Age of Ultron

Tidak lama setelah Ultron kembali ke Bumi untuk menuntut balas dendam di komikĀ Age of Ultron (2013), dia langsung berhasil melenyapkan miliaran nyawa manusia dan memicu pertempuran yang lebih besar lagi melawan para superhero. Saking frustrasinya, Wolverine bahkan sampai melakukan perjalanan waktu ke masa lalu untuk membunuh pencipta Ultron, Hank Pym. Namun, upaya tersebut tidak berhasil membatalkan keberadaan Ultron. Setelah Avengers mengalahkan Intelligencia dan merilis virus yang dapat membunuh Ultron, barulah masa depan berhasil diselematkan dan pasukan robot kejam tersebut.

Kree-Skrull War

Pada tahun 1972, Marvel pernah menghadirkan kisah yang berfokus pada perang antara dua ras alien kuat, Skrull dan Kree. Seiring berjalannya waktu perang ini pada akhirnya mulai menyeret Bumi dan para superheronya, termasuk Avengers, Inhumans, dan Fantastic Four. Dalam upayanya untuk menghentikan perang, superhero Rick Jones berhasil menghentikan Skrull dengan Destiny Force-nya. Merasa bahwa perang belum berakhir jika kedua ras masih eksis, sebagian besar Avengers sepakat untuk mengalahkan pemimpin Kree juga, yaitu Supreme Intelligence, sebelum akhirnya mereka pulang ke Bumi.

Annihilation

Annihilation adalah peristiwa paling berdarah di Marvel Universe yang terjadi pada tahun 2006. Kisahnya bermula dari supervillain Annihilus yang merilis Annihilation Wave, sehingga menewaskan miliaran makhluk hidup di alam semesta. Dengan kemampuan baru yang dia dapatkan setelah menyerap energi kosmik Galactus, Annihilus berencana untuk memusnahkan galaksi. Namun, rencananya mendapatkan perlawanan dari tim gabungan superhero dan supervillain galaksi. Seperti Nova, Star-Lord, Ronan the Accuser, Silver Surfer, dan sebagainya. Meskipun pada akhirnya Annihilus mati, tetapi hal tersebut tidak berhasil mengembalikan jiwa-jiwa dan juga planet yang telah mati.

Itulah tujuh perisitiwa paling berdarah di Marvel Universe yang telah menyebabkan banyak kematian dan juga kehancuran. Meskipun masih ada lebih banyak lagi pertempuran epik di Marvel, tetapi tidak ada yang dampaknya sebesar dan semerugikan ketujuh kisah ini. Untungnya setiap pertempuran ini berhasil diselesaikan dengan baik oleh para superheronya, begitu juga dengan para supervillain yang membantunya. Walaupun pada korban jiwanya tidak berhasil kembali dihidupkan, tetapi setidaknya kerugian yang lebih parah berhasil mereka hindari, tentunya dengan pengorbanan yang tidak mudah juga.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.