Multiverse Marvel adalah kumpulan universe paralel, mulai dari universe utama Earth-616 sampai ribuan universe alternatif, yang saling berdampingan dalam harmoni. Meskipun berbagai universe di multiverse Marvel ini mempunyai cara kerjanya masing-masing, tetapi ternyata ada beberapa makhluk di Marvel Universe yang keberadaannya dapat memengaruhi multiverse secara keseluruhan, mereka adalah Nexus Being.

Sebutan yang sangat langka ini biasanya disematkan kepada karakter Marvel super sakti yang keberadaannya dapat mengubah Time Stream, sehingga tidak jarang pada akhirnya mereka justru menjadi ancaman bagi multiverse Marvel. Umumnya hanya ada satu Nexus Being dalan satu universe, dan hanya beberapa karakter saja yang mengetahui peran mereka. Dari mulai penyihir sampai pria penjelah waktu, berikut lima Nexus Being yang berpotensi menjadi ancaman bagi multiverse!

Scarlet Witch

Karakter yang mempunyai nama asli Wanda Maximoff ini memang sudah cukup sering digambarkan sebagai ancaman bagi Bumi dan sekitarnya, hal itu disebabkan karena dia mempunyai kekuatan sihir yang dapat merusak atau mengubah realitas dengan mudah. Dalam beberapa kesempatan, Scarlet Witch yang hidup di Prime Earth-616 ini telah terbukti menghapus semua mutan di kisah House of M dan hampir menghancurkan realitas Avengers di kisa Avengers Disassembled. Dengan status Nexus Being yang disematkan kepadanya, konon kekuatan Scarlet Witch cukup besar untuk melawan Great Forces dari Earth-616 serta mengubah universe dan semua kosmos di dalamnya.

Merlin

Dari sekian banyak karakter sakti yang pernah diperkenalkan oleh Marvel Comics, Merlin adalah legenda yang sejarahnya sangat minim sekali di Marvel Universe. Yang jelas karakternya memang mengambil referensi dari karakter penyihir yang hidup para era Arthurian (Kerajaan Arthur). Di Marvel Comics sendiri, karakter yang sering disebut Great Hierophant Merlin ini digambarkan sebagai karakter multiverse yang menunjuk dan memberi kekuatan super kepada semua Captain Britain di seluruh multiverse untuk membasmi kejahatan. Konon, Merlin adalah entitas kosmik yang berasal dari Otherworld, realitas yang berada sangat jauh di omniverse.

Kang the Conqueror

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Kang the Conqueror adalah salah satu Nexus Being di Marvel Universe yang dapat mengganggu kestabilan multiverse. Alasannya cukup jelas, karena dia adalah penjelajah waktu dari Earth-6311 yang berkeliling timeline bahkan multiverse untuk menjadi penguasa. Dengan semua teknologi yang dia bawa dari abad ke-31, Kang dapat dengan mudah mengubah mengubah alur waktu agar sesuai dengan keinginannya. Berkat upaya jahatnya tersebut, dia bahkan berhasil membangun sebuah markas yang disebut Chronopolis, di mana markas ini terhubung langsung dengan masa lalu, masa sekarang, dan juga masa depan sebuah universe.

Jean Grey

Jean Grey adalah salah satu Omega Mutant terkuat dalam sejarah Marvel Universe, dan hal tersebut berlaku juga untuk semua variannya yang berada di multiverse. Khusus untuk varian Jean Grey yang hidup di Earth-9250, selain dikenal sebagai mutan yang menguasai kekuatan Phoenix Force, ternyata dia juga dianggap sebagai Nexus Being dari universenya. Dengan kekuatan yang dimilikinya, Jean Grey ini mampu melakukan perjalanan waktu ke dimensi lain dengan mudah. Dan dengan kekuatannya yang sangat dahsyat, dia terbukti mampu membunuh beberapa entitas kuat, seperti Dormammu dan Goblin Queen.

Franklin Richards

Di atas langit, masih ada langit. Dan di atas Jean Grey masih ada Franklin Richards yang merupakan Omega Mutan sekaligus karakter yang mendapatkan kekuatan kosmik dari kedua orang tuanya, Reed Richards dan Sue Storm dari Fantastic Four. Namun, dalam sejarah Marvel, satu-satunya Franklin yang dianggap sebagai Nexus Being adalah varaiannya yang berasal dari Earth-772. Sebagai sosok yang dikenal mampu mengubah realitas dengan mudah, Franklin sudah sudah dicap sebagai Nexus Being oleh para entitas penjaga waktu, Time-Keeper, yang menganggapnya sebagai ancaman bagi multiverse secara keseluruhan.

Itulah lima Nexus Being yang dikenal mempunyai pengaruh paling kuat di multiverse Marvel. Alasannya sudah cukup jelas, yaitu karena mereka cenderung ‘sulit diatur’, baik sepak terjangnya, cara berpikirnya, dan juga kekuatan supernya. Para Nexus Being ini sering kali menjadi incaran Time-Keeper dan Time Variance Authority (TVA), bahkan sebelum mereka bertindak, karena sudah bisa dipastikan bahwa sekecil apa pun perbuatan mereka, efeknya akan akan berdampak kepada multiverse secara keseluruhan.