Black Panther: Wakanda Forever adalah film MCU ke-30 yang sebentar lagi akan tayang di bioskop seluruh dunia. Film garapan sutradara Ryan Coogler ini sebenarnya adalah sekuel dari film Black Panther pertama yang menceritakan peran T’Challa (Chadwick Boseman) sebagai raja Wakanda. Sayangnya, karena pada tahun 2020 lalu aktor Boseman meninggal dunia, sekarang Marvel Studios juga terpaksa mematikan karakternya di MCU.

Alih-alih mengganti pemerannya, para produser dan kru yang terlibat sepakat untuk menceritakan bahwa T’Challa alias Black Panther juga meninggal dunia di film Wakanda Forever. Hal ini bahkan sudah bisa kita lihat di trailernya, di mana keluarganya dan Wakanda secara keseluruhan, terlihat sangat berduka atas kematian rajanya. Walaupun begitu, sampai sekarang masih belum terungkap apa penyebab kematian T’Challa di filmnya. Untuk itu mari kita langsung saja bahas teorinya, Geeks!

Marvel Kehilangan Chadwick Boseman

Sebagai pengingat, kematian aktor Chadwick Boseman sendiri terbilang sangat mendadak. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak penggemarnya di seluruh dunia merasa sangat kaget sekaligus sedih. Boseman sebenarnya telah didiagnosis menderita kanker usus besar stadium III pada 2016, yang akhirnya berkembang menjadi stadium IV sebelum dia meninggal dunia pada tahun 2020 lalu. Hebatnya, dia merahasiakan semua itu dari publik, mungkin agar para penggemarnya tidak khawatir dan tetap bisa menikmati film-filmnya. Termasuk Black Panther (2018), Avengers: Infinity War (2018), dan Endgame (2019).

Kematiannya yang sangat mendadak ini akhirnya membuat sutradara Ryan Cogler mengubah naskah Wakanda Forever yang telah dia tulis sebelumnya. Seperti yang kita tahu bersama, sekarang filmmya akan menceritakan bahwa T’Challa telah meninggal juga. Di mana hal tersebut tentunya akan sangat berdampak untuk filmnya. Termasuk untuk negara Wakanda yang saat ini tidak mempunyai raja, serta mantle Black Panther yang mungkin akan diambil alih oleh penerusnya. Menurut petunjuk yang telah terungkap, Black Panther selanjutnya kemungkinan besar adalah adik T’Challa, yaitu Shuri (Letitia Wright).

Pernahkah Black Panther Mati di Marvel Comics?

Di Marvel Comics juga sebenarnya Shuri pernah menggantikan T’Challa sebagai Black Panther sementara. Bedanya, bukan karena T’Challa mati, tetapi karena dia sempat mengalami kelumpuhan yang mirip seperti koma karena ulah Doctor Doom. Kisah ini Marvel ceritakan di komik Black Panther #1 (2009), di mana akhrinya Shuri turun tangan untuk mengambil alih mantle Black Panther untuk melindungi Wakanda. Sebagai salah satu wanita paling genius dan penemu ulung di Wakanda, Shuri terbilang berhasil menjadi Black Panther wanita sampai akhirnya T’Challa pulih dan kembali menjadi Black Panther.

Meskipun kisah ini sekilas hampir mirip dengan film Wakanda Forever, tetapi pada kenyataannya T’Challa tidak pernah mati di Marvel Universe. Dalam beberapa kisah lainnya juga sama, T’Challa tidak pernah benar-benar mati, dia hanya pernah mengalami luka-luka parah pasca pertempuran. Menurut sejarah Marvel, T’Challa bahkan tercatat sebagai pemegang mantle Black Panther terlama. Meskipun pernah tergantikan beberapa kali, seperti oleh Killmonger, tetapi T’Challa selalu berhasil menemukan jalan untuk kembali. Sayangnya hal yang sama tidak berlalu di MCU, khususnya di film Wakanda Forever.

Penyebab Kematian Black Panther di MCU

Berdasarkan kisah komiknya, cukup jelas bahwa T’Challa alias Black Panther tidak pernah mati sebelumnya, seperti yang nanti akan terjadi di film Wakanda Forever. Sehingga tidak ada jawaban yang pasti mengapa dia bisa meninggal di MCU. Satu-satunya fakta yang sudah terungkap terkait kematiannya adalah timeline kapan upacara pemakaman T’Challa berlangsung. Yaitu pada awal film, sebelum peristiwa utama di film Wakanda Forever, di mana Wakanda berperang melawan Talocan (Atlantis versi MCU), yang dipimpin oleh Namor the Sub-Mariner (Tenoch Huerta).

Sebagian teori ada yang menyebutkan bahwa Namor adalah orang yang telah membunuh T’Challa. Namun, teori ini justru berpotensi membuat para penggemar membenci karakter Namor, sementara dia masih mempunyai masa depan yang panjang di MCU. Penyebab kematian T’Challa yang paling masuk akal adalah karena ‘penyakit’, seperti Chadwick Boseman. Alasan mengapa teori ini lebih baik adalah karena dengan begini Marvel Studios dan para kru yang terlibat bisa menghormati Boseman dan T’Challa dengan cara terbaik. Ini juga bisa menjadi momen terindah yang nantinya akan penggemar rasakan.

Itulah pembahasan teori tentang bagaimana T’Challa meninggal dunia di film Black Panther: Wakanda Forever. Jawabannya adalah kemungkinan besar dia akan meninggal dunia karena penyakit yang telah dia rasakan sejak lama, tetapi tidak pernah dia ceritakan kepada orang lain. Jika benar seperti ini, kematiannya akan makin membuat penggemar berpikir bahwa T’Challa dan Boseman adalah ‘orang yang sama’. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kebenarannya akan segera terungkap saat film Black Panther: Wakanda Forever tayang perdana di bioskop pada tanggal 11 November nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.