Marvel Universe adalah semesta komik yang telah berdiri selama kurang lebih 83 tahun. Selama itu juga Marvel telah menyajikan berbagai kisah menarik tentang pertempuran epik di semestanya. Sudah tidak terhitung berapa banyak planet dan korban jiwa yang berjatuhan, sebelum akhirnya setiap peristiwa tersebut bisa diselesaikan. Terlepas dari besar atau kecilnya skala pertempuran dalam peristiwa tersebut, tetap saja hasil akhirnya selalu mengerikan. Dari sekian banyak peristiwa yang berujung tragedi, berikut ini 7 di antaranya yang terkenal paling berdarah di Marvel Universe!

Secret Wars

Secret Wars yang termasuk dalam daftar kali ini adalah peristiwa besar yang terjadi pada tahun 2015, di mana multiverse Marvel hancur karena bencana Incursion. Banyak sekali superhero yang mati dalam peristiwa ini, khususnya ketika Incursion menimpa dua planet yang tersisa, yaitu Earth-616 dan Earth-1610. Saat bencana besar ini selelai, muncullah sosok diktator yang berhasil meciptakan Battleworld dari sisa-sisa multiverse, dia adalah God Emperor Doom. Sejak saat itu lebih banyak lagi pertempuran yang terjadi, di mana umumnya melibatkan banyak superhero dan supervillain sekaligus.

Infinity War

Tidak lama setelah peristiwa Infinity Gauntlet (1991), Adam Warlock bersama tim Infinity Watch yang didirikannya bersumpah untuk menjaga gauntlet dan juga semua Infinity Stones. Sayangnya, persona jahat Warlock yang bernama Magus malah menentang upaya tersebut dan memicu peristiwa Infinity War. Dalam prosesnya Thanos bahkan sampai membantu Warlock untuk menghentikan Magus sebelum dia menyebabkan lebih banyak kekacauan. Banyak sekali karakter kuat yang terlibat dalam pertempuran ini, beberapa di antaranya adalah Doctor Doom, Kang the Conqueror, dan bahkan entitas kosmik Galactus.

Age Of Apocalypse

Cerita Age of Apocalypse (1995) yang berfokus pada para mutan ini bermula dari Apocalypse yang memulai perang di Amerika Utara. Pada saat yang bersamaan Magneto memutuskan untuk memimpin para X-Men untuk mengalahkan Apocalypse dan pasukan mutannya. Sayangnya, pertempuran dua faksi mutan ini justru malah menewaskan banyak manusia dalam prosesnya. Di kisah ini kita juga bisa melihat Havok dan Cyclops yang akhirnya memilih untuk bersekutu pada Apocalypse. Peritiwa yang berlangsung selama hampir satu tahun ini berhasil membuat populasi dunia di komiknya menurun drastis.

War of the Realms

Masih cukup segar dalam ingatan para penggemar, bagaimana peristiwa War of the Realms (2019) berhasil mengguncang Nine Realm. Awal dari kisahnya sendiri dimulai dengan Dark Elf Malekith yang hampir menguasai semua realm, kecuali Midgard alias Bumi. Demi menyempurnakan penaklukannya, dia mengajak sejumlah ras kuat, termasuk Frost Giant dan Fire Goblin, untuk menyerang Bumi. Banyak sekali superhero yang memasang badannya untuk membela Bumi, termasuk Thor, Black Knight, Namor, dan masih banyak lagi. Pertempuran besar ini baru selesai setelah Malekith dan pasukannya kalah.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.