Buah iblis menjadi salah satu hal yang sangat luar biasa dalam seri One Piece. Buah misterius ini bisa memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya. Namun, sampai sejauh ini misteri tentang buah iblis masih belum terjawab. Apakah memang buah iblis diciptakan oleh iblis/setan? Atau justru sebenarnya buah iblis adalah buatan manusia?

Buah iblis sendiri terbagi ke dalam empat kategori besar/jenis. Ketiga jenis buah iblis tersebut biasanya menentukan seperti apa kekuatan dari buah iblis tersebut, apa yang kemudian menjadi keunggulannya, dan sebagainya. Tiga jenis besar yang dimaksud sendiri adalah Paramecia, Zoan, Logia, dan Artificial. Lalu, seperti apa penjelasan dari jenis buah iblis ini?

Paramecia

Buah iblis berjenis Paramecia menawarkan beragam kekuatan, dan kebanyakan dari buah iblis ini, membuat penggunanya bisa menghasilkan zat/bahan tertentu dari tubuhnya atau memanipulasi benda-benda yang ada di sekitar mereka. Ada juga beberapa buah iblis Paramecia yang membuat penggunanya menjadi zat/bahan tersebut. Tidak diketahui sejauh mana batasan kekuatan para pengguna Paramecia.

Yang menarik adalah Paramecia adalah jenis buah iblis yang banyak dimiliki para karakter di serinya. Misalnya, Hana Hana no Mi milik Nico Robin merupakan bagian dari jenis buah iblis Paramecia. Paramecia bisa dibilang merupakan buah iblis yang paling unik dan masih misterius. Dan salah satu kedahsyatan dari buah iblis Paramecia adalah bagaimana penggunanya bisa memengaruhi sekitarnya.

Zoan

Buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang memberikan kekuatan binatang kepada mereka yang memakannya. Buah iblis ini akan memberikan peningkatan kekuatan yang signifikan, terutama kemampuan bertarung. Selain mendapatkan kemampuan binatang, mereka juga akan mendapatkan peningkatan dalam hal masa penyembuhan di mana waktu penyembuhan mereka menjadi lebih singkat. Inilah yang menjadi keunggulan dari jenis Zoan.

Pengguna buah iblis berjenis Zoan akan memiliki tiga bentuk utama yaitu bentuk manusia, bentuk hewannya, dan bentuk hybrid alias gabungan manusia dan binatangnya. Banyak yang percaya bahwa mode hybrid adalah mode yang terbaik ketika sedang bertarung dan pengguna Zoan memang sangat berguna ketika dalam pertarungan jarak dekat. Contoh dari pemilik Zoan terkuat adalah Kaido, musuh yang sedang dihadapi oleh Luffy saat ini.

Logia

Pengguna buah iblis Logia adalah sosok yang spesial karena buah iblis Logia adalah yang paling langka dibandingkan dua jenis utamanya. Buah iblis jenis ini biasanya memberikan kemampuan kepada mereka yang memakannya untuk menjadi sebuah elemen atau kekuatan alam, dengan juga kekuatan untuk memanipulasi elemen tersebut. Contoh nyatanya adalah Mera Mera no Mi, Hie Hie no Mi, atau Pika Pika no Mi.

Ketiga buah iblis tersebut memberikan penggunanya kesempatan untuk bisa “berubah” menjadi api, es, dan juga cahaya atau mereka juga bisa memanipulasi elemen tersebut. Para pengguna Logia biasanya dianggap sebagai sosok yang terkuat, karena tidak semua orang mampu melukai mereka. Hanya mereka yang memiliki kemampuan Haki yang mampu mengalahkan atau mampu menahan serangan Logia.

Artificial

Sesuai namanya, buah iblis berjenis Artificial ini merupakan buah iblis yang diketahui diciptakan oleh manusia. Mereka biasanya berusaha untuk menirukan kekuatan dari buah iblis asli. Contoh nyata dari buah iblis buatan ini adalah buah iblis buatan Dr. Vegapunk yang dimakan oleh Momonosuke. Buah iblis yang diyakini dibuat berdasarkan DNA Kaido tersebut membuat Momo bisa berubah menjadi naga seperti halnya Kaido.

Contoh lainnya adalah buah iblis SMILEs ciptaan Caesar Clown yang membuat penggunanya bisa berubah ke form Zoan. Hal tersebut bisa dilihat dari para kru bajak laut Beast, yang sebagian besarnya adalah pengguna buah iblis buatan ini. Karena buah iblis jenis adalah buatan manusia, resiko gagalnya sendiri sangatlah besar. Misalnya, mereka yang memakan buah iblis SMILEs memiliki resiko untuk kehilangan emosi dalam diri mereka.

Buah Iblis Lain?

Sebenarnya, selain empat jenis utama dari buah iblis di atas seri One Piece juga memperkenalkan beberapa sub jenis buah iblis lain dalam ceritanya. Mereka merupakan turunan dari jenis utama di atas. Contohnya adalah Mythical Zoan dan Ancient Zoan yang merupakan sub jenis dari Zoan. Atau mungkin jenis Paramecia Special, di mana buah iblis Paramecia memiliki kekuatan layaknya Logia. Masih belum diketahui apakah Oda Sensei akan juga memperkenalkan jenis baru dari buah iblis.

Diperkenalkannya beberapa jenis buah iblis semakin memperdalam dan memperkaya mitologi One Piece. Dan hal ini harus diakui menjadi salah satu elemen menarik yang dihadirkan dalam serinya. Dengan kekuatan yang ditawarkan oleh buah iblis, orang-orang pun nampak tidak peduli dengan resiko besar yang muncul setelah memakan buah iblis ini.