi Predacon. Namun dalam Transformers: Animated, ada versi baru dari Blackarachnia, di mana sang penulis menghadirkan cerita yang berbeda tentang asal-usul Blackarachnia. Dahulu, Blackarachnia bernama Elita-One, teman Primes Optimus dan Sentinel. Dia juga seorang Autobots yang bisa meniru kemampuan khusus dari orang lain. Nah dalam perjalanan ke planet Archa Seven, sebuah peristiwa mengubah Blackarachnia selamanya. Ketika itu, rekan satu timnya meninggalkan Blackarachnia saat segerombolan laba-laba menyerang. Setelah kejadian itulah Blackarachnia mendapat tubuh baru yang membuatnya menggila. Perubahan itulah yang memicu kebencian terhadap Autobot, dan dia berencana membalaskan dendam kepada Autobots dengan bergabung bersama Megatron.

Wildwheel

Nama Wildwheel mungkin terdengar asing di telinga kita karena dia adalah karakter baru di Transformers. Dia memulai debutnya di musim ketiga Transformers: Cyberverse. Dialah anggota Autobots, yang pertama kali datang ke Bumi setelah terlempar dari kapal The Ark. Tetapi ketika itu, Wildwheel mendarat di AS bagian barat, di tahun 1800-an. Sejak itulah dia memutuskan menjadi bounty hunter, dan kembali ke Cybertron setelah dua abad tidak kembali. Ketika kembali, Wildwheel menantang Optimus Prime untuk berduel. Nah di saat Optimus Prime menawarinya untuk kembali bergabung dengan Autobots, Wildwheel malah bergabung dengan Megatron. Hingga sekarang, Wildwheel menjadi musuh terbesar Autobots.

Sideswipe

Dalam Mirror Universe, Autobots diceritakan sebagai penjahat sementara Decepticons menjadi pahlawan. Yap, universe tersebut adalah kebalikan dari universe biasa. Namun, ada seorang karakter yang masih menjadi sosok yang baik yaitu Sideswipe. Awalnya, Sideswipe adalah salah satu anak buah Optimus Prime (di universe ini Optimus Prime adalah penjahat). Tetapi Sideswipe merasa kecewa dengan kebrutalan yang dilakukan Prime, terutama ketika Prime membunuh mentor Sideswipe bernama Clench. Karena muncul keraguan dalam diri Sideswipe, Prime pun menjebak Sideswipe dan berencana membunuhnya. Tetapi Sideswipe berhasil selamat dari upaya pembunuhan tersebut. Sejak itulah Sideswipe memutuskan untuk bergabung dengan Decepticons. Menariknya, saudara Sideswipe yang bernama Sunstreaker masih menjadi Autobot, dan dengan demikian Sideswipe dan Sunstreaker menjadi saling bermusuhan.

Itulah dia Geeks beberapa Autobots yang memilih berkhianat dengan bergabung bersama Decepticons. Dendam sepertinya menjadi motif utama mereka untuk berpindah kubu. Dan sebagian dari mereka memilih untuk terus bersama Decepticons, meskipun Optimus Prime telah menawarkan untuk mengajak mereka kembali.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/