Sudah lebih dari delapan puluh tahun Justice League melanglang buana di DC Universe. Dan sepanjang sejarahnya tersebut banyak anggotanya yang diceritakan mati, baik dalam misi bersama Justice League ataupun saat tengah melakukan tugas sendiri. Dan yang paling sering mati di antara semuanya adalah trinity Justice League, yaitu Superman, Batman, dan Wonder Woman. Menariknya, jika mengesampingkan kisah Elseworlds dan universe alternatif, sebenarnya ada juga beberapa anggota Justice League yang ternyata tidak pernah diceritakan mati di DC Universe. Siapa saja superhero hebat tersebut? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Black Canary

Meskipun tidak mempuyai kekuatan fisik seperti Superman atau Wonder Woman, tetapi Dinah Drake Lance alias Black Canary tercatat tidak pernah gugur dalam pertempuran bahkan saat melawan musuh-musuh kuat. Titik terendahnya adalah ketika dia menghadapi seorang villain brutal yang membuatnya kehilangan kekuatan Canary Cry dan kemampuannya untuk mempunyai anak. Selama masa pemulihan dari luka fisik dan trauma dia bahkan masih sempat untuk membasmi kejahatan sebagai Black Canary, sampai akhirnya dia menemukan kolam Lazarus Pit dan benar-benar sembuh seperti sediakala.

Booster Gold

Sebagai salah satu anggota Justice League yang paling nyeleneh, Michael Carter alias Booster Gold sebenarnya cukup sering menjalankan misi bersama para anggota Justice League lainnya. Namun, sampai sekarang dia tercatat sebagai salah satu superhero yang tidak pernah mati saat menjalankan misi. Bahkan ketika dia membantu Justice League untuk mengalahkan Doomsday, di mana dia harus kehilangan tangan kanannya sekaligus menyaksikan anggota yang lain tewas, Booster Gold masih sempat menggunakan tenaganya yang tersisa untuk menyelamatkan multiverse bersama Rip Hunter.

Doctor Light (Kimiyo Hoshi)

Mempunyai nama asli Kimiyo Hoshi, Doctor Light versi wanita ini muncul tidak lama setelah kejadian Crisis on Infinite Earths. Meskipun Doctor Light versi pria adalah seorang supervillain, tetapi Kimoyo pada akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Justice League setelah kematian Supergirl oleh Anti-Monitor membuatnya terinspirasi untuk menjadi superhero wanita. Saat kejadian Infinite Crisis, Kimiyo sering berhadapan dengan banyak villain termasuk Doctor Light jahat yang berhasil menyerap kekuatannya. Namun, Kimiyo tidak pernah menyerah, setelah pulih dia bahkan membuktikan kekuatannya dengan sekali lagi mengalahkan Doctor Light jahat.

Green Lantern (John Stewart)

Dari sekian banyak Green Lantern yang pernah bergabung dengan Justice League, John Stewart adalah superhero yang belum pernah diceritakan mati. Walaupun begitu, John sendiri tetap menghadapi banyak tragedi lain, termasuk harus kehilangan istrinya yang seorang juga Green Lantern bernama Katma Tui. Rasa bersalah karena tidak bisa menyelamatkan orang terdekatnya kemudian membuat John merasa bersalah selama bertahun-tahun, sampai akhirnya dia menjadi sosok yang paling tegar di antara para anggota Green Lantern Corps dan juga Justice League.

Shazam

Siapa yang tidak mengenal Shazam? Superhero yang aslinya adalah seorang anak kecil bernama Billy Batson ini telah diperkenalkan sejak lama oleh DC, bahkan ketika namanya masih Captain Marvel. Sebagai salah satu anggota Justice League yang berpengaruh, Shazam tidak pernah diceritakan mati di semesta utama. Meskipun dalam beberapa kisah dia sering melakukan pengorbanan heroik demi Justice League, tetapi hal tersebut tidak pernah membuatnya sampai benar-benar mati, melainkan hanya kehilangan kekuatannya untuk berubah dan akhirnya kembali lagi seperti semula.

Dalam sejarah panjang Justice League, kelima superhero ini adalah para anggota yang mempunyai pengaruh besar bagi tim, apalagi karakter seperti Shazam dan Black Canary yang sudah tidak diragukan lagi kehebatannya. Namun, dibanding para superhero pendiri, mereka terbukti lebih unggul karena diberkahi harapan hidup yang jauh lebih tinggi. Bahkan sampai sekarang, tidak ada satu pun kisah di semesta utama yang memperlihatkan mereka benar-benar mati. Itulah lima anggota Justice League yang tidak pernah diceritakan mati. Apakah di antara mereka ada superhero favorit kalian?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.