Sanji merupakan salah satu karakter inti dalam cerita One Piece yang bergabung dengan Luffy dalam petualangannya untuk menjadi raja bajak laut. Dia sendiri bergabung sejak di arc Baratie. Dan sejak saat itu, Sanji pun resmi bergabung dengan kelompok Topi Jerami dan menjadi koki mereka. Sanji juga merupakan salah satu petarung terbaik kru Topi Jerami selain Roronoa Zoro dan Monkey D. Luffy.

Sanji sendiri berasal dari keluarga bangsawan, yaitu keluarga Vinsmoke. Berdasarkan ceritanya, keluarga ini adalah keluarga yang mengerikan. Sang ayah, Vinsmoke Judge, adalah sosok yang kejam terutama untuk keluarganya. Dia rela mengubah anak-anaknya menjadi sosok yang tidak berperikemanusiaan agar mereka bisa menjadi senjata yang mematikan, dan menjadi aset Germa 66 yang berharga.

Diketahui, pada masa lalu, Judge pernah bekerja sama dengan sosok Vegapunk dan kemudian menemukan apa yang disebut sebagai cetak biru kehidupan, Lineage Factor. Meskipun kemudian Vegapunk diambil oleh pihak Pemerintah, Judge berhasil kabur dari sana dengan kekuatan dari kerajaan Germa. Mimpi terbesar Judge sendiri adalah menciptakan pasukan yang tidak memiliki emosi.

Dan Judge sendiri kemudian mengaplikasikan keinginan atau mimpinya tersebut kepada anak-anaknya. Akhirnya, apa yang diinginkan oleh Judge terwujud yaitu anak-anaknya lahir menjadi sosok yang tidak memiliki emosi. Namun, hanya satu anak yang dianggap masih memiliki emosi yaitu Sanji. Karena hal inilah kemudian Sanji dianggap lemah, dan sering kali disiksa oleh ayahnya dan saudaranya.

Sanji Dari Ras Lunarian?

Terdapat sebuah spekulasi menarik yang muncul tentang Sanji di arc Wano kemarin.  Sanji memiliki kemiripan dengan sosok tangan kanan terkuat dari Kaido, King the Wildfire. King adalah sosok karakter yang sangat kuat dan diketahui mampu mengeluarkan api dari tubuhnya secara alami. Menurut cerita yang ada, King merupakan bagian dari ras yang diduga sudah punah yaitu ras Lunarian. King adalah sosok terakhir dari ras tersebut.

King juga memiliki kemampuan untuk bisa sembuh dari luka apa pun yang sempat membuat Zoro frustasi. Sosok Queen sendiri sempat mempertanyakan sosok Sanji yang bisa memunculkan api dari tubuhnya secara alami. Dia bahkan beranggapan bahwa Sani mungkin juga bagian dari ras Lunarian. Dengan semua hal kemiripan antara Sanji dan King, muncul spekulasi jika ada koneksi antara Sanji dan King.

Dalam spekulasi tersebut juga dijelaskan jika ada kemungkinan Judge memiliki DNA atau Lineage Factor dari ras Lunarian, yang kemudian diaplikasikan kepada Sanji dan anak-anaknya. Dengan demikian, kita pun bisa melihat hasilnya di mana Sanji mampu memiliki kemampuan untuk mengendalikan api dan juga memiliki daya tahan yang sangat luar biasa.

Sanji Adalah Seraphim Pertama

Namun, spekulasi baru kemudian muncul yang membahas mengenai hal tersebut. Dalam spekulasi ini dijelaskan bahwa bisa jadi jika Sanji bukan hanya bagian dari ras Lunarian. Dia adalah purwarupa dari Lunarian Seraphim yang kita lihat baru-baru ini. Dalam pengembangan awal dari Pacifista, kita melihat desain Shichibukai mengadaptasi sosok mantan Shichibukai yaitu Bartholomew Kuma.

Senjata yang ditemukan oleh Dr. Vegapunk ini bertujuan untuk mengalahkan bajak laut yang kejam dan kuat. Kekuatan Pacifista saat ini mungkin sudah berkembang dahsyat, apalagi kini angkatan laut memiliki SSG. Mereka pun mengembangkan Pacifista tersebut yang kemudian merubahnya menjadi apa yang kita kenal sebagai Seraphim. Dalam chapter 1059, nampak Seraphim jauh lebih kuat dan dahsyat dari model sebelumnya.

Namun, dalam teorinya sendiri dijelaskan bahwa ada kemungkinan jika anak-anak Judge sebenarnya merupakan purwarupa untuk Seraphim. Petunjuk pertama adalah bagaimana Judge pernah bergabung dengan Vegapunk dalam kelompok MADS, dan menemukan Lineage Factor. Kedua, kita melihat bagaimana ketangguhan yang sama antara Seraphim dan juga kelima anaknya – termasuk Sanji.

Ketiga, Seraphim tidak memiliki ekspresi, emosi, atau hal lainnya. Hal ini juga yang dimiliki oleh keempat anak Smoke, kecuali Sanji. Sebenarnya, Sanji sendiri bisa saja berubah menjadi seperti saudara-saudaranya. Namun, seperti yang kita ketahui sebelum kematiannya, sang ibu, Sora, sempat meminum obat demi mencegah hal tersebut terjadi. Sayangnya, hanya Sanji yang kemudian berhasil lepas dari pengendalian ayahnya.

Semua hal itu dianggap sebagai petunjuk yang mengarah pada adanya kemungkinan jika Sanji juga sebenarnya adalah Seraphim. Dan jika melihat dari kemampuan dan kedahsyatan Sanji selama ini, rasanya spekulasi tersebut memang masuk akal. Seraphim mampu menembakan laser, menghancurkan gunung, dan memiliki daya tahan terhadap serangan.

Sanji pun demikian. Dia mampu menggunakan teknik Jambe, memiliki daya tahan dahsyat, dan bahkan mampu melakukan sesuatu hal yang luar biasa seperti berjalan di air atau di udara. Teka-teki mengenai struktur tubuh Sanji sebenarnya masih menjadi salah satu misteri yang muncul di cerita One Piece. Lalu apakah ini pertanda bahwa Sanji adalah seraphim? Kita nantikan saja ya Geeks informasi lengkap dari Oda Sensei terkait hal tersebut di cerita One Piece selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.