Menjadi Hokage merupakan impian bagi sebagian shinobi yang ada di dunia Naruto, khususnya mereka para shinobi di desa Konoha. Meskipun harus diakui bahwa tugas dan tanggung jawab untuk menjadi Hokage tidaklah mudah, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi banyak shinobi untuk bermimpi dan berusaha untuk mewujudkan mimpinya menjadi seroang Hokage.

Seperti yang kita ketahui, menjadi Hokage artinya mereka harus tetap berada di Konoha dan berada di kantornya seharian. Hampir tidak ada waktu bagi Hokage untuk keluar dari desa dan sebagainya. Karena itulah, di Konoha sendiri dikenal istilah Hokage bayangan, di mana seseorang memiliki tanggung jawab mirip seperti Hokage atau menjalankan tugas untuk melindungi desa tanpa gelar tersebut. Siapa saja?

Tobirama Senju

Sebagian fans mungkin beranggapan bahwa Tobirama tidak termasuk Hokage bayangan, namun sebagian lainnya ada yang berpendapat sebaliknya. Tobirama merupakan Hokage kedua menggantikan sang kakak, Hashirama. Namun, sebelum menjabat menjadi Hokage, Tobirama Senju dianggap sebagian fans sebagai Hokage bayangan saat kakaknya memimpin.

Tobirama dianggap berperan di balik layar dalam membantu melindungi desa Konoha, serta menciptakan lingkungan politik yang stabil di desa tersebut. Tidak jarang juga Tobirama ikut atau dilibatkan dalam urusan diplomasi atau politik yang menyangkut masa depan desa Konoha, yang mana rasanya memang wajar dan masuk akal jika Tobirama dianggap sebagai Hokage bayangan.

Danzo Shimura

Banyak fans dari franchise Naruto mengenal sosok Danzo sebagai sosok yang jahat, haus kekuasaan, dan memberikan pengaruh buruk bagi Konoha. Namun, di balik itu semua, Danzo adalah “partner” dari Hiruzen Sarutobi. Danzo adalah Hokage bayangan dari Hiruzen ketika dia menjabat sebagai Hokage ketiga Konoha.

Seperti perannya selama ini, Danzo tidak pernah bergerak di depan layar. Dia selalu bergerak di balik layar, memengaruhi atau memanipulasi yang lain. Bahkan, ada sebagian shinobi yang justru lebih mengikuti perintah Danzo. Terlepas dari jasanya pada masa itu, Danzo justru berubah menjadi sosok villain yang mengerikan yang berusaha untuk mengusai Konoha.

Jiraiya

Seperti halnya Tobirama Senju, sebagian fans ada yang beranggapan bahwa Jiraiya bukanlah sosok Hokage bayangan meskipun sebagian fans lainnya justru beranggapan bahwa Jiraiya adalah Hokage bayangan yang menjalankan tugasnya sebagai “pembantu” dari Tsunade. Jiraiya sebenarnya sempat beberapa kali ditawari oleh para tetua di desa Konoha untuk menjadi Hokage, namun selalu dia tolak.

Hobinya yang senang berjalan-jalan dan bagaimana dia ingin terus berkarya menjadi alasan mengapa Jiraiya menolak hal tersebut. Meskipun begitu, dengan Jiraiya pergi ke berbagai wilayah sebenarnya dia bukan hanya sekedar bermain-main. Jiraiya mengumpulkan berbagai informasi penting untuk kemudian dilaporkan kepada Tsunade. Selain itu, Jiraiya juga bergerak melindungi Konoha dari balik layar seperti yang dia lakukan di momen terakhirnya untuk mengungkap sosok Pain.

Itachi Uchiha

Pada saat pertama kali muncul di ceritanya, Itachi Uchiha digambarkan sebagai seorang villain yang telah membantai klannya sendiri. Inilah yang kemudian menjadi motivasi Sasuke untuk membalas dendam dan mengalahkan kakaknya. Selain itu, Itachi juga diketahui menjadi bagian dari organisasi kriminal Akatsuki.

Namun, kemudian terungkap jika semua hal buruk yang dilakukan Itachi tersebut terjadi demi keselamatan desa Konoha juga nyawa sang adik, Sasuke Uchiha. Sasuke sendiri pernah menyebutkan bahwa dengan semua “beban” yang Itachi tanggung, dia layak untuk disebut Hokage. Di sisi lain, Itachi sendiri sering menjadi Hokage bayangan bagi sosok Minato dan juga Hiruzen.

Sasuke Uchiha

Uchiha Sasuke dikenal oleh para fans sebagai Hokage lain atau Hokage bayangan dari desa Konoha. Julukan ini diberikan kepada Sasuke karena sebenarnya Sasuke nyatanya memiliki peran yang sama dengan Naruto sebagai pelindung Konoha. Hanya saja perbedaan terbesarnya adalah jika Naruto memang dikenal oleh masyarakat Konoha sebagai Hokage, sedangkan Sasuke melakukan tugasnya secara diam-diam.

Disaat Naruto harus menghadapi berbagai tugas formal Hokage, Sasuke adalah orang yang menelusuri berbagai ancaman yang datang misalnya ketika ada kemunculan Claw Marks milik Code di Konoha. Sasuke juga yang terkadang kemudian menghadapi ancaman berbahaya tersebut. Ironisnya, Sasuke sangat jarang mendapatkan kredit atas apa yang dia lakukan. Sasuke sendiri sebenarnya berpeluang menjadi seorang Hokage, namun dia merasa dirinya tidak pantas untuk hal tersebut.

Para Hokage memang sering kali sibuk dengan berbagai tugas formal yang menumpuk, mulai dari menyetujui misi sampai berbagai urusan politik lainnya yang menyita waktu dan perhatian. Itulah yang kemudian menjadi peran dari para Hokage bayangan untuk membantu para Hokage yang asli.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.