Selama bertahun-tahun, Marvel Comics telah mengangkat berbagai tema dan isu tabu di publik, di mana hal tersebut pada akhirnya membuat para pembaca setianya menjadi lebih peka dan peduli dengan keadaan di sekitarnya, tanpa terkecuali pada penderita gangguan mental yang sering dibahas di komiknya. Gangguan kepribadian ganda adalah masalah mental yang cukup sering diceritakan oleh Marvel melalui para superheronya. Tidak sedikit para superhero yang diceritakan mempunyai banyak kepribadian dalam satu tubuh, siapa saja mereka? Berikut lima superhero Marvel yang mempunyai kepribadian ganda!

Legion

Pada akhir hidupnya, mungkin David Haller alias Legion memang terkenal sebagai salah satu musuh X-Men yang sangat mengerikan. Namun sebelum dirinya menjadi supervillain mutan dengan level Omega, sebenarnya anak dari Professor X ini adalah sosok yang digambarkan sebagai superhero dengan kepribadian ganda. Akibat dari kekuatan telepati dan telekinetiknya yang sangat dahsyat, setiap kekuatan yang dimiliki oleh Legion ternyata mempunyai kepribadiannya masing-masing. Sayangnya, meskipun beberapa di antaranya adalah orang baik, tetapi alter ego jahatnya jauh lebih mendominasi daripada yang lain.

Sentry

Robert Reynolds alias Sentry adalah salah satu superhero terkuat yang pernah diperkenalkan oleh Marvel. Dengan kekuatan yang setara dengan seribu ledakan matahari, Sentry pada dasarnya adalah Superman versi Marvel. Namun, sama seperti Legion, ternyata Sentry juga mempunyai kepribadian jahat di balik sosok heroiknya. Ketika versi baik Sentry berusaha untuk melindungi dunia dari segala ancamannya, di sisi lain versi jahatnya justru menjadi sosok mengerikan bernama Void, yang tujuannya hanya ingin menghancurkan alam semesta Marvel.

Venom

Memulai debut komiknya sebagai supervillain, akhir-akhir ini symbiote Venom yang telah menyatu sejak lama dengan Eddie Brock justru lebih dikenal sebagai superhero yang brutal. Ketika mereka berdua bergabung, mereka selalu menggunakan kata “kami” daripada “saya”. Dua sosok yang menjadi satu ini pada akhirnya tinggal di tubuh yang sama dan saling berbagi informasi dengan apa yang ada dipikiran mereka. Dalam beberapa kesempatan bahkan mereka diceritakan sudah tidak bisa terpisahkan lagi, di mana akhirnya Eddie dan Venom mencapai tingkat tertingginya sebagai entitas kosmik bernama King in Black, setelah berhasil mengalahkan Knull dan pasukan symbiotenya.

Hulk

Dari sekian banyak karakter yang menderita gangguan kepribadian ganda, Bruce Banner alias Hulk adalah yang paling terkenal. Setelah terkena radiasi gamma yang dapat mengubahnya menjadi raksasa hijau pemarah, Bruce sering terlihat bertarung dengan batinnya yang mempunyai kepribadian sangat berbeda tersebut. Sementara akhir-akhir ini mereka terlihat lebih akur dengan menyerahkan tubuhnya kepada siapa pun yang membutuhkan, sebelumnya mereka adalah dua karakter berbeda yang saling berusaha mempertahan wujud masing-masing, Hulk dengan otot kuatnya dan Bruce dengan otak cerdasnya.

Moon Knight

Dibandingkan superhero lain, Moon Knight adalah superhero penderita gangguan kepibadian ganda yang mempunyai lima sosok sekaligus dalam tubuhnya. Mereka adalah sang Fist of Khonshu yang dipanggil Moon Knight, kemudian seorang tentara bayaran bernama Marc Spector, seorang jutawan bernama Steven Grant, sopir taksi bernama Jack Lockley, dan sosok misterius Mr. Knight. Selain kelima kepribadian ini sangat berbeda satu sama lain, mereka juga mempunyai fungsi yang berbeda-beda, dari mulai sosok superhero sampai orang kaya yang membiayai semua aksinya, di mana mereka saling melengkapi satu sama lain.

Meskipun menderita gangguan mental, kelima superhero ini telah membuktikan bahwa dengan kekurangan tersebut mereka masih bisa tetap menjadi sosok kuat di Marvel Universe. Justru dengan kepribadian ganda yang telah mereka alami untuk waktu yang lama, kisah para superhero ini telah menjelaskan dengan seimbang apa saja dampak dari gangguan tersebut, termasuk membuat hidup mereka menjadi sangat menarik. Itulah lima superhero di Marvel Universe yang diceritakan mempunyai kepribadian ganda.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.