Killer Frost

Sebelum mengakhiri kisah Superman di New 52, DC juga pernah sengaja mempertemukan Justice League dengan Suicide Squad di komik crossover Justice League vs. Suicide Squad. Di komik ini terlihat bagaimana sang Man of Steel yang telah melemah karena kekuatan sihir Echantress, akhirnya berhadapan dengan Killer Frost yang menyerap semua energi kehidupannya. Pada peristiwa ini tidak sedikit penggemar yang menduga bahwa Man of Steel benar-benar tewas, sebelum akhirnya dia dibangkitkan kembali.

Lex Luthor

Dari sekian banyak villain yang pernah berhadapan dengan sang Man of Steel, Lex Luthor adalah musuh bebuyutannya yang cukup sering bertarung dengan Man of Steel. Dan di komik Superman #149, Lex pernah berpura-pura menjadi dokter kanker dan berteman dengan Superman. Upaya ini sengaja dia lakukan agar bisa menangkap sang Man of Steel dan membunuhnya menggunakan Sinar Kryptonite Ray. Peristiwa alternatif ini pada akhirnya membuat Lex harus dipenjara seumur hidup di Phantom Zone.

BACA JUGA: 5 Villain ini Hampir Membunuh Thor!

Murder Man

Di komik Superman #188, Superman pernah berhadapan dengan kelompok Galaxy Crimeteers, yang mempunyai tujuan untuk membunuhnya. Dan salah satu anggota aliennya yang bernama Zunial alias Murder Man akhirnya benar-benar berhasil membunuh Man of Steel dengan gelombang Kryptonite. Murder Man kemudian langsung membawa jasadnya ke planetnya, sebelum akhirnya sesosok android Superman mengorbankan dirinya agar sang Man of Steel bangkit kembali dan mengalahkan Murder Man.

Superboy-Prime

Di DC Comics ada banyak sekali peristiwa Crisis yang pada akhirnya menewaskan para superhero dari Justice League, seperti Flash Barry Allen, Blue Beetle Ted Kord, dan juga Superman. Di kisah Infinity Crisis, Superman dari Earth-2 diceritakan harus berhadapan dengan versi alternatifnya, Superboy-Prime. Dalam pertarungan epik dari dua karakter yang mempunyai kekuatan hampir sama ini, Superboy-Prime pada akhirnya berhasil mengalahkan sekaligus membunuh Superman dari Earth-2.

Orgon

Karakter terakhir yang pernah terbukti berhasil membunuh Man of Steel adalah ras alien misterus bernama Orgon. Kisah ini terjadi di komik DC Comics Presents #51, di mana superhero Atom melihat bagaimana alien Orgon membunuh Man of Steel dengan radiasi cahaya Matahari merah. Superman yang kekuatannya berasal dari Matahari kuning tidak tahan terhadap radiasi Matahari Merah dan lenyap. Pada titik inilah Atom memulai perjalanan waktunya untuk mengubah takdir agar sang Man of Steel tidak mati.

Itulah sepuluh karakter yang pernah berhasil membunuh sang Man of Steel di DC Universe. Kesepuluh karakter ini telah membuktikan bahwa karakter sekuatnya ternyata bisa mati juga. Apalagi jika seseorang telah menemukan fakta bahwa dia mempunyai cukup banyak kelemahan. Dan beberapa di antaranya yang paling fatal adalah kryptonite dan juga sihir. Meskipun pada akhirnya dia bisa hidup kembali, tetapi fakta tentang berbagai kematiannya ini tidak akan pernah hilang dari sejarah DC. Di mana sosok yang telah berhasil melakukannya adalah kesepuluh karakter di daftar ini.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.