Antihero adalah salah satu elemen penting yang tidak mungkin terpisahkan dari semesta DC yang terkenal kelam. Sebagai sosok yang berdiri di antara superhero dan supervillain, antihero terbilang mempunyai karakteristik yang lebih fleksibel. Karena sejatinya mereka adalah sosok yang sering membela kebenaran, tetapi tidak terlalu bergantung pada moral-moral pahlawan seperti kebanyak superhero.

Hal itulah yang kemudian membuat banyak penggemar jatuh hati kepada antihero. Menariknya, dari sekian banyak antihero di DC Universe, ternyata beberapa di antara mereka justru terkenal lebih berbahaya dari para villain. Di mana tidak jarang mereka malah lebih sering membunuh dari villain itu sendiri. Berikut ini 7 antihero DC yang lebih brutal dan lebih mengerikan dari para villain!

The Spectre

Di semesta yang penuh dengan entitas kosmik, Jim Corrigan alias The Spectre sejatinya adalah perwujudan dari Spirit of Vengeance alias Pembalasan Dendam. Hal inilah yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu entitas kosmik yang paling mengerikan di DC Universe. Meskipun dalam beberapa kesempatan dia sering terlihat membantu para superhero, termasuk Justice League, tetapi cara kerja The Spectre sama sekali berbeda dengan mereka. Dia tidak akan segan membunuh orang-orang yang menurutnya telah membawa kerusakan, bahkan para villain yang belum terbukti kesalahannya.

Red Hood

Saat masih menjadi Robin, Jason Todd sebenarnya diajarkan oleh Batman untuk tidak membunuh lawan-lawannya, apa pun keadaannya. Namun, karakter Jason mulai sepenuhnya berubah setelah Joker menculik dan menyiksanya sampai mati. Ketika berhasil menemukan jalan untuk bangkit kembali sebagai sosok bernama Red Hood, Gotham akhirnya lebih mengenalnya sebagai antihero yang brutal. Sejak saat itu, dia dengan sangat kejam menyiksa dan membunuh para villainnya. Bahkan setelah dia kembali menjadi bagian dari Bat-Family, Red Hood masih tetap mengandalkan cara-caranya yang mengerikan.

Midnighter

Meskipun mempunyai penampilan yang hampir mirip dengan Batman, Midnighter sebenarnya adalah karakter yang sama sekali berbeda. Dia adalah seorang antihero yang sama sekali tidak peduli dengan moral superhero layaknya Batman atau vigilante lain. Hal tersebut terbukti dari caranya yang unik ketika beraksi. Di mana dia akan dengan senang hati membunuh para kriminal yang baru saja dia temui. Bahkan dia tidak akan ragu membunuh villain yang seharusnya sudah mendapatkan keadilan di kantor polisi. Menurutnya karakter seorang penjahat tidak mungkin berubah, sehingga Midnighter merasa perlu untuk membunuh mereka sebelum kembali berbuat jahat.

Lobo

Dari penampilannya saja sebenarnya sudah cukup jelas bahwa Lobo bukanlah antihero yang baik hati. Pada kenyataannya dia memang karakter DC yang terkenal sering menjadikan penderitaan lawannya sebagai sumber kesenangan. Dengan kata lain dia akan bersedia membunuh meskipun tanpa alasan yang jelas, khususnya ketika Justice League merekrutnya untuk melindungi alam semesta. Semua ini berawal dari motivasinya yang ingin membuktikan kepada dunia bahwa tidak ada satupun yang bisa menyaingi kekejamannya, sekalipun mereka adalah para supervilain.

Jonah Hex

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa DC mempunyai seorang antihero tangguh pada era koboi alias Wild West. Dia adalah Jonah Hex, seorang pemburu hadiah yang akan melakukan segala cara untuk melindungi orang-orang yang tidak bersalah. Dengan wajahnya yang rusak sebagian, sebenarnya Jonah Hex lebih mirip seperti villain daripada pahlawan. Menariknya, hal yang sama juga berlaku dengan cara pandangnya terhadap para kriminal atau buruannya. Demi melindungi orang tidak bersalah, dia bersedia untuk membunuh dengan cara terkejam sekalipun. Hal inilah akhirnya membuat Jonah menjadi sosok yang terkenal berbahaya.

Doctor Manhattan

Hampir semua pahlawan dari kisah DC Watchmen memang terkenal sebagai antihero. Namun, di antara semua anggota tim antihero tersebut, Doctor Manhattan adalah yang terkenal paling kuat dan juga paling tidak peduli dengan nyawa orang lain. Hal tersebut bisa terjadi karena setelah tubuhnya menyatu dengan energi di alam semesta, dia memandang kehidupan di sekitarnya seperti serangga. Karena dia berafiliasi dengan tim antihero Watchmen, akhirnya Doctor Manhattan menjadi ‘mimpi buruk’ bagi para villain. Karena dengan kekuatannya yang mahakuasa, dia bisa membunuh banyak villain sekaligus hanya dengan pikirannya saja.

Black Adam

Sejak pertama kali muncul di DC Universe, Black Adam memang sudah terkenal sebagai supervillain yang brutal. Seiring berjalannya waktu, karakternya mulai berubah menjadi seorang antihero, tepatnya setelah dia bergabung dengan Justice Society of America dan Justice League. Namun, kebersamaannya dengan para superhero tidak lantas mengubah cara pandangnya dalam mengatasi masalah. Dia akan membunuh siapa pun yang menghalangi jalannya sebagai pelindung dan penguasa Khandaq. Dalam salah satu kesempatan dia bahkan pernah memburu Four Horsemen of Apokolips sampai akhirnya menghancurkan negara Bialya dan memicu Perang Dunia III di DC Universe.

Itulah tujuh antiher DC yang terkenal jauh lebih brutal dari para villain di semestanya. Kehadiran mereka bahkan telah menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sekitarnya. Bukan hanya bagi para villain saja, tetapi juga bagi para superhero yang merasa bahwa kehadiran mereka sangat berbahaya. Oleh karena itu akan jauh lebih mudah dan lebih baik bagi para superhero untuk menjadikan mereka sebagai sekutu. Daripada harus memusuhi para antihero, yang sudah pasti dapat mengakibatkan banyak kerugian bagi mereka. Dari semua antihero brutal ini, apakah ada karakter favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.